TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Liburan agar Selalu Berkesan, Buat Rencana yang Seru!

Liburan semestinya menjadi momen yang tidak terlupakan

ilustrasi turis (pexels.com/Lina Kivaka)

Intinya Sih...

  • Perencanaan matang sangat penting sebelum liburan
  • Sisihkan waktu untuk fleksibilitas dan prioritaskan pengalaman
  • Mengabadikan momen, nikmati perjalanan, dan hindari ketergantungan pada HP

Liburan menjadi salah satu momen yang sering dinantikan oleh banyak orang, khususnya untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari. Melakukan liburan bisa dihabiskan bersama dengan keluarga, teman, pasangan, atau pun sendirian, sehingga tetap dapat memberikan suasana yang menyenangkan untuk dinikmati.

Banyak orang yang mungkin tidak benar-benar menikmati momen liburannya, sehingga tidak berkesan sama sekali dan pada akhirnya meninggalkan kenangan yang kurang baik. Oleh sebab itu, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk memastikan bahwa liburanmu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

1. Buat rencana secara fleksibel

Sebelum melakukan liburan tentunya sangat penting untuk membuat perencanaan yang matang, sebab hal inilah yang nantinya dapat membantu liburan agar terus berjalan dengan lancar. Ada beberapa hal yang mungkin perlu kamu perhatikan pada saat merencanakan liburan, entah itu akomodasi, transportasi, hingga tujuan utama yang nantinya akan dituju.

Satu hal penting yang perlu kamu ingat dalam membuat rencana liburan adalah dengan menyisakan ruang untuk fleksibelitas yang ada. Kamu dapat memberikan waktu untuk mengeksplorasi secara spontan eestinasi yang ada di sana. Ternyata fleksibilitas ini dapat membantumu untuk memberikan kesempatan dalam menikmati momen-momen yang ada, sehingga akan terasa sangat menarik dan berkesan.

2. Prioritaskan pengalaman, bukan destinasi

Liburan yang berkesan sudah pasti akan membuat mu jadi dapat memusatkan perhatian untuk memeroleh berbagai pengalaman yang diinginkan. Namun, satu hal penting yang perlu kamu ingat adalah dengan memprioritaskan pada pengalaman yang kamu alami daripada hanya berfokus pada tempat tempat yang kamu kunjungi saja.

Mungkin sesekali kamu dapat mencoba aktivitas lokal yang menarik, seperti mencicipi kuliner khas, berinteraksi dengan penduduk setempat, hingga mengikuti berbagai festival budaya yang ada di sana. Pengalaman-pengalaman tersebut sudah pasti dapat memberikan kesan tersendiri pada liburanmu! serta membawa kenangan yang indah dan berharga setelahnya.

3. Dokumentasikan setiap momen yang ada

Mengabadikan momen-momen pada saat liburan tentunya dapat menjadi hal yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Tidak ada salahnya apabila kamu dapat mengambil foto, menulis jurnal perjalanan, atau pun merekam video tentang pengalaman pada saat berlibur di sana, sehingga nantinya bisa dilihat kembali sewaktu-waktu.

Mendokumentasikan setiap momen memang tidak menjadi masalah, namun kamu jangan sampai terlalu fokus untuk melakukan hal tersebut sampai sampai tidak bisa menikmati momen liburan yang ada. Pastikan untuk bisa menemukan keseimbangan antara mengabadikan dan juga menikmati liburan, sehingga nantinya akan tetap menjadi hal yang berkesan dan memberikan kenangan yang indah pada perjalanan liburanmu.

4. Nikmati setiap perjalanan yang dilakukan

Sering kali perjalanan yang dilakukan di destinasi liburan memang menjadi hal yang sangat menarik, namun sebetulnya bukan itu yang menjadi fokus utama. Alih-alih terburu-buru untuk sampai ke tempat tujuan, tentu akan jauh lebih baik apabila kamu dapat menikmati setiap momen yang dihabiskan dalam perjalanan tersebut.

Jika kamu menaiki kereta, pesawat, atau pun mobil, maka coba nikmati pemandangan sepanjang jalan atau pun berinteraksi dengan para wisatawan lainnya, sehingga dapat menikmati ketenangan tersendiri. Pengalaman tersebut lah yang sering kali dapat memberikan perspektif baru dan juga membuat momen liburanmu jadi semakin berkesan.

5. Matikan HP dan fokuskan diri untuk menikmati momen yang ada

Banyak orang yang seringkali sibuk dengan HPnya pada saat berlibur, padahal sebetulnya hal ini tidak tepat untuk dilakukan. Sebaiknya kamu dapat benar-benar fokus pada setiap momen yang ada dan meminimalisir penggunaan HP untuk jangka waktu yang terlalu lama, sehingga tidak mudah terdistraksi.

Mungkin kamu bisa mematikan notifikasi HP atau pun mengurangi waktu yang dihabiskan di media sosial, sehingga bisa lebih fokus terhadap lingkungan sekitar dan juga orang yang ada bersamamu. Setidaknya jika kamu tidak terdistraksi dengan HP, maka bisa menikmati setiap detik dari liburan tersebut, serta memberikan kenangan yang bermakna agar nantinya dapat membuat liburanmu semakin berkesan.

Mengikuti tips-tips di atas dapat membantumu untuk memeroleh liburan yang menyenangkan dan berkesan. Terpenting adalah merencanakan setiap momen liburan dengan baik, serta menikmatinya agar dapat memberikan kenangan yang tak terlupakan. Jangan sampai sibuk dengan media sosial pada saat berlibur!

Baca Juga: 5 Trik untuk Menghemat Waktu saat Melakukan Wisata di Kota Besar

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya