4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 2023

4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 20

Makassar, IDN Times - Sebanyak 4.895 knalpot brong atau racing diamankan di Kantor Polrestabes Makassar. Ribuan unit knalpot ini disita sepanjang tahun 2023.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokh. Ngajib mengatakan, ribuan knalpot brong yang disita ini merupakan hasil penindakan saat patroli pelaku balap liar dan juga tilang.

"Terkhususnya penggunaan knalpot brong yang kita amankan 4.665 unit motor dan mobil itu ada 230 unit. Ada sebagian juga sudah dihancurkan," jelas Kombes Ngajib di Polrestabes Makassar, Selasa (12/12/2023).

1. Sepanjang 2023 Polrestabes Makassar tindak 11.735 kendaraan

4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 2023Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Kata Ngajib, sepanjang tahun ini pihak Satlantas Polrestabes Makassar dan jajarannya melakukan penindakan sebanyak 11.735 kasus melalui proses penilangan elektronik ETLE dan penindakan secara langsung.

"Dari hasil penindakan dilakukan Satlantas Polrestabes mulai bulan Januari sampai November 2023 sebanyak 11.735 kasus dengan barang bukti sepeda motor 5.179 unit dan mobil 306 unit," terang Ngajib.

2. Ribuan knalpot brong akan dibuatkan patung

4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 2023Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Terkait dengan ribuan knalpot brong yang disita, Ngajib menyebutkan barang bukti tersebut rencana akan digunakan sebagai bahan pembangunan sebuah patung untuk peringatkan para pelaku.

"Jadi ribuan knalpot bogar atau brong ini rencananya akan dibuatkan patung knalpot di Makassar. Supaya ini menjadi ikon agar masyarakat memahami kalau penggunaan knalpot brong itu dilarang," ungkap Ngajib.

3. Kapolrestabes minta masyarakat taat berlalu lintas

4.895 Knalpot Brong Disita Polrestabes Makassar Sepanjang 2023Sejumlah kendaraan yang disita oleh Polrestabes Makassar/Dahrul Amri Lobubun

Sementara itu soal masyarakat yang masih menggunakan knalpot brong, Ngajib minta agar mereka kembali memasang knalpot standar sesuai dengan peraturan berlalulintas.

"Tentunya kami imbau seluruh masyarakat agar tidak menggunakan knalpot bersuara bising, gunakanlah knalpot standar dalam berkendara, kami juga menghimbau agar taat berlalulintas jangan sampai melanggar seperti melawan arus, tidak pakai helm dan kelengkapan lainnya," tambah Ngajib.

Baca Juga: Polisi Sita Ratusan Knalpot Brong dari Bengkel Motor di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya