TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Pantai di Donggala, Destinasi Liburan Favorit di Sulteng

Destinasi wisata favorit yang ada di Donggala

Beragam destinasi wisata di Kota Donggala, Sulawesi Tengah/Ozi Lucky

Donggala merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi tengah yang menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa. Wilayah yang memiliki pesisir pantai yang sangat luas ini, menjadikan wisata pantai banyak tersebar.

Tidak banyak yang tahu, namun Kabupaten Donggala ini mulai dilirik oleh pencinta diving dan snorkeling karena keindahan bawah laut yang dimilikinya.

Berikut lima wisata pantai paling indah yang bisa jadi rekomendasi destinasi wisata di Kabupaten Donggala yang wajib kalian kunjungi.

1. Pantai Tanjung Karang

Keindahan Pantai Tanjung Karang di Kabupaten Donggala/Aisyah Amanda

Pantai Tanjung Karang adalah objek wisata yang terletak di desa Labuan Bajo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Berjarak 37 km dari Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Tidak ada tempat yang lebih baik untuk memulai petualangan wisata selain Tanjung Karang, tempat yang sudah kadung populer bukan hanya bagi wisatawan lokal, tapi juga nasional bahkan mancanegara. Pada akkhir pekan atau momen hari libur, pantai ini selalu ramai pengunjung.

Pantai di sisi utara Kota Donggala ini bisa jadi lokasi menikmati terbitnya fajar yang searah dengan hamparan laut . Menyelam maupun snorkeling bisa jadi pilihan melihat berbagai jenis ekosistem terumbu karang, ikan-ikan berwarna, dan biota laut lainnya. Pun yang memilih untuk tidak berenang, bisa menaiki taksi laut untuk tetap menikmati pemandangan bawah laut sambil mengelilingi perairan dekat tepi pantai, dengan harga tiket masuk Rp15 ribu per orang.

2. Pusat laut

Wisata Pusat Laut di Kabupaten Donggala/Summercamp

Wisata Pusat Laut atau Pusentasi tepatnya berada di Desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Selain lebar, sumur yang satu ini memiliki kedalaman 5-7 meter karena dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Airnya sangat jernih hingga wisatawan dapat melihat ke dasarnya, serta berwarna kebiru-biruan.

Harga tiket masuk untuk menikmati Pusat Laut Donggala hanya dengan membayar Rp10 ribu  per orang. Fasilitas umum yang ada di Pusat Laut Donggala di antaranya area parkir yang cukup luas, warung-warung makan dan minuman, gazebo atau saung sederhana, dan kamar mandi.

3. Pantai kura- kura

Pantai Kura-Kura Donggala/Ozi Lucky

Pantai Kura-kura di Kabupaten Donggala menawarkan tempat duduk di atas pasir putih beralaskan bantal dengan payung putih yang cukup besar seperti di Bali. Tempat duduk pengunjung diatur mengarah ke pantai agar dapat menikmati panorama laut dengan gradasi langit memerah kala matahari terbenam.

Saat langit senja, pantai ini semakin ramai oleh pengunjung yang ingin mengabadikan gambar berlatar matahari terbenam. Berwisata di Pantai Kura-kura Donggala juga terhitung murah meriah dengan biaya masuk hanya Rp10 ribu per orang dewasa, untuk anak di bawah lima tahun gratis. Tersedia makanan dan minuman dengan harga terjangkau pula, mulai Rp25 ribu hingga Rp30 ribu.

4. Pantai Kaluku Donggala

Pantai Kaluku Donggala/Ozi Lucky

Pantai Kaluku adalah tempat wisata yang terletak di Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Dengan jarak 49 km dari pusat Kota Palu, Pantai Kaluku merupakan sebuah perkampungan kecil dekat tepi laut yang sepi. Pasir di tepian pantainya halus berwarna putih. Airnya jernih. Ombaknya bergulung pelan terkena tiupan angin. Pun demikian, beda halnya dengan Tanjung Karang, tak ada area untuk snorkeling di pantai ini.

Kaluku berasal dari bahasa Kaili yang berarti pohon kelapa. Pasalnya di pantai ini dipenuhi pepohonan kelapa yang menjulang tinggi. Pantai Kaluku memiliki garis pantai yang panjang dan lebar. Bila air laut sedang surut, kita bisa melihat perahu nelayan yang tertambat jauh. Bahkan, wisatawan dapat bermain sepakbola di atas hamparan pasir putihnya. Wisatawan juga bisa mengaso di gazebo-gazebo sederhana yang disewakan untuk beristirahat. Harga tiket masuk pun hanya Rp5 ribu per orang.

Baca Juga: Kisah Rahmi, Anak Donggala Berjuang Melawan Dampak Krisis Iklim

Writer

istiqlalia putry

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya