TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

ACC: PSM Vs Shan United, Ambisi Juku Eja Putus Puasa Menang

Poin penuh akan sangat berarti bagi kubu tuan rumah

Para pemain PSM Makassar dalam sesi official training jelang laga ASEAN Club Championship 2024/25 di Stadion Batakan Balikpapan pada Selasa 24 September 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Makassar, IDN Times - PSM Makassar masih dalam kondisi timpang saat hadapi Shan United di matchday kedua fase grup ASEAN Club Championship 2024/25. Berjumpa dengan tamu asal Myanmar tersebut, sang tuan rumah masih tetap tanpa sejumlah pilar penting.

Meski Yuran Fernandes sudah pulih dari cedera, tetap saja pelatih kepala Bernardo Tavares harus memutar otak demi menyiasati masalah kelelahan. Jadwal padat memang memberi dampak signifikan, sehingga rotasi akan dilakukan.

Namun, PSM tetap mengusung misi menang demi mendaki papan klasemen sementara Grup A. Saat ini mereka berada di posisi 4 dengan koleksi 1 poin, sedangkan Shan United berstatus sebagai juru kunci.

Shan United juga melawat ke Stadion Batakan Balikpapan dengan rasa percaya diri. Mereka datang dengan para pemain andalan, dan yakin bisa merepotkan salah satu wakil Indonesia di kejuaraan antarklub Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga: ACC: Hadapi Shan United, Pelatih PSM Enggan Remehkan Tamu

1. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, masih dipusingkan dengan masalah finishing

Jelang duel ini, juru taktik PSM yakni Bernardo Tavares tetap dipusingkan dengan masalah ketajaman para penyerang. Pasalnya, mereka sama sekali tidak mencetak gol dalam tiga laga terakhir.

Mengasah finishing masih menjadi fokus Yuran Fernandes dan kawan-kawan jelang laga ini, demi memutus puasa kemenangan dalam tiga laga terakhir. Poin penuh akan kembali mendongkrak mental para pemain.

"Meskipun kita punya pertahanan yang bagus, kita tidak bisa menang jika tidak mencetak gol. Memang kita cuma kalah di satu pertandingan. Tapi jika tidak mencetak gol dan tidak akurat saat menembak, ini jelas tidak bagus bagi kita," ungkap pelatih asal Portugal tersebut dalam sesi jumpa pers pada Selasa kemarin (24/9/2024).

Tavares sendiri sudah mempelajari strategi Shan United. Ia bahkan meminta anak asuhnya bisa membongkar pertahanan kuat sang lawan, termasuk menghindari kemungkinan bobol lebih dulu.

2. Shan United mewaspadai para pemain kubu tuan rumah yang memiliki postur tinggi

Sementara itu, Hiroki Ono dari kubu Shan United sudah mempersiapkan anak asuhnya utnuk pertandingan ini. Mereka berharap mampu mendulang hasil positif dalam lawatan pertama ke Balikpapan. Tapi, ia sangat mewaspadai para pemain PSM yang memiliki postur tinggi sehingga berbahaya dalam duel udara.

"Saya agak khawatir dengan postur tinggi pemain PSM, sedangkan pemain saya tidak memiliki tinggi yang sama. Tapi itu tidak mematikan semangat para pemain dan mereka tetap percaya diri berkat latihan yang mereka jalani selama ini," ujar pelatih asal Jepang tersebut dalam kesempatan terpisah.

Shan United sendiri memboyong seluruh pemain andalan mereka untu laga ini. Ada beberapa pilar Timnas Myanmar yakni kiper Kyaw Zin Phyo plus duo bek Nanda Kyaw serta Zwe Khant Min.

Turut pula Mark Sekyi (Ghana) dan Efrain Rintaro (Brasil). Dua pemain asing tersebut sudah mengemas total 9 gol di kompetisi dalam negeri, serta jadi pilar kunci dalam keberhasilan Shan United memimpin klasemen sementara Liga Myanmar 2024/25.

3. Shan United baru sekali berjumpa dengan PSM Makassar di ajang resmi

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-4-3)

Hilmansyah (GK); Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes, Aloisio Soares; Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Latyr Fall, Dzaky Asraf; Ricky Pratama, Nermin Haljeta, Tito Okello

Shan United (4-3-3)

Kyaw Zin Phyo (GK); Nanda Kyaw, William Nyakwe, Zwe Khant Min, Hein Phyo Win; Myo Ko Tun, Thet Hein Soe, Mark Sekyi; Moussa Bakayoko, Efrain Rintaro, Khun Kyaw Zin Hein

Catatan pertemuan sebelumnya :

26/10/2020 PSM 3-1 Shan United (AFC Cup)

Apakah Pasukan Ramang bisa memutus puasa kemenangan di laga ini? Saksikan pertandingan matchday kedua ASEAN Club Championship 2024/25 antara PSM Makassar versus Shan United pada Rabu malam ini (25/9/2024), pukul 19.00 Wita.

Baca Juga: Tampil Dominan, Pelatih PSM Kecewa Timnya Ditahan Imbang PSIS

Berita Terkini Lainnya