Comscore Tracker

Tragedi Kanjuruhan, Dirut PSM: Ini Duka Mendalam Sepak Bola Kita

Tragedi #Kanjuruhan membawa duka mendalam bagi Indonesia

Makassar, IDN Times - Tragedi meninggalnya ratusan suporter di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang selepas laga pekan ke-11 antara Arema FC versus Persebaya Surabaya, Sabtu malam (1/10/2022), menjadi duka bagi sepak bola Indonesia. Ucapan belasungkawa juga datang dari Direktur Utama PT. PSM, Sadikin Aksa.

"Ini duka mendalam bagi dunia sepak bola kita. Kepada para korban, mari kita bersama-sama mendoakan agar mendapatkan tempat yang layak di sisi-Nya," ungkapnya saat membuka sesi konferensi pers yang berlangsung di Floom Cafe, Minggu pagi (2/10/2022).

1. Korban jiwa di Tragedi Kanjuruhan sudah mencapai 187 orang

Tragedi Kanjuruhan, Dirut PSM: Ini Duka Mendalam Sepak Bola KitaLogo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berdasarkan data terbaru, jumlah korban meninggal akibat tragedi Kanjuruhan sudah menembus 187 orang. Langkah yang ditempuh oleh PT. Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi dan PSSI adalah menunda seluruh pertandingan BRI Liga 1 2022-23 selama satu pekan.

Saat ditanya tentang keputusan pasca-tragedi memilukan itu, Sadikin siap dengan apapun yang diambil oleh PT. LIB dan federasi. "Kita tidak bisa apa-apa. Kita ikut saja apa arahannya," kata putra kandung pengusaha Aksa Mahmud tersebut.

2. Sadikin Aksa berharap kejadian ini jadi bahan evaluasi menyeluruh

Tragedi Kanjuruhan, Dirut PSM: Ini Duka Mendalam Sepak Bola KitaIDN Times/Dhana Kencana

Lebih jauh, Sadikin memanjatkan harapan agar insiden di Kanjuruhan ini menjadi bahan evaluasi mendalam dan menyeluruh, demi menghindari tragedi serupa tak terulang pada masa mendatang.

"Kejadian ini juga harusnya jadi catatan untuk PSSI dan PT. LIB untuk memperbaiki sisi keamanan. Bagaimana menciptakan stadion yang aman dan nyaman untuk suporter serta pemain," katanya.

"Semoga hikmah dari tragedi ini adalah seluruh pihak bisa memperbaiki sepak bola kita kedepannya," tutup Sadikin.

Baca Juga: Jokowi Minta PSSI Hentikan Sementara Liga 1 Imbas Tragedi Kanjuruhan

3. Laga tunda Barito Putera kontra PSM ditunda hingga batas waktu tak ditentukan

Tragedi Kanjuruhan, Dirut PSM: Ini Duka Mendalam Sepak Bola KitaPemain PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) berebut bola dengan tiga pemain Barito Putera dalam laga Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Sementara itu, laga tunda pekan keenam antara Barito Putera versus PSM Makassar pada Senin besok (3/10/2022) juga diputuskan ditunda hingga batas waktu yang tak ditentukan usai terjadinya tragedi Kanjuruhan di Malang. "Ini adalah hasil dari match coordination dengan pada siang tadi," jelas Sulaiman Abdul Karim, Media Officer PSM, dalam kesempatan terpisah.

Sule, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa surat keputusan dari PT. LIB dan PSSI sudah secara eksplisit menunda segala pertandingan Liga 1 sejak terbit pada Minggu pagi (2/10/2022). Wiljan Pluim dkk sendiri telah menginjakkan kaki di Banjarmasin sejak Sabtu kemarin (1/10/2022).

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Stafsus BPIP: Menghancurkan Nurani Kemanusiaan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya