Lima Nama Timsel KPID Sulsel Ditetapkan, Ada Perwakilan KPI RI

Ditetapkan berdasarkan SK Gubernur Sulsel

Makassar, IDN Times - Tim seleksi (Timsel) untuk proses seleksi bakal calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel periode 20232023-2026 telah ditetapkan. Penetapan ini berdasarkan SK Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Nomor 1425/IX/2023 yang diteken pada 4 September 2023.

Lima orang tersebut yaitu Andi Winarno Eka Putra selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel sekaligus perwakilan pemerintah. Kemudian Andi Lukman Irwan dan Arief Wicaksono perwakilan akademisi. 

Selanjutnya, Aliyah selaku perwakilan KPI RI dan Ano Suparno selaku perwakilan praktisi penyiaran.

1. Menjadi sorotan karena perwakilan KPI pusat

Lima Nama Timsel KPID Sulsel Ditetapkan, Ada Perwakilan KPI RIPekerja melintas di dalam Gedung Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). (Dok. KPI)

Namun penetapan timsel ini justru menjadi sorotan. Hal ini dikarenakan adanya perwakilan KPU RI yaitu Aliyah. Padahal menurut aturan dalam PKPI, tidak tercantum adanya perwakilan dari pusat.

Dalam ayat 3 Pasal 19 PKPI tersebut tentang pembentukan timsel pemilihan anggota KPI daerah, disebutkan bahwa Timsel  anggota KPI Daerah terdiri atas 5 orang anggota yang dipilih dan ditetapkan oleh DPRD Provinsi dengan memperhatikan keterwakilan unsur tokoh masyarakat, akademisi/kampus, pemerintah provinsi, dan KPI daerah.

Terkait hal ini, Ketua  KPID Sulsel Irwan Ade Saputra, mengaku hal ini merupakan kewenangan Pemprov Sulsel dan DPRD Sulsel.

"Memang kan di situ ada antara pusat dengan daerah. Itu kan keputusan dari Pemprov dan Komisi A sebenarnya. Kami tidak punya kewenangan sama sekali," kata Irwan Ade, Rabu (13/9/2023).

2. Belum ada ketua Timsel

Lima Nama Timsel KPID Sulsel Ditetapkan, Ada Perwakilan KPI RIgoogle

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulsel, Andi Winarno Eka Putra enggan berbicara banyak terkait hal ini. Dia hanya mengatakan bahwa nama-nama timsel sebenarnya belum diumumkan secara resmi.

Dia juga mengatakan bahwa belum ada ketua pansel KPID Sulsel yang ditunjuk jika berdasarkan SK Gubernur Sulsel itu. Terkait hal ini, Winarno mengaku masih sementara dibahas termasuk soal ketua Timsel.

"Kita juga belum rilis karena masih mencari. Nanti kalau kami sudah rapat perdana baru kami bisa beritakan. Satu dua hari ini mungkin. Kan Pj (Gubernur) baru," kata Winarno.

Baca Juga: Siaran Digital, Kominfo Ajak Warga Makassar Pakai STB Tersertifikasi

3. Penetapan nama Timsel masih dibahas

Lima Nama Timsel KPID Sulsel Ditetapkan, Ada Perwakilan KPI RIGedung Komisioner Penyiaran Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sama halnya dengan nama perwakilan dari KPI pusat, Winarno juga tak ingin membahas lebih jauh. Dia hanya mengaku bahwa hal penetapan nama-nama timsel ini masih dibahas.

"Nanti coba saya lihat dulu. Saya sudah lihat SK-nya cuma kita belum rapat. Nanti sudah rapat kita rilis. Saya baru di Kominfo," katanya.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Sulsel Dibuka

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya