Persija Vs PSM: Saatnya Pasukan Ramang Memutus Tren Negatif!

Macan Kemayoran mengusung misi tiga poin di Bantul

Intinya Sih...

  • Persija Jakarta ditantang oleh PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul.
  • Persija ingin mengakhiri tren negatif selama tiga laga terakhir dan mendaki papan klasemen.
  • PSM Makassar berada di peringkat 5 klasemen sementara BRI Liga 1 2024/25 dengan perolehan 11 poin.

Makassar, IDN Times - Laga klasik era Perserikatan tersaji dalam pekan ketujuh BRI Liga 1 2024/25. Persija Jakarta akan ditantang oleh tim tamu PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Minggu malam ini (29/9/2024). Yang unik, kedua kubu sama-sama dilanda tren negatif dalam tiga pertandingan terakhir.

Persija baru saja dibekuk 2-0 oleh rival abadi Persib pada Senin lalu (23/9/2024). Alhasil sejauh ini mereka sudah menderita dua kekalahan dan sekali imbang. Selain itu, Firza Andika dipastikan absen akibat hukuman dua kartu kuning kala berjumpa Pangeran Biru.

PSM sendiri bernasib lebih baik, yakni hanya sekali kalah plus dua kali imbang. Kemenangan atas Shan United di ASEAN Club Championship, Rabu lalu (25/9/2024), diharap bisa mendongkrak mental bertanding yang sempat menukik.

1. PSM Makassar melawat ke Bantul dengan masalah badai cedera dan kelelahan

Persija Vs PSM: Saatnya Pasukan Ramang Memutus Tren Negatif!Para pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Sultan Agung Bantul, DI Yogyakarta, Sabtu 28 September 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Meski berlabel duel klasik, pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares berharap tak muluk-muluk. Ia hanya ingin anak asuhnya bisa memberi performa terbaik tanpa mengalami cedera. Absennya sejumlah pemain untuk jalani pemulihan membuat pilihan starter semakin terbatas. Alhasil, ia harus memutar otak.

"Persija mereka unggul jumlah hari untuk persiapan ketimbang kita. Dan kita dilanda badai cedera dan ada beberapa pemain yang baru pulih, sehingga skuat kita tidak bisa 100 persen," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Sabtu kemarin (28/9/2024).

"Saya berharap besok akan menjadi pertandingan yang seru, sebab kita akan menghadapi tim yang bagus," imbuh juru taktik asal Portugal tersebut.

Rotasi mencolok sendiri berpotensi terjadi di lini depan Pasukan Ramang. Nermin Haljeta dan Ricky Pratama kemungkinan absen akibat cedera yang dialami saat berjumpa Shan United. Beberapa nama pengganti pun disiapkan seperti Tito Okello, Andy Harjito yang baru pulih, atau bahkan Dzaky Asraf jika digeser ke depan.

2. Persija Jakarta mengusung misi menang demi menebus rentetan hasil negatif

Persija Vs PSM: Saatnya Pasukan Ramang Memutus Tren Negatif!Para pemain Persija Jakarta dalam sesi official training di Stadion Sultan Agung Bantul, DI Yogyakarta, pada Sabtu 28 September 2024. (Instagram.com/persija)

Sementara itu, Persija mantap mengusung misi menang saat berjumpa anak-anak Makassar. Mereka ingin mengakhiri tren negatif selama tiga laga terakhir, dan mendaki papan klasemen. Kendati tak bisa menjamu PSM di Jakarta International Stadium dan tanpa penonton, masa persiapan yang lebih panjang jadi modal utama untuk Witan Sulaeman dan kawan-kawan.

"Persiapan kami berjalan bagus. Kami melakukan recovery beberapa pemain agar semakin bugar untuk laga besok (hari ini, red). Semoga jadi pertandingan yang bagus dan bisa meraih tiga poin," ucap pelatih kepala Persija, Carlos Pena, dalam kesempatan terpisah.

"Kami akan menurunkan permainan terbaik. Kami pun memiliki pemain di bench yang pastinya akan membantu di pertandingan. Penting untuk kami agar bermain dengan rasa 'lapar', penuh ambisi, mencoba bermain dengan level terbaik, dan dengan kepercayaan diri," jelas sosok asal Spanyol tersebut.

Macan Kemayoran sendiri dipastikan langsung memainkan para pemain andalan sejak menit pertama. Sebut sajak bek tengah Rizky Ridho, gelandang serang Ryo Matsumura, winger Witan Sulaeman serta Gustavo sebagai ujung tombak.

3. Macan Kemayoran belum sekalipun kalah dari Juku Eja dalam lima pertemuan terakhir

Persija Vs PSM: Saatnya Pasukan Ramang Memutus Tren Negatif!Para pemain Persija Jakarta merayakan gol ke gawang PSM Makassar dalam laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2023/24 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada 3 November 2023. (Dok. Ofisial Persija Jakarta)

PSM Makassar sedang berada di peringkat 5 klasemen sementara BRI Liga 1 2024/25 dengan perolehan 11 poin. Sementara itu, Persija Jakarta belum beranjak dari posisi 12 lantaran baru mendapat 8 poin dari 6 pertandingan.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persija Jakarta (4-3-3)

Carlos Eduardo (GK); Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Dia Syayid; Resky Fandi, Maciej Gajos, Ryo Matsumura; Witan Sulaeman, Gustavo, Riko Simanjuntak

PSM Makassar (3-4-3)

Hilmansyah (GK); Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes, Aloisio Soares; Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Latyr Fall, Victor Luiz; Abdul Rahman, Adilson da Silva, Tito Okello

Catatan lima pertemuan terakhir :

03/11/2023 PSM 2-3 Persija (Liga 1)

03/07/2023 Persija 1-1 PSM (Liga 1)

25/01/2023 Persija 4-2 PSM (Liga 1)

05/08/2022 PSM 1-1 Persija (Liga 1)

21/03/2022 Persija 3-1 PSM (Liga 1)

Siapa yang berhasil memetik poin penuh di Bantul? Saksikan pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2024/25 antara Persija Jakarta versus PSM Makassar, Minggu malam ini (29/9/2024) pukul 20.00 Wita.

Baca Juga: Harapan Sederhana Pelatih PSM di Laga Klasik Versus Persija

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya