Polrestabes Makassar Bentuk Tim Cyber Pemilu 2024, Medsos akan Diawasi

Tim Cyber Polrestabes Makassar mencegah hoaks Pemilu 2024

Makassar, IDN Times - Polrestabes Makassar akan membentuk tim cyber untuk menjamin Pemilu 2024 berjalan damai, aman, dan kondusif. Tim tersebut bertugas, salah satunya, untuk menangkal informasi bohong di media sosial.

Hal tersebut diungkapkan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, setelah megikuti Deklarasi Pemilu Damai di tribun Lapangan Karebosi Makassar, Jalan Ahmad Yani, Jumat petang (15/9/2023).

"Ada kita bentuk tim cyber dalam rangka antisipasi dan menangkal informasi hoaks yang kemungkinan akan banyak terjadi itu saat menjelang Pemilu," ungkap Kombes Mokhamad Ngajib.

1. Tim Cyber Pemilu 2024 akan patroli dunia maya

Polrestabes Makassar Bentuk Tim Cyber Pemilu 2024, Medsos akan Diawasiilustrasi media sosial (pexels.com/Tracy Le Blanc)

Ngajib memastikan, tim cyber yang akan dibentuk nanti salah satu tugasnya adalah melakukan patroli dunia maya, dalam hal menangkal informasi yang sengaja atau tidak sengaja disebar oleh masyarakat.

"Jadi nanti tim cyber akan melaksanakan patroli cyber, itu pertama. Kedua tentunya akan melakukan tindakan secara persuasif maupun secara represif," terang Ngajib.

"Contoh tindakan persuasif itu nanti kita akan menerima semua informasi yang ada di masyarakat, lalu kami menghimbau ke masyarakat juga agar tidak langsung itu disebarluaskan di medsos," lanjutnya.

2. Potensi konflik di Pemilu 2024

Polrestabes Makassar Bentuk Tim Cyber Pemilu 2024, Medsos akan Diawasi(IDN Times/Sukma Shakti)

Ngajib mengaku, potensi konflik Pemilu 2024 di Makassar memang tetap ada, hanya saja potensi itu bisa ditekan dengan modal kuat soal persaudaraan masyarakat di Makassar.

"Potensi itu ada, tapi tidak begitu. Makanya lewat deklarasi ini kita bisa mewujudkan pemilu yang damai, aman dan kondusif. Termasuk juga komitmen dalam menjaga Makassar aman dan damai," jelas Ngajib.

Baca Juga: DPT Pemilu 2024 di Makassar Dominan Perempuan

3. Polisi pelajari potensi kerawanan Pemilu 2024

Polrestabes Makassar Bentuk Tim Cyber Pemilu 2024, Medsos akan DiawasiIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Ngajib juga memastikan, Polrestabes Makassar telah menyusun pola pengamanan Pemilu 2024. Termasuk pemetaaan kerawanan yang bisa terjadi, akan diantisipasi dengan sistem pengawasan yang ketat.

"Pola pengamanan pasti ada, baik itu saat pelaksanaan kampanye maupun pada saat Pemilu nanti. Banyak sebenarnya potensi kerawanan, contohnya yang sudah terjadi dan itu yang akan kita pelajari, sehingga itulah yang kita antisipasi," tambahnya.

Baca Juga: Deklarasi Pemilu Damai Makassar, Kapolrestabes: Ada Dua Hal Memanas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya