Pemilik Mal di Makassar Dilaporkan Todong Pistol ke Pedagang

Polisi terkesan menutup-nutupi kasus ini

Makassar, IDN Times - Pemilik pusat perbelanjaan Makassar Trade Centre (MTC) berinisial B, diamankan anggota kepolisian setelah menodong pistol pada Hendri (39), salah satu pedagang yang menyewa di tempatnya, di bilangan Jalan Jenderal Ahmad Yani, Makassar.

B diamankan anggota kepolisian di Bandara Sultan Hasanuddin, Minggu malam tadi (26/5), sesaat sebelum meninggalkan Makassar, tidak lama setelah dilapor ke Polres Pelabuhan Makassar. 

Pengacara pelapor Hendri, Andi Ifal Anwar saat dihubungi, Senin (27/5), mengatakan kliennya diancam pistol oleh B, di depan Hotel Condotel, Jalan Bulusaraung, yang lokasinya di samping gedung MTC. Setelah diancam, Hendri langsung melapor ke Polres Pelabuhan yang diterima Kanit II SPKT Polres Pelabuhan Aiptu Risyal, dengan nomor laporan: STPL/176b/V/2019/SPKT. 

“Klien saya adalah pedagang yang menyewa lods di  lantai 1 MTC, ia memprotes kebijakan manajemen MTC yang menyewakan pelataran pintu masuk. Hal tersebut dinilai merugikan para pedagang di lantai 1. Saat datang memprotes, klien saya disambut dengan todongan pistol dari B,” ungkap Ifal.

Baca Juga: Ibu yang Suruh Anaknya Jemput Paket Sabu Ditangkap Polisi  

1. Beredar foto pejabat Polda Sulsel bersama B

Pemilik Mal di Makassar Dilaporkan Todong Pistol ke PedagangIstimewa

Tidak lama setelah B diamankan anggota Polres Pelabuhan Makassar di Bandara Sultan Hasanuddin, di Kabupaten Maros, beredar foto seorang pejabat Polda Sulsel bersama B dalam salah satu ruangan di Mapolrestabes Makassar. Pada foto yang dilihat IDN Times, sang pejabat Polda tidak menggunakan seragam polisi dan memegang barang bukti pistol sejenis Baretta dan delapan butir amunisinya. 

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani yang dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum menerima laporan dari Polres Pelabuhan. Sementara Kasat Reskrim Pelabuhan AKP Benny Pornika yang dikonfirmasi juga enggan memberi komentar.

Sementara menurut Ifal, kehadiran Brigjen Adnas adalah bagian perhatian pimpinan kepolisian pada kasus pengancaman yang dilakukan pemilik MTC. 

“Semalam kami melakukan pertemuan di Mapolrestabes Makassar,” tutur Ifal.

Informasi yang dihimpun, B tidak ditahan malam tadi karena mengalami sakit. B dilarikan ke rumah sakit Bhayangkara Polda Sulsel karena mengalami gangguan kesehatan. 

2. Korban dituding sering bikin ulah di MTC

Pemilik Mal di Makassar Dilaporkan Todong Pistol ke PedagangHumas Polda Sulawesi Selatan

Dalam laporan polisinya, Hendri menuturkan sebelum diancam pistol oleh B di depan hotel Kondotel, Hendri disebut sering bikin ulah di MTC.

Hendri dan pedagang lainnya awalnya berniat bertemu manajemen MTC di hotel Kondotel untuk menyampaikan langsung keluhan para pedagang di lantai 1 yang bisnisnya terganggu akibat manajemen MTC mengizinkan pedagang lain berjualan di pelataran pintu masuk MTC. Selain Hendri, beberapa pedagang lain juga ikut memprotes kebijakan MTC. 

3. Pasca penodongan pistol, puluhan kader Pemuda Pancasila geruduk MTC

Pemilik Mal di Makassar Dilaporkan Todong Pistol ke PedagangIstimewa

Pasca penodongan pistol yang dilakukan pemilik MTC, puluhan kader Pemuda Pancasila, yang tergabung dalam organisasi Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BPPP), berunjuk rasa di depan MTC, sekitar pukul 19.00 wita malam tadi. Aksi unjuk rasa kader Pemuda Pancasila ini mendapat pengawalan ketat anggota Polsek Wajo dan Polrestabes Makassar. Kader Pemuda Pancasila sempat bersitegang dengan aparat kepolisian, meski akhirnya kedua pihak saling menahan diri.

“Kader Pemuda Pancasila turun langsung mengawal kasus ini karena korban juga adalah kader Badan Pengusaha Pemuda Pancasila, aksi tadi malam berlangsung kondusif,” pungkas Ifal. 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya