TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banjir Bandang di Kota Ternate: 11 Orang Tewas, Puluhan Rumah Hancur

Tim SAR masih mencari jenazah korban banjir bandang

Banjir bandang di Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (25/8/2024). Muhammad S. Haliun untuk IDN Times

Intinya Sih...

  • Banjir bandang di Kelurahan Rua, Ternate, Maluku Utara menewaskan 11 orang dan merusak puluhan rumah warga.
  • Hujan dengan intensitas tinggi memicu banjir bandang pada Minggu dini hari, menyebabkan aliran Kali Mati diduga jebol.
  • Tim SAR gabungan dikerahkan untuk evakuasi dan pencarian korban, sementara warga yang selamat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Ternate, IDN Times - Banjir bandang melanda kawasan permukiman di Kelurahan Rua, Kecamatan Ternate Pulau, Kota Ternate, Maluku Utara, menelan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan parah pada puluhan rumah warga.

Sebelas orang dilaporkan tewas akibat tertimbun material banjir, sementara puluhan rumah lainnya hancur diterjang banjir bandang yang terjadi pada Minggu dini hari (25/8/2024) sekitar pukul 04.00 WIT.

1. Banjir bandang dipicu aliran Kali Mati yang jebol

Banjir bandang ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut sejak Sabtu malam hingga dini hari. Aliran Kali Mati yang berada di sekitar permukiman warga diduga jebol, mengakibatkan air bah dan lumpur menerjang rumah-rumah warga di RT 01/RW 01, Kelurahan Rua.

"Berdasarkan data sementara, sekitar sepuluh rumah tertimbun material lumpur, dan lima orang korban telah ditemukan meninggal dunia oleh tim SAR gabungan," ujar Bram Madya Temara, Kepala Seksi Operasi dan Siaga SAR Ternate.

2. Jenazah korban banjir bandang masih dicari

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polri, dan BPBD Ternate telah dikerahkan untuk melakukan evakuasi dan pencarian korban.

Para korban yang ditemukan telah dievakuasi ke Puskesmas Jambula untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut. Sementara itu, tim SAR gabungan masih terus melakukan pencarian terhadap warga yang diduga masih hilang dan tertimbun material banjir.

Berita Terkini Lainnya