TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengatasi Ketombe dari Dalam, Batasi Konsumsi Makanan Manis!

Sebaiknya perhatikan pemenuhan nutrisi tubuhmu

ilustrasi kulit kepala berketombe (freepik.com/gratispik)

Selain bikin tidak nyaman beraktivitas, rambut berketombe membuat kita kurang percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengatasi ketombe sesegera mungkin. Tapi masalahnya, banyak orang yang sudah pakai sampo mahal-mahal tidak memberikan efek berarti untuk menuntaskan masalah ketombe.

Jika kamu mengalami masalah ini, sudah saatnya mengatasi ketombe dari akarnya. Kamu mesti memperhatikan kebutuhan nutrisi mulai dari omega 3, mineral, probiotik dan antioksidan yang berperan dalam pencegahan ketombe sekaligus membatasi makanan tertentu seperti makanan manis. Nah, berikut ini cara mengatasi ketombe dari akarnya yang bisa kamu terapkan!

Baca Juga: 4 Manfaat Air Cengkih untuk Rambut, Bisa Atasi Kutu dan Ketombe!

1. Konsumsi makanan kaya asam lemak omega-3

Omega-3 tidak hanya bermanfaat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik serta mendukung kesehatan jantung maupun otak. Tetapi, mengonsumsi makanan kaya asam lemak baik ini menjaga kesehatan kuku, kulit kepala dan kulit tubuh lainnya. 

Oleh karena itu, kekurangan asam lemak ini dapat mengakibatkan gejala seperti kuku rapuh, ketombe maupun kulit kering. Sedangkan manfaat omega 3 untuk kulit dapat mengelola produksi minyak, meningkatkan hidrasi, mengatur peradangan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Jadi, apabila kamu mengalami masalah ketombe, cara menu makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi seperti ikan salmon, makarel dan kacang kenari. Sebagian besar orang dewasa disarankan mengonsumsi1,1 hingga 1,6 gram asam lemak omega 3 per hari.

2. Perhatikan kebutuhan seng harian

Cara mengatasi ketombe dari dalam itu dengan memperhatikan kebutuhan mineral harian seperti sel yang berperan sebagai anti ketombe. Oleh karena itu, kekurangan zinc yang parah dikaitkan dengan kerontokan rambut, diare, impotensi dan lesi kulit. 

Selain itu, kekurangan zinc dapat menjadi  faktor potensial penyebab dermatitis seboroik dan ketombe. Banyak sampo anti dandruff yang mengandung zinc pyrithione untuk mencegah pertumbuhan jamur dan menghilangkan sel kulit berlebih dari kulit kepala.

Sumber seng bisa dari protein hewani, kacang-kacangan dan biji-bijian utuh. Nah,  selain dapat mengatasi ketombe dari dalam, seng termasuk mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan mendorong pertumbuhan sel. 

3. Perbanyak asupan probiotik

Probiotik merupakan bakteri menguntungkan yang banyak manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari mencegah alergi, menurunkan kolesterol, dan menurunkan berat badan. Selain itu, probiotik juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi jamur penyeban ketombe. 

Probiotik juda dapat membantu mengobati dan mencegah kondisi kulit seperti eksim dan dermatitis atopik, terutama pada bayi dan anak-anak.  Makanan sumber probiotik seperti tempe, yogurt, kombucha dan makanan fermentasi lainnya. 

4. Konsumsi banyak buah dan sayur

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan salah satu cara mengatasi ketombe dari dalam. Buah dan sayur termasuk makanan yang tinggi antioksidan, vitamin dan mineral sehingga dapat membantu mengurangi peradangan. 

Hasil studi menunjukkan, makan lebih banyak buah, berisiko rendah terkena dermatitis seboroik. Gejalanya tidak hanya membuat kulit kepala bersisik dan berketombe tapi juga kemerahan. 

Sebaiknya, jika kamu mengalami masalah ketombe cukup parah cobalah lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur. Antioksidannya yang kuat membantu mengatasi ketombe lebih cepat.

Verified Writer

Risa Fitriana

Content Writer | IG @fitrianrysaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya