9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis 

Pintu estetik yang memberi kesan sederhana dan menenangkan 

Desain pintu rumah bergaya Japanese dikenal dengan kesederhanaan, fungsionalitas, dan estetika yang menenangkan. Pintu-pintu ini tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga menciptakan atmosfer yang harmonis dan tenang.

Kamu bisa menerapkan pintu dengan Japanese style untuk membuat suasana yang baru dan berbeda di rumah. Berikut adalah sembilan jenis pintu rumah bergaya Jepang yang cocok untuk dekorasi minimalis. Yuk simak!

Baca Juga: 7 Ide Pintu Kamar Estetik, Minimalis Hingga Maksimalis

1. Shoji Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese shoji (shojidesigns.com)

Shoji door adalah pintu geser yang terdiri dari panel kayu dan kertas transparan.  Pintu ini ringan dan tembus cahaya, memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terang. Cocok digunakan untuk memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga tanpa mengurangi pencahayaan alami

2. Fusuma Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese fusuma (flickr.com)

Fusuma door adalah pintu geser yang lebih kokoh dibandingkan Shoji, sering digunakan sebagai partisi ruangan. Terbuat dari kayu dan kertas tebal atau kain, Fusuma door dapat dihias dengan lukisan tradisional atau motif sederhana, menambahkan sentuhan artistik pada dekorasi rumah minimalis.

3. Amado Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese amado (yosyakozo.jp)

Amado door adalah pintu geser luar yang biasanya terbuat dari kayu tebal atau logam. Berfungsi sebagai pengaman tambahan dan pelindung dari cuaca buruk. Amado door memberikan kesan rumah yang kokoh dan aman tanpa mengurangi estetika minimalis.

4. Noren Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese noren (myjapanesehome.com)

Noren door adalah tirai kain yang digantung di pintu atau jendela. Tirai ini terbelah di tengah dan sering digunakan untuk memberikan privasi tanpa sepenuhnya menutup ruangan. Noren door menambahkan elemen dekoratif yang lembut dan fleksibel pada ruang minimalis.

5. Yukimi Shoji Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese yukimi Shoji (flickr.com)

Versi khusus dari Shoji dengan bagian bawah yang dapat dibuka untuk pemandangan luar. Ideal untuk ruangan dengan taman atau pemandangan indah. Yukimi Shoji door memungkinkan kamu menikmati keindahan luar ruangan sambil tetap mempertahankan privasi dan kehangatan interior.

6. Kura Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese kura (homify.jp)

Kura door adalah pintu kayu berat yang digunakan pada rumah tradisional untuk keamanan. Solid dan tahan lama, Kura door memberikan kesan rumah yang kokoh dan aman, sambil tetap menjaga estetika minimalis dengan desain yang sederhana dan fungsional.

7. Ranma Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese ranma (photojapan.com)

Ranma door adalah pintu dengan ukiran atau ornamen kayu di bagian atas. Menambahkan sentuhan artistik dan ventilasi tanpa mengurangi privasi. Ranma door cocok untuk dekorasi minimalis yang menginginkan detail artistik tanpa mengorbankan kesederhanaan.

8. Hikido Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese hikido (frameweb.com)

Hikido door adalah pintu geser yang sering digunakan sebagai pintu utama atau pintu kamar. Desainnya sederhana dengan garis-garis bersih, menjadikannya cocok untuk dekorasi minimalis. Hikido door memberikan kesan modern dan elegan pada rumah dengan desain yang efisien dan fungsional.

9. Engawa Door

9 Ide Pintu Rumah Bergaya Jepang yang Cocok untuk Dekorasi Minimalis design pintu japanese engawa (sumailab.net)

Engawa door adalah pintu geser yang membuka ke teras atau koridor. Membuat transisi mulus antara ruang dalam dan luar, memberikan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka. Engawa door menghubungkan interior rumah dengan alam sekitar, menciptakan harmoni dan keseimbangan.

Menggunakan jenis-jenis pintu ini dapat membantu menciptakan suasana minimalis dan menenangkan di rumah kamu. Filosofi desain Jepang yang menghargai kesederhanaan dan harmoni dengan alam akan membuat rumah kamu tidak hanya lebih estetis tetapi juga lebih fungsional dan nyaman.

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal dalam Menata Ruang Tamu Minimalis, Bikin Sesak!

Marlina syaikhu Photo Community Writer Marlina syaikhu

just believe everything what allah SWT gave to me and thanksfull for all IG : @Syaikhumarlina | Twitter : @Syaikhumarlina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya