Wapres Ma'ruf Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid di Makassar

Masjid dibangun oleh Andi Amran Sulaiman

Makassar, IDN Times - Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, menghadiri groundbreaking atau peletakan batu pertama Hj Andi Nurhadi dan AAS International Hospital. Groundbreaking ini berlokasi di Jl. Kesadaran IV, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Senin (9/10/2023).

Dalam sambutannya, Ma'ruf mengatakan bahwa para pendahulu telah membangun peradaban melalui masjid dan komunitas. Dia berpesan agar masjid-masjid di zaman sekarang juga dijadikan sebagai pusat peradaban.

"Oleh karena itu, apa yang dilakukan para pendahulu kita mari kita bangun kembali," kata Ma'ruf.

1. Bakal dijadikan pusat pengembangan peradaban Islam

Wapres Ma'ruf Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid di MakassarWakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid di Makassar, Senin (9/10/2023). Dok. IDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan yang sama, Founder AAS Foundation, Andi Amran Sulaiman, mengatakan Masjid Hj Andi Nurhadi dirancang dengan kapasitas 20.000 jemaah. Masjid ini diharapkan tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat pengembangan peradaban peradaban Islam di kawasan Timur Indonesia. 

Nama Hj Andi Nurhadi diambil dari nama ibu kandung Andi Amran Sulaiman (AAS), Amran merupakan Menteri Pertanian pada Kabinet Kerja periode 27 Oktober 2014 sampai 23 Oktober 2019.

"Ini nanti khusus menjadi pusat peradaban Islam. Di sana ada tempat pendidikan hafiz Alquran, training dan seterusnya, khususnya generasi muda," kata Amran.

2. Rencana pembangunan selama 3 tahun

Wapres Ma'ruf Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid di MakassarWakil Presiden RI, Ma'ruf Amin menghadiri peletakan batu pertama pembangunan masjid di Makassar, Senin (9/10/2023). Dok. IDN Times/Istimewa

Setelah groundbreaking, pembangunan masjid ini ditargetkan selesai 3 tahun ke depan. Selain itu, nantinya akan dibangun menara masjid setinggi 147 meter. 

Pembangunan masjid ini ditaksir akan menghabiskan anggaran sekitar Rp500 miliar.

"Ini baru satu bulan setengah, pengadaannya mencapai 30 persen. Insyaallah target kami tahun depan itu strukturnya sudah selesai," kata Amran.

3. Pemkot Makassar menyambut baik

Wapres Ma'ruf Hadiri Groundbreaking Pembangunan Masjid di MakassarAndi Amran Sulaiman. Dok. IDN Times/Istimewa

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto yang turut hadir dalam acara groundbreaking itu menyambut baik karena ada tambahan fasilitas peribadatan. Danny sangat setuju apabila masjid ini menjadi pusat peradaban Islam di Kota Makassar.

Pasalnya, masjid ini dibangun di atas alirang Sungai Tallo yang sarat akan sejarah Kota Makassar. Bahkan Danny berharap masjid ini menjadi pusat peradaban di Asia Tenggara.

"Bukan tanpa alasan. Di sini Makassar jadi pusat peradaban dunia di sungai tallo, akan ada jalan nanti di river side," kata Danny.

Baca Juga: Danny Pomanto Warning Pegawai Malas: Dapat Demosi

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya