KPK Geledah 2 Rumah Mentan SYL di Makassar, Sita Mobil dan Dua Koper

KPK angkut dua koper dari rumah pribadi Mentan Syahrul

Makassar, IDN Times - Tim penyidik KPK menggeledah dua rumah pribadi milik Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu (4/10/2023).

Penggeledahan rumah pertama milik Syahrul di Perumahan Bumi Permata Hijau, Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Rappocini, digelar sekitar pukul 11.00 Wita-15.30 Wita.

Kemudian, penggeledahan KPK berlanjut di rumah kedua Syahrul di Jalan Pelita Raya, Kecamatan Rappocini, sekitar pukul 14.00 Wita sampai 16.50 Wita.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, mengatakan, pihaknya akan mengumumkan hasil penggeledahan di rumah Syahrul di Makassar.

" Tim penyidik melanjutkan penggeledahan di Kota Makassar," kata Ali Fikri dalam keterangan tertulis.

Ali Fikri menyebut, proses penggeledahan masih berlangsung di Makassar. Hasil dari penggeledahan tersebut akan disampaikan kepada publik.

1. Tim KPK mengangkut dua koper

KPK Geledah 2 Rumah Mentan SYL di Makassar, Sita Mobil dan Dua KoperSejumlah orang mengangkut sebuah koper dari kediaman Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kompleks perumahan BPH di Makassar, Rabu (4/10/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Pantauan IDN Times Sulsel di rumah Syahrul Yasin Limpo di Perumahan Permata Hijau, tim penyidik terlihat mengangkut satu koper berwarna cokelat dari dalam rumah tersebut.

Sementara itu, hasil penggeledahan di Jalan Pelita Raya, terlihat tim KPK membawa satu koper berwarna cokelat dan satu unit mobil mewah hitam merek Audi.

2. Ketua RW sebut penyidik KPK yang geledah

KPK Geledah 2 Rumah Mentan SYL di Makassar, Sita Mobil dan Dua KoperKPK geledah rumah pribadi Mentan Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Rabu (4/10/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Ketua Rukun Warga (RW) Jalan Pelita Raya Makassar, Arsyad membenarkan ihwal kabar KPK melakukan penggeledahan di rumah pribadi Syahrul di wilayahnya.

"Ini kan dari KPK, saya hanya menyaksikan saja, sebagai ketua RW. Penggeledahan, silahkan tanya KPK," singkat Arsyad saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Polisi Jaga Rumah SYL di Makassar, Ada Koper Diangkut

3. Penggeledahan KPK dari rumah dinas hingga rumah pribadi

KPK Geledah 2 Rumah Mentan SYL di Makassar, Sita Mobil dan Dua KoperPolisi bersenjata menjaga rumah pribadi Syahrul Yasin Limpo di kompleks perumahan BPH di Makassar, Rabu (4/10/2023). (IDN Times/Dahrul Amri)

Diberitakan, saat ini keberadaan Syahrul Yasin Limpo belum diketahui saat melaksanakan kunjungan kerja di luar negeri. Bersamaan dengan itu, tim penyidik KPK tengah menggeledah rumah jabatan Mentan Syahrul di Kompleks Widya Candra, Jakarta Selatan (Jaksel), pada Kamis-Jumat (28-29/10).

Hasilnya, ditemukan uang tunai sebanyak Rp30 milliar, terdiri dari pecahan rupiah, dolar Amerika Serikat, dan dolar Singapura.

Penggeledahan ini dilakukan setelah penyidik KPK menaikkan status kasus korupsi di Kementan dari tahap penyelidikan ke penydikan, pada 29 September 2023. Beredar informasi, beberapa pihak dari lingkungan Kementan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Aparat Berjaga di Kediaman Pribadi Mentan SYL di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya