Comscore Tracker

Mengunjungi Pameran Foto Virtual UKM Fotografi Unhas Makassar

Solusi keren dengan memanfaatkan teknologi

Makassar, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat aktivitas para pelaku kesenian tak bisa menyelenggarakan pameran secara leluasa. Seiring dengan narasi adaptasi kebiasaan baru, penggunaan internet pun dimaksimalkan. Alih-alih datang ke venue, justru pameran yang menyambangi langsung kediaman pengunjung.

Salah satu yang menempuh cara tersebut adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan. Jika biasanya memamerkan hasil jepretan para anggotanya di lantai dasar Gedung Perpustakaan Pusat, kali ini mereka memindahkannya ke dunia maya.

1. Pameran Pojok 2020 "Retouch" oleh UKM Fotografi diselingi dengan webinar

Mengunjungi Pameran Foto Virtual UKM Fotografi Unhas MakassarTangkapan layar webinar bertema "Travelling Photographer" dengan pemateri Ranar Pradipto pada Selasa (17/11/2020), yang menjadi rangkaian Pameran Pojok Virtual "Retouch" oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Universitas Hasanuddin. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Pameran pojok virtual bertajuk "Retouch", sekaligus bagian dari Pendidikan Dasar (Diksar) ke-29 untuk anggota baru UKM, berlangsung dari hari Selasa (17/11/2020) ini hingga Sabtu, 21 November 2020 mendatang. Pembukaannya sendiri sudah dilangsungkan pada Selasa (16/11/2020) kemarin dengan mengundang Wakil Rektor III Unhas, Arsunan Arsin.

Ketua Panitia Penyelenggara, Muhammad Aryadin TP, menjelaskan konsep Augmented Reality (realitas tertambah) jadi konsep pameran tahun ini. Ada 150 karya dari 46 peserta dan anggota UKM Fotografi Unhas  yang "dipamerkan" kepada para pengunjung. Tema fotonya beragam, mulai dari fauna hingga demonstrasi menolak UU Ciptaker bulan lalu.

2. Pameran virtual jadi cara UKM Fotografi Unhas menyiasati keterbatasan aktivitas akibat pandemik

Mengunjungi Pameran Foto Virtual UKM Fotografi Unhas MakassarTangkapan layar Pameran Pojok Virtual "Retouch" oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Universitas Hasanuddin. (Dok. Istimewa/Artspaces)

“Sementara itu, untuk kegiatan webinar fotografi sendiri akan dihadiri oleh influencer bidang fotografi yang masing-masing membawakan materi menarik dan unik," ungkap Aryadin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (17/11/2020) sore.

Anovly, salah satu peserta webinar dan pengunjung pameran virtual, berpendapat bahwa kegiatan ini adalah sarana belajar di tengah keterbatasan.

"Sangat bermanfaat sebagai wadah bagi masyarakat luas, khususnya peminat fotografi, untuk tetap belajar dan berkarya, meskipun dibatasi dengan situasi pandemi," tuturnya.

Baca Juga: AIESEC Unhas Berbagi Kiat Sukses bagi Millennial Mencari Kerja

3. Khayak umum juga bisa mengikuti webinar fotografi

Mengunjungi Pameran Foto Virtual UKM Fotografi Unhas MakassarPara peserta webinar bertema "Travelling Photographer" dengan pemateri Ranar Pradipto pada Selasa (17/11/2020), yang menjadi rangkaian Pameran Pojok Virtual "Retouch" oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Universitas Hasanuddin. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Selama enam hari penyelenggaraan, panitia juga menyiapkan webinar dengan sejumlah fotografer kawakan Indonesia bertindak sebagai pematerinya.

Mereka antara lain Ranar Pradipto (travel photographer), Fendi Siregar (praktisi dan pengajar fotografi), Taufan Wijaya (jurnalis foto), Helga Indra (mobile photographer), Andry Dilindra (analog photographer) serta Sandy Wijata (travel photographer).

Seluruh webinar dilaksanakan via Zoom. Publik bisa mengikutinya dengan lebih dulu mendaftar melalui tautan yang telah disediakan panitia.

Jika ingin "berkunjung" ke pameran Retouch UKM Fotografi Unhas, kamu bisa menuju situs https://www.artspaces.kunsmatrix.com.

Baca Juga: Farmasi Unhas Hasilkan Minuman Rosela Pencegah Diabetes

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya