Kompensasi Pemadaman Listrik PLN Sulselrabar Rp9 Ribu, Pelanggan Heran

Kompensasi yang diberikan PLN disebut tidak sepadan

Makassar, IDN Times - PLN Sulselrabar mengaku mulai menyalurkan kompensasi ke pelanggan, sebagai bentuk tanggung jawab atas kerugian akibat pemadaman listrik bergilir di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Namun, sejumlah warga yang menerima kompensasi itu mengaku kecewa, karena nilainya terbilang kecil. Pasalnya, selama ini kasus pemadaman listrik berlangsung lebih 3 bulan dan terjadi setiap hari.

"Kompensasinya yang saya dapat Rp9 ribu, itu bagaimana cara bersyukur kalau begitu," ungkap Rivaldi (35), warga Talasalapang, Kota Makassar, Senin sore (4/12/2023).

Rivaldi merupakan pelanggan PLN prabayar, pakai token listrik. Sementara kompensasi  yang dia dapat sebesar Rp9 ribu saat membeli voucher token listrik sebesar Rp50 ribu.

"Jadi saya beli voucher listrik ada itu dalam struk pembelian tertera Rp9 ribu, mungkin itu dibilang kompensasi. Tapi ini saya harapkan ada kompensasi lagi karena mati lampu itu tidak satu kali, ini berkali-kali," ujar Rivaldi.

1. Pelanggan pascabayar pertanyakan nilai kompensasi

Kompensasi Pemadaman Listrik PLN Sulselrabar Rp9 Ribu, Pelanggan HeranPLN Sulselrabar di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Terpisah, Andi Sunggu (32), warga Kabupaten Gowa mengatakan mendapat kompensasi antara Rp20 ribu-Rp30 ribu. Sunggu adalah pelanggan pascabayar atau pengguna meteran listrik.

Ditanya manfaat kompensasi, Andi Sunggu bingung. Karena hitungannya, seakan tidak ada kompensasi. Dia pun merincikan, untuk tagihan bulan November dibayar Desember sebesar Rp185 ribu, sementara itu Oktober dibayar pada November yakni Rp262 ribu.

"Memang ada potongan 20 sampai 30 ribu bulan ini, tapi bulan lalu tinggi tagihan listrik, padahal itu mati lampu sampai 4 jam dan seharusnya bayar di bawah itu, tapi naik tidak wajar, mana dibilang kompensasi," katanya.

2. PLN sebut kompensasi sudah disalurkan ke 2,1 juta pelanggan

Kompensasi Pemadaman Listrik PLN Sulselrabar Rp9 Ribu, Pelanggan HeranManager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarif. IDN Times/Dahrul Amri

Dikonfirmasi, pihak PLN menjelaskan telah menyalurkan kompensasi kepada kurang lebih 2,1 juta pelanggan di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. Hal itu sesuai Permen ESDM 18 Tahun 2023 Tentang tingkat mutu pelayanan dan biaya.

"Bagi pelanggan yang terdampak, PLN telah memberi kompensasi pengurangan biaya tagihan bagi pelanggan kWh pascabayar. Sedangkan bagi pelanggan kWh prabayar, PLN telah menyalurkan kompensasi melalui penambahan kWh saat pembelian token," ungkap Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sulselrabar, Ahmad Amirul Syarif.

Baca Juga: PLN Sulselrabar Belum Bisa Pastikan Kapan Pemadaman Listrik Berakhir 

3. Pelanggan prabayar bisa cek PLN Mobile untuk cek kompensasi

Kompensasi Pemadaman Listrik PLN Sulselrabar Rp9 Ribu, Pelanggan HeranIlustrasi PLN Mobile (dok. PLN)

Ahmad menjelaskan, kepada pelanggan listrik PLN pascabayar, kompensasi akan tersalurkan secara otomatis saat pembayaran tagihan. Di sisi lain, khusus pelanggan prabayar akan mendapatkan token kompensasi saat melakukan pembelian token terbaru.

Kompensasi dapat dicek di bagian paling bawah slip pembelian token. Selanjutnya, nomor token itu dapat diinput pelanggan prabayar di kWh meter untuk mendapatkan penambahan kWh kompensasi langsung.

"Bagi pelanggan prabayar yang sudah telanjur membuang slip pembayaran tanpa sempat melihat dan memasukkan token kompensasi jangan khawatir, pelanggan dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi PLN Mobile," tambah Ahmad.

Baca Juga: Ini Cara Cek Kompensasi Listrik bagi Pelanggan PLN UID Sulselrabar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya