Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang-Atap Wisma Negara di Makassar Terangkat

Atap wisma negara di kawasan CPI Makassar terhempas angin

Makassar, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kota Makassar pada Kamis (23/11/2023) sore. Akibatnya, sejumlah pohon tumbang di beberapa titik lokasi.

Beberapa lokasi pohon tumbang di antaranya yaitu di dekat Danau GTC Jalan Metro Tanjung Bunga, Jalan Karunrung. Petugas pun langsung bergerak cepat mengevakuasi pohon tumbang.

"TIM DLH dan beberapa satgas dinas dan Kecamatan terlibat bersamaan untuk reaksi cepat penanganan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Ferdy Mochtar.

1. BPBD catat lima pohon tumbang

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang-Atap Wisma Negara di Makassar TerangkatIlustrasi pohon tumbang dan menimpa rumah. (Dok. BPBD Purbalingga)

Personel pun bergerak cepat untuk menangani pohon tumbang yang menghambat jalan. Beberapa lokasi yang telah ditangani yaitu di Jalan Karunrung. Kemudian mobil yang tertimpa pohon itu juga telah dipindahkan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Makassar belum memastikan berapa banyak pohon yang tumbang. Mereka masih mendata total pohon yang tumbang.

"Saat ini terlapor 5 titik pohon tumbang," kata Kepala BPBD Makassar. Karunrung 1, Jalan Metro dekat Danau GTC 1, Manggala 1, Maccini 1, Kantor Camat Panakukang 1," kata Kepala BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin.

2. Pohon tumbang timpa mobil

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang-Atap Wisma Negara di Makassar TerangkatSejumlah pohon tumbang menimpa sebuah mobil di Makassar, Kamis (23/11/2023)/Istimewa

Dari laporan pohon tumbang itu, dua di antaranya menimpa mobil. Di Jalan Karunrung, pohon tumbang menimpa mobil, begitu pula di dekat danau GTC.

Beruntung tidak ada korban jiwa. Orang-orang yang berada di dalam mobil masih bisa menyelamatkan diri.

"Ada 4 orang di dalamnya tapi berhasil menyelamatkan diri. Jadi korban nihil. Danau GTC itu menimpa 1 mobil. Sopirnya berhasil menimpa satu mobil. Jadi tidak ada korban jiwa," kata Hendra.

3. Atap Wisma Negara terangkat

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang-Atap Wisma Negara di Makassar TerangkatAtas wisma negara di CPI Makassar terangkat akibat terhempas angin kencang, Kamis (23/11/2023)/Istimewa

Selain pohon tumbang, hujan deras dan cuaca ekstrem ini juga mengakibatkan atap bangunan Wisma Negara di kawasan CPI terangkat. Peristiwa ini terekam dalam video yang tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut terlihat atap bangunan itu tampak rusak cukup parah. Bagian atap yang terangkat cukup banyak.

BPBD juga masih berupaya mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat terdampak angin kencang.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Makassar, Mobil Tabrak Pohon, Dua Orang Tewas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya