TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Warna Kacamata Hitam dan Manfaatnya bagi Mata, Bukan Sekedar Gaya!

Lindungi matamu dari sinar UV

Ilustrasi sunglasses beragam warna (pixabay.com/Ruibing Qin)

Menggunakan kacamata hitam alias sunglasses, bukan hanya soal gaya atau fashion. Karena, kacamata hitam nyatanya memiliki peran penting dalam melindungi mata kita dari bahaya sinar matahari langsung atau ultraviolet (UV). Jika berkepanjangan, sinar UV yang masuk ke mata dapat merusak organ mata kamu secara permanen.

Setiap warna lensa pada kacamata hitam, memiliki fungsi khusus dalam melindungi mata dari bahaya sinar UV, dan memengaruhi cara kamu melihat dunia. Pemilihan warna lensa yang tepat juga bisa berdampak pada kenyamanan dan keamanan mata.

Penasaran warna apa aja yang dibutuhkan mata kamu sekarang? Yuk, simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kacamata bagi Kamu yang Berwajah Oval, Coba Pakai! 

1. Lensa cokelat atau amber: penglihatan tajam

Lensa berwarna cokelat atau amber adalah warna yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti olahraga. Namun, kamu tahu fungsinya? Warna ini membantu mengurangi silau, mencegah ketegangan mata, dan memperjelas penglihatan.

Mengutip VSP Vision Care, lensa ini meningkatkan warna hangat dan memberikan kontras yang lebih baik, membuat objek tampak lebih jelas dan tajam. Ini sangat berguna untuk olahraga yang membutuhkan penglihatan yang tajam, seperti golf dan balapan, di mana kejelasan dan detail menjadi prioritas.

2. Kuning atau jingga: pilihan tepat untuk cahaya rendah

Lensa kuning atau jingga, cocok untuk kondisi cahaya sedang hingga rendah, seperti cuaca berkabut atau mendung. Lensa dengan warna ini meningkatkan kontras dan kejernihan, membantu mata fokus pada objek yang bergerak. Karena alasan itulah, pemain game, pilot, pemburu, hingga atlet olahraga musim dingin sering memilih lensa ini untuk memaksimalkan penglihatan mereka.

Keunggulan lensa kuning atau jingga terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan visual dalam kondisi cahaya yang kurang pas atau optimal. Dengan meningkatkan kontras, lensa ini mempermudah penggunanya mendeteksi objek dan meningkatkan performa dalam berbagai situasi.

3. Biru atau ungu: kurangi silau di kondisi terang

Dilansir Frames Direct, lensa biru atau ungu dirancang untuk mengurangi silau dalam kondisi cerah atau terang, serta meningkatkan persepsi warna dan kontur. Ini menjadikannya pilihan ideal untuk olahraga air, aktivitas salju, dan kondisi basah atau berkabut. Lensa ini mengurangi rasa tidak nyaman akibat pantulan dan membantu kita melihat lebih jelas di lingkungan yang terang.

Dalam situasi seperti itu, lensa biru atau ungu menawarkan perlindungan dan kenyamanan tambahan. Mereka memudahkan penglihatan dengan meningkatkan warna dan detail, yang sangat bermanfaat untuk aktivitas di air atau salju.

4. Hijau: penglihatan jelas di segala kondisi

Lensa hijau adalah pilihan serbaguna yang cocok untuk berbagai situasi. Warna ini memperbaiki persepsi warna dan kontras, serta mengurangi silau sekaligus mencerahkan bayangan. Ini membuat lensa hijau sangat berguna untuk aktivitas luar ruangan di bawah sinar matahari seperti golf, memancing, dan hiking.

Meskipun lensa hijau sangat efektif dalam kondisi cerah, mereka juga bekerja dengan baik dalam cuaca mendung atau cahaya rendah. Fleksibilitas ini menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan luar ruangan.

5. Pink atau merah: kontras optimal untuk olahraga musim dingin

Lensa pink atau merah menawarkan keuntungan dalam persepsi kedalaman, menjadikannya ideal untuk olahraga musim dingin. Warna ini memberikan kontras yang baik terhadap latar belakang putih, serta membantu kamu dengan sensitivitas cahaya atau kondisi mata tertentu dengan mengurangi ketegangan mata.

Dengan meningkatkan kontras dan memberikan efek menenangkan, lensa pink atau merah sangat berguna dalam situasi tertentu. Warna ini menawarkan kenyamanan tambahan bagi seseorang yang memiliki sensitivitas terhadap cahaya.

Verified Writer

Muhammad Alfi

Life is a choice

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya