Gol Tunggal Rasyid Bakri Antar PSM Makassar Menang Atas Bali United

Menekan sejak menit awal pertandingan

Makassar, IDN Times - PSM Makassar sukses memetik tiga poin penuh setelah menaklukkan Bali United dengan hasil akhir 1-0. Bermain di kandang sendiri, Stadion Mattoanging, Sabtu (23/11), tuan rumah tampil menekan sejak awal pertandingan.

Rasyid Bakri membawa keunggulan pertama untuk PSM. Golnya pada menit ke-11 tercipta melalui umpan melengkung Taufik Hidayat dari sektor kanan pertahanan tim tamu. Bola lepas menuju kotak penalti disambar dengan sentuhan kaki kanan pemain mungil tersebut.

Pelatih Kepala PSM Darije Kalezic mengungkapkan, keunggulan itu jelas membangkitkan rasa percaya diri seluruh pemain. "Kita menguasai pertandingan, mendominasi sepanjang babak pertama dan itu bisa kita lakukan sampai kemenangan kita pertahankan sampai detik terakhir," kata Darije usai pertandingan.

1. Kekurangan pemain inti dianggap pelatih tak menyurutkan semangat tim

Gol Tunggal Rasyid Bakri Antar PSM Makassar Menang Atas Bali UnitedPelatih Kepala PSM Darije Kalezic didampingi pemain Rizky Pellu usia pertandingan menghadapi Bali United di Stadion Mattoanging, Sabtu (23/11) / Istimewa

Dalam pertandingan itu, Juku Eja tak diperkuat sejumlah pemain intinya. Mulai dari sektor tengah pengatur Wiljan Pluim harus absen hingga akhir musim karena bergelut dengan cedera. Menyusul Marc Klok dan Aaron Evans yang terkena akumulasi kartu, hingga dua pemain muda Asnawi Mangkualam dan Firza Handika yang harus memperkuat Timnas U-23.

Hingga Rivky Mokodompit dan Zulham Zamrun yang absen karena larangan bermain tiba-tiba. Darije menyebut, kondisi tim yang tak sepenuhnya berada dalam komposisi lengkap bisa mengimbangi bahkan melebihi permainan tim lawan.

Semangat juang yang tinggi, menjadi modal utama untuk memotivasi seluruh pemain yang ada. "Kita main dengan sepuluh persen saja kekuatan. Kita bisa memberikan permainan yang bagus dan kita layak untuk mendapatkan kemenangan itu," imbuhnya.

2. Penjaga gawang Hilmansyah tampil gemilang kawal pertahanan terakhir PSM Makassar

Gol Tunggal Rasyid Bakri Antar PSM Makassar Menang Atas Bali UnitedInstagram.com/hilman_syah97

Penjaga gawang Hilmansyah memberikan penampilan terbaiknya dalam pertandingan ini. Tampil gemilang di bawah mistar gawang, membuat tuan rumah mampu mempertahankan keunggulan tipis hingga akhir pertandingan.

Di babak kedua, kondisi sempat berbalik. Giliran pasukan Serdadu Tridatu tampil menekan. Lini belakang PSM yang mulai kendor dimanfaatkan dengan baik. Serangan demi serangan berupaya dibangun Fadil Sausu dan kawan-kawan.

Tendangan bebas sang kapten di menit ke-72 dimentahkan Hilmansyah. Kesempatan selanjutnya, kembali datang. Umpan Malvin Platje dari luar kotak penalti disambut Fadil Sausu kembali ditepis penjaga gawang.

Menyusul kembali peluang emas dari gelandang Bali United, Fahmi Al Ayubi yang juga digagalkan kiper Hilmansyah. Peluang demi peluang nyatanya belum membuat tim tamu mampu menyamakan keunggulan atas tuan rumah.

Baca Juga: 7 Momen & Fakta Serunya Pertandingan PSM Makassar vs Bali United

3. Darije umbar pujian kepada seluruh anak asuhnya

Gol Tunggal Rasyid Bakri Antar PSM Makassar Menang Atas Bali UnitedLiga-Indonesia.id

Kemenangan tipis ini dianggap Darije adalah momentum yang cukup krusial. Mengingat, timnya sedari awal sangat berambisi untuk memetik tiga poin penuh untuk memperbaiki kondisi dalam klasemen sementara.

Darije mengapresiasi kerja keras seluruh anak asuhnya yang dianggap militan berjuang sepanjang pertandingan. "Ini sebuah hal sangat saya banggakan. Pemain saya layak mendapatkan ucapan terima kasih dari kita semua. Begitupun dengan semua pendukung," ungkapnya.

Saat ini tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur ini menempati peringkat kelima dengan mengantongi 42 poin. Namun, Bali United tetap berjaya di puncak klasmen dengan torehan 57 poin.

Baca Juga: Catatan 5 Pertemuan Terakhir PSM vs Bali United: Bukan Milik Juku Eja

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya