Pelindo Makassar Tunggu Instruksi Pusat soal Penerapan Prokes COVID

Penumpang diprediksi melonjak jelang akhir tahun

Makassar, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 di Makassar masih menunggu instruksi pusat dalam hal pemberlakuan protokol kesehatan (prokes) bagi penumpang kapal laut jelang Natal dan tahun baru (Nataru) setelah kasus penularan COVID-19 kembali marak.

"Tentu kalau ada instruksinya maka kami akan koordinasikan terutama ke kantor kesehatan pelabuhan untuk terapkan lagi prokes yang kami terapkan sebelumnya," ungkap Regional Head 4 PT Pelindo, Enriany Muis di Makassar, Rabu (20/12/2023).

Diketahui, pihak Kementerian Kesehatan RI mengingatkan masyarakat agar melakukan vaksinasi COVID-19. Mengingat, kasus COVID-19 dilaporkan kembali meningkat di sejumlah negara di ASEAN, termasuk Indonesia, yang rata-rata kasus harian di angka 35-40 kasus.

1. Operasi posko Nataru di Pelabuhan Makassar

Pelindo Makassar Tunggu Instruksi Pusat soal Penerapan Prokes COVIDRegional Head 4 PT Pelindo, Enriany Muis. IDN Times/Ashrawi Muin

PT Pelindo 4, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan instasi terkait, saat ini masih berfokus pada penyiapan posko untuk mengantisipasi lonjakan penumpang jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Jadi untuk (lonjakan) penumpang ini jelang nataru kita koordinasi dengan stakeholder terkait dengan terbentuknya posko nataru, posko ini mulai operasi H-15 dari hari Natal. Dari sisi kami juga memperbaiki fasilitas di area pelabuhan, sehingga para penumpang dilayani dengan baik," terang Enriany Muis.

2. Jelang Nataru, lonjakan penumpang di Makassar naik 23 persen

Pelindo Makassar Tunggu Instruksi Pusat soal Penerapan Prokes COVIDilustrasi Kapal Pelni KM Nggapulu di Pelabuhan Tanjung Perak (dok. ANTARA/Sugiharto Purnama)

Enriany menceritakan bahwa menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru tahun ini, terjadi peningkatan jumlah penumpang, berbeda dengan situasi dua tahun lalu saat pandemi COVID-19 melanda.

"Dua tahun yang lalu kita masih ingat bahwa sedang dalam kondisi pandemi. Tetapi jika dibandingkan dengan tahun ini, diprediksi terjadi peningkatan sekitar 23 persen dalam angkutan dan jumlah penumpang. Hal ini jauh melampaui angka sebelum pandemi Covid," terang Enriany.

Peningkatan jumlah penumpang ini membuat Pelindo Makassar menambah ruang tunggu sementara dengan kapasitas hingga 700 orang. Ruang tunggu ini dirancang untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang sembari menunggu perjalanan selanjutnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pelindo Makassar Catat Pemudik Meningkat 169 Persen

3. Dominasi penumpang kapal ke arah timur, puncaknya 22-23 desember

Pelindo Makassar Tunggu Instruksi Pusat soal Penerapan Prokes COVIDKapal PT PELNI (Instagram.com/pelni162)

Enriany menyebut bahwa lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi pada tanggal 22-23 Desember 2023, mengingat periode tersebut sudah masuk dalam musim libur sekolah.

"Begitu juga dengan arus baliknya yang diperkirakan terjadi sekitar tanggal 5 dan 6 Januari 2024," kata Enriany.

Selain itu, Pelindo Makassar juga menyiapkan fasilitas khusus bagi penumpang lanjut usia, di mana mereka akan mennggunakan jalur khusus dari gerbang pelabuhan ke terminal. 

"Dengan arah tujuan terbanyak menuju Bau-bau (Sulawesi Tenggara), serta wilayah timur seperti Sorong dan Manokwari, kami memperkirakan kenaikan penumpang ke arah tersebut sekitar 20 persen, mengingat perayaan Natal dan Tahun Baru," tambahnya.

Baca Juga: Pelindo Pastikan Pembangunan Makassar New Port Segera Rampung

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya