Tavares Optimistis PSM Makassar Bisa Merangsek ke Papan Atas

Fokus kini dialihkan ke laga selanjutnya melawan Bali United

Makassar, IDN Times - Performa PSM Makassar hingga pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24 memang mengalami naik-turun. Meski begitu, sang pelatih kepala Bernardo Tavares optimis timnya bisa merangsek ke papan atas.

"Selangkah demi selangkah. Kita harus tetap rendah hati," ungkapnya seperti dikutip dari laman PT. Liga Indonesia Baru pada Selasa (13/2/2024).

"Kita baru mengumpulkan 32 poin. Kalau tidak bisa lebih, mungkin saja degradasi untuk kita. Jadi selangkah demi selangkah kerja," sambung pelatih asal Portugal.

1. PSM Makassar kini hanya berjarak 9 poin dari zona Championship Series

Tavares Optimistis PSM Makassar Bisa Merangsek ke Papan AtasSalah satu momen pertandingan pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus Persita Tangerang yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Minggu 4 Februari 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Muhammad Arfan dan kawan-kawan kini mulai merangkak dari papan tengah klasemen sementara. Berkat poin penuh yang dikantongi saat mengalahkan Persita Tangerang pada pekan ke-24, mereka kini berada di posisi ke-10 dengan perolehan 32 poin.

PSM Makassar kini hanya berjarak 9 angka saja dari empat besar atau zona Championship Series. Jika bisa tampil konsisten sepanjang 10 pertandingan terakhir Regular Series. Tapi, mereka mesti menghindari kekalahan sebisa mungkin untuk mengejar lantaran persaingan yang semakin ketat.

2. Persiapan jelang melawan Bali United langsung dikebut

Tavares Optimistis PSM Makassar Bisa Merangsek ke Papan AtasSalah satu momen laga uji coba PSM Makassar versus PS Polmas yang berlangsung di Stadion Kalegowa Pallangga, Sabtu 10 Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, Juku Eja langsung mengebut persiapan untuk laga pekan ke-25. Ini dilakukan lantaran masa persiapan dua pekan sebelum melawan Persita dianggap belum cukup. Mereka pun sudah beruji coba melawan jawara Liga 3 Sulawesi Barat, PS Polmas, Sabtu lalu (10/2/2024). PSM menang dengan skor telak 8-0.

"Kita harus bekerja keras di latihan agar kebugaran kita bisa meningkat. Termasuk juga kualitas operan, baik panjang dan pendek. Termasuk juga body shape saat duel perebutan bola," ungkap Tavares selepas laga versus Persita.

Baca Juga: PSM Makassar Lanjut Panaskan Mesin, Libas Tim Sulbar di Laga Uji Coba

3. Muhammad Arfan dan kawan-kawan sudah jalani enam laga tanpa kekalahan

Tavares Optimistis PSM Makassar Bisa Merangsek ke Papan AtasPemain PSM Makassar Adilson da Silva merayakan golnya ke gawang Persita Tangerang dalam laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/24 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Minggu 4 Februari 2024. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Tavares kini mengemban misi untuk menjaga rekor tak terkalahkan yang sudah berjalan dalam enam pertandingan terakhir. Mereka akan menjalani pekan ke-25 BRI Liga 1 2023/24 dengan menjamu tim papan atas Bali United FC di Stadion Batakan Balikpapan, Sabtu (24/2/2024) mendatang.

Bali United saat ini berada di peringkat 4 klasemen sementara dengan perolehan 41 poin. Catatan empat laga tanpa kekalahan Serdadu Tridatu baru saja dihentikan oleh Persik Kediri. Anak asuh Stefano Cugurra tersebut dibekuk Macan Putih dengan skor tipis 1-0 di pekan ke-24.

Baca Juga: Para Mantan PSM di Skuat Juara Liga 3 Sulsel 2023/24 Mangiwang FC

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya