Sulsel Terpuruk di Posisi 16 PON XXI, Melenceng Jauh dari Target

Sulsel finish di urutan 16

Intinya Sih...

  • Sulsel finish di urutan 16 dari 39 provinsi dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024
  • Kontingen Sulsel menyumbangkan total 61 medali, turun drastis dari posisi pada PON sebelumnya
  • Target posisi 5 besar nasional tidak tercapai, namun capaian atlet akan dievaluasi untuk pembinaan ke depan

Makassar, IDN Times - Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut berakhir hari ini, Jumat (20/9/2024). Satu per satu atlet perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlaga di event 4 tahunan itu telah menuntaskan pertandingan.

Posisi Sulsel di PON XXI pun cukup melorot. Sampai sore ini, klasemen akhir kontingen Sulsel berada di posisi 16 dari 39 provinsi.

Sebanyak 630 Kontingen Sulsel yang terdiri dari 406 atlet, 139 official serta tim satgas 85 orang, diberangkatkan untuk mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dari jumlah tersebut, kontingen Sulsel menyumbangkan 9 medali emas, 19 medali perak dan 32 medali perunggu. Total ada 61 medali yang dikoleksi para atlet.

1. Posisi Sulsel menurun dari PON sebelumnya

Sulsel Terpuruk di Posisi 16 PON XXI, Melenceng Jauh dari TargetPetinju Sulsel Yosua Holy Masihor meraih medali emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024. (Dok. Pertina Sulsel)

Jika berkaca pada dua PON sebelumnya, maka posisi Sulsel turun cukup drastis. Pada PON Jawa Barat 2016, Sulsel menyabet 12 medali emas, 23 perak dan 28 perunggu. Lalu saat PON Papua 2020 (digelar 2021), Sulsel merebut 11 medali emas serta masing-masing 13 medali perak dan perunggu dan bertengger di posisi 11.

Capaian kontingen Sulsel ini cukup jauh dari target. Sulsel ditargetkan menempati posisi 5 besar nasional. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Sulsel, Jufri Rahman, saat pelepasan kontingen Sulsel di Aula Tudang Sipulung, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (29/8/ 2024).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman, mengaku perihal target tersebut dan merasa sedih karena tidak tercapai. Meski demikian, apapun hasilnya, dia menegaskan bahwa seluruh atlet telah berjuang.

"Memang kita punya target. Harus lebih tinggi. Target itu kita memang minta dia masuk 5 besar. Namun seluruh atlet, pelatih, sudah berjuang," kata Suherman saat diwawancarai IDN Times, Jumat (20/9/2024).

2. Capaian medali tahun ini lebih banyak

Sulsel Terpuruk di Posisi 16 PON XXI, Melenceng Jauh dari TargetPara peraih medali emas di nomor Tim Lead Putra Cabor Panjat Tebing PON 2024 Aceh-Sumut. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Terkait perbandingan dengan PON Papua, Suherman menyebut tahun ini masih lebih baik sebab, medali yang diraih saat ini masih lebih banyak dibandingkan PON Papua. Menurutnya, ini merupakan peningkatan prestasi yang cukup baik.

"Pada prinsipnya memang untuk urutan turun menjadi urutan 16, di Papua menjadi 11 pada saat itu. Namun perolehan medali kita masih lebih banyak," kata Suherman.

Di sisi lain, dia juga mengaku turut sedih karena ada penurunan jumlah perolehan medali emas dibandingkan pada PON Papua. Meski begitu, dia menegaskan hasil tersebut tetap merupakan upaya dan kerja keras para atlet untuk bisa menjadi juara satu.

"Inilah hasil yang kita dapat, hanya mampu menduduki di peringkat 16 untuk Sulawesi Selatan. Inilah yang kita bisa persembahkan untuk daerah Sulawesi Selatan," kata Suherman.

3. Bakal dievaluasi dan diberi pembinaan

Sulsel Terpuruk di Posisi 16 PON XXI, Melenceng Jauh dari TargetLogo PON XXI

Lebih lanjut, Suherman mengatakan capaian kontingen Sulsel ini tetap akan dievaluasi. Ke depannya, pembinaan atlet sejak dini dan atlet berpotensi akan terus digalakkan.

Suherman mengatakan atlet-atlet peraih medali yang usianya masih memungkinkan untuk PON selanjutnya akan dibina lebih baik. Selain itu, juga ada pembinaan sejak dini untuk cabor-cabor peraih medali.

Pembinaan itu akan dimulai setelah mereka pulang dari PON. Pembinaan ini supaya para atlet bisa lebih baik lagi di PON NTB 2028.

"Kita bina atlet kita yang belum berhasil meraih medali emas. Kita bina terus-menerus baik itu atlet kita yang sudah mendapatkan medali perunggu, perak, bahkan sampai sudah masuk 5 besar, masuk final, semifinal, ini semua kita lakukan pembinaan lagi dari awal," kata Suherman.

Baca Juga: Sulsel Kawinkan Medali Emas di Sepak Takraw Ganda Putra-Putri

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya