2.398 PNS Pemprov Sulsel Terima Penghargaan Satyalancana Karya Satya

Merupakan rangkaian peringatan HUT ke-78 tahun RI

Makassar, IDN Times - Sebanyak 2.398 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima Satyalancana Karya Satya pengabdian 10, 20 dan 30 tahun. Tanda kehormatan itu disematkan secara simbolis dilaksanakan oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman di rumah jabatan, Selasa (15/8/2023).

Penyematan ini merupakan rangkaian Peringatan HUT ke-78 Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sudirman berharap penghargaan ini menjadi semangat bagi para PNS dan menjadikan mereka abdi negara yang profesional. 

"Tentu semakin belajar dengan situasi kondisi saat ini yang harus beradaptasi sekuat mungkin dibanding tahun-tahun sebelumnya karena segalanya semua sudah mulai berubah," kata Sudirman.

1. Diharapkan menjadi dorongan untuk PNS

2.398 PNS Pemprov Sulsel Terima Penghargaan Satyalancana Karya SatyaIlustrasi ASN, IDN Times/ istimewa

Jumlah penerima penghargaan Satyalancana Karya Satya sebanyak 2.398 Orang. Mereka yang terdiri dari Satyalancana Karya Satya 30 Tahun sebanyak 408 orang, Satyalancana Karya Satya 20 Tahun sebanyak 358 orang dan Satyalancana Karya Satya 10 Tahun sebanyak 1.632 orang.

Penganugerahan ini, kata Sudirman, menjadi kebanggaan tersendiri. Dia berharap tanda kehormatan ini dapat memberikan dorongan dalam memacu semangat kerja, loyalitas, dedikasi, kedisiplinan dan kesadaran akan tanggungjawab.

"Baik dalam konteks kedinasan maupun dalam kehidupan bermasyarakat sehingga akan menjadi panutan dan teladan bagi Pegawai Negeri Sipil lainnya dan masyarakat pada umumnya," katanya.

2. Menjadi kebanggaan sendiri bagi PNS

2.398 PNS Pemprov Sulsel Terima Penghargaan Satyalancana Karya SatyaKepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari F Radjamilo menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya di rumah jabatan gubernur Sulsel, Selasa (15/8/2023). Dok. Humas Pemprov Sulsel

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Ashari F Radjamilo, menjadi salah satu PNS yang turut mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 Tahun. Dia merasa bersyukur masuk sebagai penerima penghargaan tersebut. 
 
"Yang pertama kan saya syukuri ini karena masuk dalam bagian ini.Tidak semua PNS mampu melewati masa-masa seperti ini. Saya terangkat di tahun 1991 tadi mendapatkan yang ke 30 tahun," kata Ashari.

Baca Juga: HUT ke-254 Sulsel Angkat Tema Sulsel Andalan Indonesia

3. Suka duka selama menjadi PNS

2.398 PNS Pemprov Sulsel Terima Penghargaan Satyalancana Karya SatyaIlustrasi PNS (setkab.go.id)

Ashari menuturkan bahwa menjadi PNS memiliki banyak suka dukanya, apalagi selama 30 tahun. Bagi Ashari, sukanya yaitu ketika mendapatkan apresiasi dari pimpinan atau saat naik jabatan. 

Namun di sisi lain, menjadi seorang abdi negara tentu tidak sulit dengan mengemban amanah. Dia pernah menjabat beberapa posisi mulai dari sekretaris lurah, sekretaris camat, camat, Pj Bupati Jeneponto hingga Pj Sekprov Sulsel.
  
"Saya mulai dari eselon V, eselon IV, eselon III sekarang eselon II dan pernah eselon I waktu jadi sekda. Jadi menurut saya ini adalah kurnia yang tidak semua orang dapatkan," katanya.

Baca Juga: Oknum ASN Pemprov Sulsel Dilapor Polisi soal Dugaan Pencabulan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya