Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Sulsel Dibuka

Simak syarat lengkap mendaftar anggota KI Sulsel

Makassar, IDN Times - Pendaftaran calon komisioner atau anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2023-2027, telah dibuka.

Pendaftaran KPI Sulsel dimulai tanggal 18 September hingga 2 Oktober 2023 di Sekretariat KI, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) KIP Sulsel, Hasrullah mengatakan, timsel anggota komisi informasi provinsi Sulsel beranggotakan 5 orang. Selain dirinya, ada Muhlis Madani (Wakil Ketua); Asradi (Anggota); Tautoto Tanaranggina (perwakilan Pemprov Sulsel); dan Gede Naraya (perwakilan KI Pusat).

"Mulai besok tanggal 13-15 September kita umumkan. Untuk pendaftaran dimulai tanggal 18 September - 2 Oktober 2023," katanya, Selasa (12/9/2023).

1. Pendaftaran anggota KIP Sulsel terbuka untuk umum

Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Sulsel DibukaTim Seleksi Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan/Humas Pemprov Sulsel

Hasrullah menjelaskan, pendaftaran anggota KIP Sulsel terbuka untuk umum dengan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

"Beberapa persyaratan di antaranya harus berdomisili di Provinsi Sulawesi Selatan, tamatan minimal sarjana Strata-1 (S1), memiliki integritas, dan memiliki kemampuan dalam bidang komunikasi dan informasi," jelasnya.

2. Timsel KIP Sulsel ajak masyarakat mendaftar

Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Sulsel DibukaIlustrasi. Anugrah Keterbukaan Informasi Publik (Dok. Istimewa)

Untuk diketahui, Komisi Informasi (KI) merupakan lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Peraturan pelaksanaanya menetapkan petunjuk teknis standar layanan Informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi nonlitigasi.

"Kami memanggil kepada seluruh putra-putri terbaik yang ada di Sulawesi Selatan, untuk ikut mewarnai dalam pendaftaran calon anggota Komisi Informasi Provinsi Sulsel Periode 2023-2027. Serta bagaimana berperan memberikan semangat dalam pembangunan yang ada di Sulsel," Hasrullah menerangkan.

3. Kuota pendaftar calon anggota KIP Sulsel

Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Sulsel DibukaIlustrasi. ITERA meraih predikat Menuju Informatif dengan skor nilai 88,79 dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. (IDN Times/Istimewa).

Menurut Hasrullah, Provinsi Sulsel dikenal sebagai pionir di kawasan timur Indonesia (KTI) dalam berbagai aspek. Karena itu, sambungnya, timsel KIP berharap akan terpilih orang-orang terbaik sebagai anggota KIP Sulsel yang baru.

"Untuk kuota, nantinya ditahap penjaringan, timsel akan memilih sekitar 10-15 orang untuk diusulkan ke DPRD Provinsi Sulsel," ucap Hasrullah, yang berprofesi sebagai dosen Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini.

Baca Juga: Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya