TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ciri Charger HP yang Palsu, Jangan Terkecoh!

Menggunakan charger palsu bisa merusak HPmu

ilustrasi charger (unsplash.com/Mika Baumeister)

Intinya Sih...

  • Memilih charger HP asli penting untuk keamanan dan kinerja maksimal HPmu.
  • Charger palsu biasanya dibanderol dengan harga murah yang tidak masuk akal.
  • Kemasan, bobot, material, dan daya charger dapat membedakan antara charger asli dan palsu.

Memilih charger HP yang asli ternyata menjadi satu hal penting yang harus kamu perhatikan dengan seksama, sebab sangat dibutuhkan untuk mengisi daya. Tidak heran apabila kamu disarankan untuk memilih charger HP yang asli agar dapat menjaga keamanan dan juga kinerja HPmu secara maksimal, sehingga tak mudah mengalami kerusakan khususnya pada bagian baterai.

Saat ini sudah banyak sekali tersebar charger HP palsu yang justru dapat menyebabkan bahaya pada baterai apabila digunakan sembarangan seperti misalnya kebakaran atau ledakan, sehinga perlu kamu antisipasi. Kamu bisa mengenali charger palsu melalui beberapa ciri berikut ini, sehingga nantinya tidak akan sampai salah dalam membeli.

1. Harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal

Tanda yang paling terlihat dari charger palsu adalah harganya yang dibanderol sangat murah, bahkan terkesan tidak masuk akal sama sekali. Perlu dipahami bahwa charger palsu biasanya memang akan dijual dengan harga yang jauh di bawah charger asli, bahkan harganya pun terkesan tidak masuk akal sama sekali.

Jika kamu menemukan charger dengan harga yang terlalu murah, maka kamu perlu curiga bahwa barang tersebut palsu. Selain itu, produsen charger asli pun akan menetapkan harga yang sudah disesuaikan dengan kualitas dan standar keselamatan yang ada, sehingga menunjukkan bahwa kualitasnya benar-benar baik.

2. Kemasan yang tidak resmi

Pada saat membeli charger biasanya akan selalu ada kemasan yang membungkus aksesoris tersebut dan kamu dapat memperhatikannya untuk melihat kualitas yang dimilikinya. Kemasan charger asli biasanya terbungkus dengan sangat rapi dan memiliki label atau pun logo informasi yang dapar dikenali dengan sangat mudah.

Sayangnya charger palsu justru tidak memiliki kemasan yang rapi, bahkan menggunakan kemasan yang murah dan mudah sekali mengalami kerusakan. Selain itu, bisa jadi terdapat kesalahan dalam ejaan dan juga kekeliruan logo yang terlihat tidak tepat. Kamu juga bisa mengecek sertifikasi keselamatan atau informasi produsen secara jelas, sehingga bisa membedakan antara charger asli dan charger palsu.

3. Bobot charger terasa ringan

Charger asli dan charger palsu biasanya memiliki perbedaan tersendiri dari bobot yang dapat kamu bedakan secara mudah. Umumnya charger asli akan terasa lebih berat karena menggunakan komponen dengan kualitas yang bagus, serta memiliki komponen keselamatan tambahan yang ada di dalamnya dan tentu saja akan lebih aman untuk digunakan.

Sebaliknya charger palsu sering kali terasa lebih ringan karena memang terbuat dari komponen yang murah, serta kurang aman untuk digunakan. Perbedaan bobot inilah yang menjadi salah satu cara untuk membedakan antara charger asli dan charger palsu, sehingga kamu perlu benar-benar mengeceknya terlebih dahulu agar tidak sampai salah dalam memilih.

4. Daya pengisian yang tidak stabil

Salah satu risiko yang cukup serius dari pengguna charger palse adalah dayanya yang tidak stabil pada saat digunakan untuk mengisi HP. Charger palsu sering kali tidak dapat memberikan daya optimal saat digunakan, sehingga dapat menyebabkan charger tersebut berjalan dengan lambat, cenderung cepat panas, atau bahkan berpotensi perangkatmu.

Cara untuk mengetahui apakah memang daya tersebut berjalan dengan lancar adalah dengan memeriksa seberapa panas charger pada saat digunakan, sehingga kamu dapat melihat apakah memang pengisian baterainya berjalan dengan lambat atau tidak. Jika memang kamu mengalami yang digunakan palsu, sehingga sebaiknya dapat mengganti charger dengan yang baru dan original.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Smartphone 5G di Bawah Rp3 juta, Berminat?

Verified Writer

Marcel Arumi

Tetap semangat dan jangan menyerah!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya