TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

SMA Katolik Rajawali Makassar Punya Kelas Belajar di Luar Negeri, Top!

SMAKARA adalah nama populer SMA Katolik Rajawali Makassar

SMA Katolik Rajawali di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Makassar, IDN Times - Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Rajawali beralamat di Jalan Lamaddukelleng, nomor 7, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang punya kelas Uni-bridge Foundation.

Kelas Uni-bridge Foundation atau program studi ke luar negeri mulai dijalankan SMA swasta Katolik tertua di Makassar ini, sejak awal tahun 2019. Kelas ini telah menerbangkan puluhan siswa SMA Katolik Rajawali ke beberapa negara.

"Kelas ini sudah bekerjasama empat tahun terakhir antara SMA Rajawali dengan beberapa negara seperti Australia, Inggris, New Zealand, dan Singapura," ungkap guru Matematika SMA Rajawali, Jemmy kepada IDN Times Sulsel, Jumat (3/3/2023).

"Lima negara ini ini adalah pilihan dalam kerjasama tapi tergantung pilihan siswa. Dan jika siswa memilih ke Australia itu juga tanpa tes toefl, tapi kalau negara lain itu perlu untuk tes. Siswa akan ikut kelas ini 8 bulan disana," sambungnya.

2. Siswa SMA Katolik Rajawali berkesempatan ke luar negeri

SMA Katolik Rajawali di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Melalui program kelas Uni-bridge Foundation ini, siswa SMA Katolik Rajawali Makassar berkesempatan untuk belajar ke luar negeri. Tentunya melalui program ini juga, total durasi belajar siswa hingga di sekolah akan menjadi singkat. Dengan begitu, mereka bisa lebih cepat dan mudah mendaftar kuliah di luar negeri.

Untuk mengikuti kelas ini kata Jemmy, siswa kelas 1 dan 2 akan mengikuti proses belajar mengajar di SMA Katolik Rajawali selama 20 bulan. Setelah itu, saat naik ke kelas 3, siswa sudah bisa mengikuti kelas Uni-bridge.

"Jadi di kelas Uni-bridge ini seperti mengurangi waktunya, karena biasanya kelas tiga (3) baru foundation itu sudah bisa kelas dua, mereka bisa menghemat satu setengah tahun, jadi mereka sudah bisa kuliah januari, lebih cepat dari jalur umum," ujar Jemmy

2. Lulus kelas Uni-bridge bisa daftar di 50 universitas terbaik dunia

SMA Katolik Rajawali di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun-

Nah, bagi siswa yang ingin mengikuti program Uni-bridge Foundation ini, nantinya pihak SMA Katolik Rajawali Makassar akan membantu mencarikan sekolah tujuan di luar negeri. Pihak sekolah juga akan mendampingi para siswa mulai dari wawancara, penentuan minat dan bakat, hingga memilih mata pelajaran.

"Kalau proses itu mereka sudah lalui dan kemudian lulus dengan nilai tertinggi maka mereka bisa kuliah di negara manapun dan tentu bisa masuk di 50 besar daftar universitas di dunia," jelas Jemmy yang juga koordinator olimpiade SMA Rajawali.

Eits, tapi dalam program Uni-bridge Foundation ini tidak semua siswa kelas 3 SMA Katolik Rajawali dapat ikut. Sebab, biaya hidup selama delapan bulan di luar negeri cukup tinggi.

Baca Juga: Pelajar SMA se-Sulsel Gali Informasi di Unhas Open Day

Berita Terkini Lainnya