Penampakan Rumah Selebgram Makassar Terlibat Jaringan Narkoba Fredy

Nur Utami berubah drastis usai menikah dengan Nasrul Nasir

Makassar, IDN Times -  Rumah selebgram Makassar, Nur Utami, istri Nasrul Nasir (NN), jaringan narkoba internasional Fredy Pratama yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan 9, Kota Makassar, terlihat sepi usai digerebek tim Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Pantauan IDN Times Sulsel, Selasa sore (19/9/2023), rumah Nur Utami yang berada di blok L2 kompleks Hartako Permai, Kota Makassar, nampak sepi. Warga menyebut, rumah itu dikontrak oleh Nur Utami.

"Itu rumah keduanya, dia kontrak di situ. Tapi masih itu yang tinggal, keluarganya. Kalau rumah aslinya itu yang ada sebelah kanan tidak jauh dari rumah kontrakannya," ungkap ketua Rukun Tetangga (RT) 005 RW 001, Faisal (52) saat ditemui wartawan.

Tersangka Nur Utami ditangkap Bareskrim Polri karena diduga terlibat di kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) jaringan narkoba Fredy yang omzetnya disebutkan menyentuh angka hingga Rp10,5 triliun.

1. Warga tidak pernah lihat suami Nur Utami

Penampakan Rumah Selebgram Makassar Terlibat Jaringan Narkoba FredyRumah selebgram Makassar, Nur Utami di Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Faisal mengaku, Nur Utami tumbuh dan besar di kompleks Hartako. Sementara suaminya Nasrul hingga saat kasus ini terungkap, tidak pernah dilihat warga.

"Dia (Nur Utami) memang anak di sini, dia besar di sini. Kalau itu rumah kontrakannya sudah lima tahun di situ, ada sekitar lima orang yang tinggal, keluarganya semua itu, tapi suaminya tidak ditahu," terang Faisal.

2. Nur Utami berubah usai menikah

Penampakan Rumah Selebgram Makassar Terlibat Jaringan Narkoba FredySelebgram Makassar, Nur Utami, ditangkap Mabes Polri terkait TPPU jaringan narkoba Fredy/Istimewa

Sebelum menikah dengan Nasrul, Utami dikenal terbuka dengan warga kompleks. Tapi setelah menikah, Nur Utami disebut berubah drastis, karena sikapnya yang lebih tertutup. Utami pun diketahui pindah ke Malayasia.

"Jadi dulu sebelum menikah dia ikut sama om dan mamanya, tapi setelah menikah dia lari ke Malaysia dan tinggal di sana tapi sekali-sekali dia pulang ke sini, itu saja yang kami tahu soal dia. Dulu sebelum menikah baik orangnya, terbuka. Tapi setelah nikah itu dia tertutup," Faisal membeberkan.

Baca Juga: Dua Polisi di Makassar Ditangkap saat Beli Narkoba Paket Hemat

3. Warga tahu suami Utami kerja tambang di Kalimantan

Penampakan Rumah Selebgram Makassar Terlibat Jaringan Narkoba FredySelebgram Makassar, Nur Utami, ditangkap Mabes Polri terkait TPPU jaringan narkoba Fredy/Istimewa

Faisal juga menyebutkan, setelah Utami menikah dengan Nasrul, warga kompleks sempat bertanya tentang pekerjaan suaminya. Mengingat, kehidupan Utami yang sebelumnya hidup sederhana, tiba-tiba berubah saat menikah.

"Kami dulu tanya-tanya bahwa suaminya itu kerja di tambang di Kalimantan dengan ada usahanya di Malaysia. Dia memang biasa kalau dari Malaysia itu pakai mobil alphard, kacanya tertutup," tambah Faisal.

Diketahui, pihak Bareskrim Polri dan Royal Thai Police (RTP), Polis Diraja Malaysia (PDRM), US DEA dan instansi terkait lain berhasil mengungkap jaringan narkoba internasional pimpinan Fredy Pratama.

Disebutkan dalam pengungkapan ini, nilai aset jaringan ini bahkan sampai Rp10,5 triliun, dari hasi peredaran 10,2 ton narkoba jenis sabu dan juga 100 ribu lebih ekstasi.

Baca Juga: Selebgram Makassar Ditangkap Terkait Jaringan Narkoba Fredy Pratama

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya