Tahan Imbang Bali United 1-1, PSM Bawa Pulang Hasil Positif

Gol Irfan Jaya disamakan Juku Eja lewat gol bunuh diri

Makassar, IDN Times - PSM Makassar memetik hasil positif di leg pertama play-off perebutan tiket Liga Champions Asia 2023-24. Mereka bisa menahan imbang Bali United dengan skor 1-1 dalam lawatan ke Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa malam (6/6/2023).

Dari susunan pemain, PSM langsung memainkan rekrutan baru yakni Kike Linares. Ia diplot sebagai pengganti Yuran Fernandes yang duduk di bangku cadangan. Tapi selebihnya tidak ada perubahan berarti. Akbar Tanjung masih ditugaskan sebagai gelandang bertahan, dengan duo Everton - Pluim di sektor depan.

Sedangkan kubu tuan rumah belum menurunkan susunan tim terbaik. Bek muda Kadek Arel Priyatna dipercaya mengawal lini belakang bersama Haudi Abdillah. Di tengah, mereka menurunkan trio Nouri - Saimima - Bessa. Di bawah mistar gawang, kiper anyar Adilson Maringa jalani debut sebagai pemain Bali United.

Bali United langsung menekan sejak menit pertama. Peluang pertama mereka datang dari percobaan bek tengah Kadek Arel di menit ke-14, tapi masih melebar dari sasaran. Semenit berselang, crossing Ricky Fajrin kepada Ilija Spasojevic justru mengarah ke gawang PSM. Beruntung kiper Reza Arya bisa menepisnya.

Tim tuan rumah akhirnya membuka keunggulan di menit ke-16 lewat sepakan Irfan Jaya. Manfaatkan crossing Bessa, ia lepas dari kawalan bek-bek PSM yang lebih berfokus mengawal Spaso. Winger asal Bantaeng tersebut tak menyia-nyiakan peluang emas di depan gawang lawan.

Tertinggal 1-0, para pemain PSM lebih berfokus menjaga lini belakang. Ini membuat mereka sulit melakukan transisi bertahan ke menyerang. Tapi bukannya mereka tanpa peluang. Ada sundulan Pluim pada menit ke-26 yang melebar dari sasaran.

PSM sempat menjebol gawang Bali United pada menit ke-33. Everton mencetak gol usai menerima umpan tarik Yance Sayuri. Tapi, wasit Thoriq Alkatiri menganulirnya lantaran Yance sudah dalam posisi offside saat menyambut umpan terobosan Pluim.

Bali United kembali merepotkan bek-bek PSM emas empat menit berselang. Spaso, yang sudah berdiri bebas di bibir gawang, nyaris mencetak gol backheel. Sayangnya, umpan kiriman Bessa tak bisa ia belokkan lantaran terlalu deras. Skor 1-0 bertahan hingga masa turun minum.

Masuk babak kedua, PSM melancarkan pressing lebih tinggi ke jantung pertahanan Bali United. Wiljan Pluim dkk bisa lebih banyak mengirim serangan dan lebih variatif. Tapi, anak asuh Teco Cugurra masih bisa merepotkan lewat aksi Eber Bessa dan Privat Mbarga.

Bali United mendapat peluang emas di menit ke-64. Diawali situasi kemelut di kotak penalti PSM, Eber Bessa yang mendapat bola langsung melepas tendangan mendatar. Beruntung, bek Juku Eja yakni Safrudin Tahar bisa segera turun dan menghalau bola tepat di tepi garis gawang.

PSM menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Sepak pojok Muhammad Arfan bisa disundul oleh Everton. Upaya Spaso untuk menghalau bola gagal lantaran mengenai ujung kaki. Bola justru masuk ke gawang Bali United.

Pasukan Ramang, yang terlihat lambat panas, bisa bermain lebih terbuka di pertengahan babak kedua. Masuknya Adilson da Silva menjadi tambahan tenaga dan variasi serangan. Everton pun tak lagi bekerja sendirian.

Peluang diperoleh PSM pada menit ke-80. Kiper Bali United, Adilson Maringa, tak bisa menangkap bola sepak pojok Arfan dengan sempurna. Bola yang lepas bisa langsung disontek oleh Kike Linares. Sayang, sepakannya masih terlalu tinggi.

Drama terjadi pada masa injury time. Umpan cantik Eber Bessa bisa disambut dengan sundulan Privat Mbarga. Bola bersarang di gawang PSM. Tapi, asisten wasit sudah mengangkat bendera offside lebih dulu.

Skor 1-1 tak berubah hingga peluit panjang ditiup wasit. Hasil ini menjadi modal positif bagi PSM Makassar. Leg kedua akan berlangsung pada Sabtu mendatang (10/6/2023) di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

Bali United (4-3-3)

Adilson Maringa (GK); Ricky Fajrin, Kadek Arel Priyatna, Haudi Abdillah (Ryuji Utomo, 68'), Novri Setiawan (Ardi Idrus, 53'); Brwa Nouri, Sidik Saimima (I Made Tito Wiratama, 74'), Eber Bessa; Privat Mbarga, Ilija Spasojevic (Taufik Hidayat, 74'), Irfan Jaya (Rahmat Arjuna, 74')

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Kike Linares (Yuran Fernandes, 89'), Safrudin Tahar; Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 90+4'), Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Adilson da Silva, 66'), Yance Sayuri (Dzaky Asraf, 90+4'); Everton Nascimento (Rizky Pellu, 89'), Wiljan Pluim

Tahan Imbang Bali United 1-1, PSM Bawa Pulang Hasil PositifSalah satu momen leg pertama babak play-off wakil Indonesia di Liga Champions Asia antara Bali United versus PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 6 Juni 2023. (Instagram.com/baliunitedfc)

Baca Juga: Bali United Vs PSM, Ujian Berlapis Juku Eja di Markas Lawan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya