Warna PSM Makassar dalam Skuat Timnas di Piala Asia 2023

Ada empat nama yang berkaitan erat dengan skuat Juku Eja

Makassar, IDN Times - Timnas Indonesia siap mengarungi kerasnya persaingan di Piala Asia 2023. Berlangsung di Qatar sejak Jumat kemarin (12/1/2024), Merah Putih kembali tampil dalam ajang tingkat benua setelah absen selama 17 tahun.

Sudah ada 26 nama dalam skuat inti diumumkan pelatih kepala Shin Tae-yon pada Kamis kemarin (11/1/2024). Di antara daftar tersebut, terdapat empat nama yang memiliki relasi erat dengan PSM Makassar. Berikut ini IDN Times membahasnya secara singkat untuk pembaca.

Baca Juga: Kiper PSM Ardiansyah Diskors Dua Pertandingan, Denda Rp75 Juta

1. Asnawi Mangkualam Bahar, kapten Timnas kelahiran Makassar

Warna PSM Makassar dalam Skuat Timnas di Piala Asia 2023Aksi kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, saat berduel dengan Marcos Acuna (IDN Times / Tata Firza)

Membuka daftar pendek ini adalah Asnawi Mangkualam, bek kanan yang didapuk sebagai kapten tim. Saat ini statusnya adalah free agent atau tanpa klub karena baru saja dilepas oleh klubnya yakni Jeonnam Dragons.

Asnawi adalah produk asli pembinaan pemain muda di Kota Makassar. Sempat memperkuat Persiba Balikpapan pada musim 2016, ia kemudian direkrut PSM pada tahun 2017. Bersama Juku Eja, ia melejit menjadi pemain belakang yang tangguh. Kendati demikian, Asnawi kemudian dibeli oleh klub Korea Selatan yakni Ansan Greeners.

Tampil cemerlang bersama PSM di musim 2017, ia mulai dipanggil memperkuat Timnas Senior oleh Luis Milla. Sejak saat itu, Asnawi menjadi langganan Merah Putih. Total jumlah penampilannya sudah mencapai 36 kali, mencetak 1 gol dan 6 asis.

2. Marc Klok, gelandang pengangkut air yang melejit di musim 2017

Warna PSM Makassar dalam Skuat Timnas di Piala Asia 2023Pemain Timnas Indonesia yakni Marc Klok (kiri) dan Ramadhan Sananta (kanan) dalam sesi latihan di Antalya, Turki, 27 Desember 2024. (Dok. PSSI.org)

Selanjutnya ada Marc Klok, gelandang Persib Bandung yang menjadi WNI pada November 2020. Sosok 30 tahun tersebut sebelumnya memperkuat Ross County (2013-14), Cherno More (2014-16), Oldham Athletic (2016) dan Dundee FC (2017).

Enam bulan bertualang di Liga Skotlandia, Klok kemudian merantau ke Indonesia dengan menerima tawaran PSM pada tahun 2017. Berseragam merah marun hingga musim 2019, ia mencatatkan 100 penampilan dan 17 gol. Klok pun turut andil dalam keberhasilan PSM menjadi kampiun Piala Indonesia 2018-19.

Jebolan Jong Utrecht tersebut baru mendapat panggilan ke Timnas pada Mei 2022, saat Indonesia beruji coba melawan Bangladesh. Sejak itu, Klok sudah tampil dalam 19 pertandingan Timnas serta mengoleksi 4 gol.

3. Ramadhan Sananta, striker muda yang menemukan taji bersama PSM

Warna PSM Makassar dalam Skuat Timnas di Piala Asia 2023Striker Timnas U-23, Ramadhan Sananta. (Dok. PSSI).

Ramadhan Sananta banyak dibicarakan sejak musim lalu. Tak cuma karena kemampuan finishing-nya, tapi juga harapan banyak pihak agar anak muda kelahiran Kepulauan Riau tersebut menjadi sosok striker murni andalan Timnas.

Sempat merumput setengah musim bersama Persikabo 1973, ia lolos trial PSM Makassar jelang musim 2022-23. Pelatih kepala Bernardo Tavares menyulapnya sebagai striker lincah yang mematikan. Dalam 28 penampilannya bersama Juku Eja, ia berhasil mencetak 11 gol. Sananta pun ikut mengantar PSM menyabet trofi juara Liga 1 2022-23.

Penampilan striker yang kini memperkuat Persis Solo tersebut tak membuat Shin Tae-yong berpikir dua kali untuk memanggilnya pada September 2022. Kini Sananta sudah tampil di 8 pertandingan dan menyumbang 4 gol.

4. Yakob Sayuri, talenta Papua yang bersinar bersama Pasukan Ramang

Warna PSM Makassar dalam Skuat Timnas di Piala Asia 2023Aksi Yakob Sayuri dalam laga uji coba Indonesia melawan Libya yang berlangsung di Titanic Mardan Stadium Antalya, Turki, Jumat 5 Januari 2024. (Dok. PSSI.org)

Sebagai penutup daftar ini tentu saja Yakob Sayuri, winger yang sudah memperkuat PSM Makassar sejak Februari 2020. Pertama kali diboyong saat masa kepemimpinan Bojak Hodak, ia semakin bersinar saat dipoles oleh Bernardo Tavares.

Yakob sudah mencatatkan 96 penampilan bersama Juku Eja di semua ajang, serta menyumbang 21 gol. Tak lupa, sosok kelahiran Kepulauan Yapen tersebut juga menyabet trofi Liga 1 2022-23. Kian istimewa lantaran ia merasakan kesuksesan itu bersama saudara kembarnya, Yance Sayuri.

Pemain 26 tahun tersebut debut di Timnas Senior pada Mei 2021, saat Indonesia beruji coba melawan Afghanistan. Kini Yakob sudah mengoleksi 16 caps bersama Merah Putih serta menyumbang 3 gol.

Tak cuma keempat pemain ini. Ada pula Jordi Amat serta Justin Hubner yang kakek-neneknya lahir di Makassar. Semoga sukses bersama Tim Garuda!

Baca Juga: 5 Alasan PSM Makassar Bisa Mengejutkan di Sisa Musim 2023-24

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya