TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sup Jamur Daging Cincang, Asam Pedas dan Segarnya Jadi Satu

Pas disantap saat makan siang, apalagi pas cuaca dingin

ilustrasi sup jamur daging cincang (instagram.com/yscooking)

Saat cuaca dingin, sangat pas menyantap hidangan berkuah dengan cita rasa pedas namun masih tetap bisa dinikmati. Bagi kamu yang bingung mau memasak apa, mungkin kamu bisa membuat sup. Salah satu sup yang recommended buat dinikmati adalah sup jamur daging cincang.

Bahannya sendiri terdiri dari daging sapi, jamur shitake, jamur enoki, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi kamu yang penasaran bagaimana resep lengkap dan cara memasaknya, kamu bisa melihat artikel di bawah ini. Yuk, simak sampai selesai. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Sup Rumput Laut ala Korea, Cocok untuk Hangatkan Badan

1. Bahan-bahan dan bumbu

ilustrasi jamur enoki (freepik.com/jcomp)

Siapkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat sup jamur daging cincang:

  1. 100 gram daging sapi
  2. 50 gram gram jamur king oyster
  3. 50 gram jamur shiitake kering
  4. 50 gram jamur enoki
  5. 1 butir telur kocok
  6. 3 siung bawang putih, cincang halus
  7. 2 cm jahe, geprek
  8. 2 sdm saus sambal
  9. 2 sdm saus tomat
  10. 1 sdm kecap ikan
  11. 1/2 sdt cuka
  12. 1/2 sdt kaldu bubuk jamur
  13. 1 sdt gula
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1/2 sdt merica
  16. 1 sdt minyak wijen
  17. 2 sdm larutan maizena
  18. Daun bawang secukupnya, iris tipis

2. Cara memasak sup jamur daging cincang

ilustrasi memasak sup jamur daging cincang (youtube.com/Dapoer Mama Icha)

Pertama, siapkan daging sapi yang masih segar. Cincang halus daging sapi atau giling menggunakan alat jika kamu punya. Jangan terlalu halus agar terasa teksturnya. Sisihkan jika sudah.

Selanjutnya, taruh jamur shiitake kering di dalam wadah atau mangkuk bersih. Kemudian, panaskan air dalam panci hingga mendidih. Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam mangkuk berisi jamur shiitake kering. Seduh dan tunggu beberapa saat sampai jamur melunak. Potong-potong sesuai selera jika sudah.

Sementara itu untuk jamur king oyster, kamu hanya perlu mencucinya sampai bersih, kemudian memotongnya memanjang sampai berbentuk korek api. Jangan lupa juga untuk membersihkan jamur enoki dari akar-akarnya. Cuci bersih jamur enoki lalu tiriskan terlebih dahulu. Sisihkan masing-masing jamur yang telah disiapkan.

Panaskan minyak sedikit saja, tumis bawang putih dan jahe sampai aroma harumnya tercium. Masukkan daging cincang ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk rata dan masak sampai daging pucat dan berubah warna. Masukkan semua jamur yang sudah disiapkan tadi. Aduk-aduk lagi hingga tercampur merata.

Tuangkan saus tomat, saus sambal, dan kecap asin. Aduk-aduk lagi sampai merata, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika sudah tercampur, bumbui menggunakan garam, gula, merica, kaldu bubuk, dan sedikit cuka.

Masak sup jamur daging cincang dengan api kecil sampai sup mendidih. Apabila sudah mendidih baru tuangkan larutan maizena beserta minyak wijen. Aduk rata. Koreksi rasanya terlebih dahulu, jika asam pedas gurihnya sudah pas bisa langsung diangkat dan jangan lupa untuk mematikan kompor.

Pindahkan sup jamur daging cincang ke atas mangkuk. Taburi menggunakan daun bawang. Siap untuk disajikan!

Baca Juga: 5 Resep Sup untuk Diet yang Bikin Sehat dan Gak Mudah Lapar

Verified Writer

Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya