Winger PSM Makassar Dzaky Asraf Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23

Jadi andalan Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 tahun lalu

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengirim satu pemainnya untuk persiapan Piala Asia U-23 2024. Ia adalah pemain sayap jebolan tim U-18, Dzaky Asraf, yang sempat bergabung dengan Timnas U-20.

Nama Dzaky tercantum dalam daftar 28 pemain pilihan pelatih kepala Shin Tae-yong yang diumumkan PSSI melalui situs resminya pada Senin (1/4/2024) pagi. Para penggawa Garuda Muda sendiri sudah berkumpul di Jakarta sejak Minggu (31/3/2024) kemarin.

1. Dzaky Asraf menjadi andalan Shin Tae-yong pada ajang Piala Asia U-20 di Uzbekistan tahun lalu

Winger PSM Makassar Dzaky Asraf Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23Winger PSM Makassar, Dzaky Asraf, saat tiba di Surakarta bersama tim pada Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Ini memang jadi pemanggilan pertama Dzaky Asraf untuk tahun ini. Ia sempat membuka peluang jelang Piala AFF 2023, saat namanya masuk dalam daftar pemain Timnas Senior yang jalani pemusatan latihan di Bali. Sayang Dzaky tak terpilih ke skuat utama.

Namun, ini jadi panggilan negara keenam (termasuk Timnas kelompok umur) yang diterima Dzaky. Sebelumnya, anak muda kelahiran Mamasa tersebut jadi pilihan utama Shin Tae-yong dalam ajang Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan tahun lalu.

2. Sudah tampil sebanyak 26 kali di semua ajang bersama Juku Eja musim ini

Winger PSM Makassar Dzaky Asraf Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23Winger PSM Makassar Dzaky Asraf dalam sesi latihan rutin di Stadion Kalegowa Gowa pada Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Winger berusia 21 tahun tersebut sudah tampil sebanyak 26 kali bersama PSM Makassar di semua ajang musim 2023/24, dengan 20 diantaranya sebagai starter. Total waktu bermain Dzaky sendiri mencapai 1.760 menit.

Meski belum mencetak gol, ia sudah menyumbang tiga asis. Satu pada laga pekan ke-18 kontra Persija Jakarta dan dua lainnya di pekan ke-28 saat Juku Eja menekuk PSS Sleman dengan skor 2-1 di Balikpapan.

Baca Juga: PSM Vs Borneo FC, Lini Belakang Juku Eja Pincang di Battle of Batakan

3. Timnas U-23 akan jalani pemusatan latihan di Uni Emirat Arab sebelum berangkat ke Qatar

Winger PSM Makassar Dzaky Asraf Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23Para pemain Timnas Indonesia U-23 saat mendapat motivasi dari Ketum PSSI Erick Thohir di hotel tempat menginap, Minggu 31 Maret 2024. (Dok. PSSI.org)

Timnas U-23 langsung berangkat ke Uni Emirat Arab pada hari Senin (1/4/2024) ini lalu jalani pemusatan latihan selama 10 hari. Selama training camp di Dubai, mereka akan melakukan uji coba melawan Arab Saudi U-23 dan Uni Emirat Arab U-23.

Piala Asia U-23 berlangsung di Qatar dari 15 April hingga 3 Mei mendatang. Dalam turnamen ini, Indonesia tergabung di Grup A bersama tim tuan rumah, Australia serta Yordania.

Baca Juga: Ditahan Imbang Borneo FC, Pelatih PSM Sebut Timnya Layak Menang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya