Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025

Juku Eja telah memenuhi slot pemain asing untuk Liga 1

Penambahan kuota menjadi delapan pemain asing pada kompetisi Liga 1 musim 2024/2025 membuat banyak tim mendapatkan kesempatan untuk berbenah lebih baik. Contohnya PSM Makassar yang musim lalu hanya berada di peringkat ke 11.

PSM Makassar bergerak cepat untuk mengunci delapan pemain asing untuk menjalani musim depan. Banyaknya pemain lokal dan juga asing yang hengkang dari tim musim lalu, bakal menghadirkan suasana baru di tim asuhan Bernardo Tavares.

Berikut ini delapan pemain asing Juku Eja yang dipersiapkan untuk mengarungi Liga 1 musim 2024/2025. Yuk, simak profil singkatnya!

Baca Juga: Girangnya Nermin Haljeta Cetak Brace saat Debut di PSM

1. Yuran Fernandes

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025kenzo (kiri), pluim (tengah), yuran (kiri) saat psm merayakan juara liga 1 (instagram.com/yur4anfernandes)

Pemain bertahan yang mempunyai postur setinggi 198 cm ini akan menjalani musim ketiganya bersama PSM. Salah satu pemain yang sudah sering diandalkan oleh pelatih Bernardo Tavares selama 2 musim sebelumnya untuk menjaga lini pertahanan sekaligus membantu mencetak gol karena postur tubuh yang menjulang.

Perpanjangan kontrak hingga tahun 2026 memperpanjang masa bakti Yuran di tim yang dijuluki Juku Eja. Yuran musim ini akan menyentuh umur 30 tahun dan masih memiliki masa bermain sepak bola yang masih relatif lama.

2. Aloisio Soares

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025Aloisio Soares saat meraih gelar potm bersama tim coimbra di liga portugal (instagram.com/asoaresn97)

PSM mendatangkan pemain bertahan baru yang di proyeksikan untuk menemani Yuran di lini belakang. Soares didatangkan dari klub kasta ketiga Portugal Coimbra fc. Kedatangan Soares akan sangat menambah opsi bagi pelatih Bernardo Tavares untuk menemani Yuran di posisi belakang.

Neto menjadi pilihan utama di Coimbra musim lalu dengan total bermain sebanyak 26 pertandingan dan melesatkan 2 gol. Statistik ini jelas sangat membuat Pelatih Bernardo Tavares yakin untuk membawanya ke PSM. Berusia lebih muda dari Yuran membuat Neto bisa belajar banyak dari seniornya tersebut.

3. Victor Luiz

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025victor luiz di peresmianya sebagai pemain psm (instagram.com/victorluiz97_)

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini pernah mendapatkan panggilan tim nasional Brazil U-20. Walaupun tidak dimainkan, tapi membuktikan pemain ini pemain yang spesial.

Didatangkan langsung dari tim kasta teratas liga Malta yaitu Valletta, Luiz harus membuktikan dirinya pantas bermain di PSM. Karena jarang sekali klub Indonesia yang mendatangkan pemain asing berposisi bek kiri.

Bermain total sebanyak 25 kali bersama Valletta di liga Malta dan berhasil mendapatkan 1 gol dan 5 assist membuktikan bahwa ia bisa menjadi pencipta kesempatan untuk mencetak gol. Luiz masih berusia 26 tahun dan masih bisa sangat berkembang jauh menjadi lebih baik.

4. Latyr Fall

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025latyr fall saat berlatih bersama tim kapaz pfk (instagram.com/latyrfal)

Latyr Fall satu-satunya pemain asing PSM yang berposisi sebagai gelandang tengah. Ini menjelaskan bahwa pelatih Bernardo Tavares sangat percaya dengan kemampuan gelandang asal senegal ini, yang sebelumnya memperkuat tim kasta teratas Azerbaijan Kapaz PFK.

Fall menjadi pilihan utama saat berkarir di Kapaz PFK dengan tampil sebanyak 30 pertandingan dan mencatatkan 3 gol dan 2 assist. Pada Piala Presiden 2024, Fall bermain 3 kali dan telah mendapatkan gol pertamanya. Fall diproyeksikan menggantikan posisi yang telah ditinggalkan oleh Wiljan Pluim.

5. Daisuke Sakai

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025daisuke sakai saat mendapatkan penghargaan " goal of the month" di liga india (instagram.com/indiansuperleague)

Pemain Jepang yang sebelumnya berkarier di tim raksasa India Kerala Blaster dan berposisi sebagai penyerang kiri ini melupakan pemain yang rutin dipanggil oleh timnas Jepang. Dari U-16 hingga U-2, di sudah memiliki 40 pertandingan bersama timnas Jepang kelas umur dan mencetak 4 gol.

Sakai sedang berada di usia primanya sebagai pemain sepak bola di umur 27 tahun. Selama semusim bermain di tim Kerala Blaster ia bermain sebanyak 24 pertandingan dan mencatatkan 3 gol dan 2 assist. Kehadiran Sakai bisa menambah opsi di lini depan PSM yang bisa mencatatkan gol dan juga memberikan assist.

6. Adilson Silva

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025adilson silva saat berseragam psm makassar (dok psm makassar)

Salah satu pemain yang dimiliki oleh PSM dari musim sebelumnya yang berposisi sebagai penyerang tengah. Adilson asal Portugal kembali diberi kesempatan oleh pelatih Bernardo Tavares untuk memimpin lini serang PSM. Pemain berpostur 191 cm ini memiliki kelebihan duel udara dan juga dikenal memilki akselerasi yang cepat.

Pemain yang telah bermain sebanyak 37 pertandingan bersama PSM musim lalu dan mencatatkan 11 gol dan 3 assist ini akan kembali mencoba peruntungan untuk membuat pelatih Bernardo Tavares terkesima. Karena ia bukan satu-satunya penyerang tengah asing yang dimiliki tim yang dijuluki juku eja ini.

7. Nermin Haljeta

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025haljeta saat berada di runag ganti (instagram.com/hale8_)

Pemain dengan postur tinggi lainnya yang didatangkan oleh pelatih Bernardo Tavares adalah Haljeta. Penyerang tengah dengan postur 195 cm asal slovenia ini akan memperebutkan posisi dengan Adilson yang tampil cukup apik bersama PSM musim sebelumnya. Ia didatangkan dari tim kasta kedua Austria yaitu FAC.

Sebelum didatangkan oleh FAC saat transfer musim dingin, Haljeta sempat bermain bersama NK Rogaska, tim kasta kedua slovenia. Dia sempat bermain 2 kali sebelum hijrah ke tim kasta kedua Austria dan mencatatkan total 29 kali bermain dan mendapatkan 7 gol dan 8 assist. Hadirnya Haljeta memungkinkan PSM untuk memasang 2 penyerang tengah sekaligus.

8. Tito Okello

Mengenal 8 Pemain Asing PSM Makassar di Musim 2024/2025tito okello di sesi latihan bersama psm makassar (instagram.com/okellotito9)

Pemain terakhir yang didatangkan oleh PSM masih berada di posisi penyerang juga yaitu Okello. Beda dengan dua penyerang tengah lainnya Okello bisa bermain di semua posisi depan, mau itu sebagai penyerang tengah ataupun penyerang kanan dan kiri. Ia didatangkan dari tim kasta teratas liga Kenya yaitu Kenya Police dan merupakan pemain timnas Sudan Selatan.

Okello sudah memiliki 16 penampilan bersama timnas Sudan Selatan dan telah mencetak 4 gol. Kehadiran Okello di posisi depan membuat pelatih Bernardo Tavares memiliki banyak opsi pemain. Belum lagi beberapa pemain lokal yang juga siap bersaing.

Pelatih Bernardo Tavares yakin dengan kombinasi pemain lokal sekaligus pemain asing yang didatangkan untuk musim ini. Bagaimana menurutmu, seberapa besar peran para pemain asing untuk mendongkrak prestasi PSM?

Baca Juga: Bekuk Persis 3-0, Pelatih PSM Sebut Lini Belakang Mulai Membaik

Muhammad Zaki Photo Community Writer Muhammad Zaki

Coba coba aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya