Comscore Tracker

Resmi! Liga 1 Dihelat Kembali 1 Oktober 2020, PSM Bermarkas di DIY

Imbas new normal, PSM pindah homebase ke Yogyakarta

Makassar, IDN Times - Status Liga 1 2020 akhirnya menemui kejelasan. Melalui surat bernomor 244/LIB-COR/VII/2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi memutuskan bahwa kasta teratas sepak bola nasional itu kembali digulirkan mulai tanggal 1 Oktober mendatang.

"Pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dimulai pada tanggal 1 Oktober 2020 - 28 Februari 2021 dengan title Extraordinary Competition, dengan catatan bahwa jadwal tersebut akan mengikuti situasi perkembangan pandemi COVID-19," demikian bunyi poin pembuka surat tersebut.

1. Seluruh tim luar Pulau Jawa, termasuk PSM Makassar, pindah homebase ke DI Yogyakarta

Resmi! Liga 1 Dihelat Kembali 1 Oktober 2020, PSM Bermarkas di DIYPesepak bola PSM Makassar Osas Saha (kiri) dikawal ketat dua pesepak bola Tira Persikabo dalam laga persahabatan di Stadion Mini Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/2/2020). Tira Persikabo kalahkan PSM Makassar dengan skor 1-0. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Selain tak ada perubahan format kompetisi, PT LIB turut memastikan bahwa seluruh laga mulai pekan keempat akan dihelat di Pulau Jawa dan tanpa penonton. Selain itu, homebase lima klub luar Jawa termasuk PSM Makassar akan dipindahkan ke Provinsi DI Yogyakarta dan sekitarnya hingga musim 2020 rampung.

Jawa dipilih dengan alasan mudahnya transportasi, interkoneksitas antardaerah dan meminimalkan penularan virus corona. 

Pada Juni silam, Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan sempat membuka pulang Yogyakarta bakal menjadi homebase sementara kelima tim tersebut. Pembicaraan dilakukan dengan salah satu pengusaha hotel Kota Gudeg. Kata sepakat bahkan disebut telah dicapai antara kedua belah pihak.

2. Rincian jadwal pertandingan mulai pekan keempat masih disusun oleh pihak operator liga

Resmi! Liga 1 Dihelat Kembali 1 Oktober 2020, PSM Bermarkas di DIYANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

PSM Makassar menyatakan siap mengikuti arahan PSSI dan PT LIB, termasuk pemberlakukan protokol kesehatan COVID-19. Pihak manajemen klub pun langsung berkoordinasi dengan tim pelatih agar segera menyusun program latihan jelang restart dua bulan lagi.

Lebih jauh, rincian jadwal rupanya masih disusun oleh pihak operator liga. "Terkait jadwal pertandingan, terakhir saya kontak jawabannya masih on progress," ujar Sulaiman Abdul Karim selaku Media Officer PSM Makassar, dalam keterangan tertulis yang diterima jurnalis pada Jumat, 10 Juli 2020.

Menindaki surat tersebut, PT LIB akan kembali menggelar rapat daring bersama seluruh manajer klub peserta Liga 1 pada Jumat, 17 Juli 2020 mendatang.

Baca Juga: Kata Pemain dan Suporter PSM Merespons Liga 1 Dilanjutkan Oktober 2020

3. Tim Juku Eja juga telah menerima jadwal baru AFC Cup 2020

Resmi! Liga 1 Dihelat Kembali 1 Oktober 2020, PSM Bermarkas di DIYPesepak bola Bhayangkara FC Andik Vermansyah (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Bayu Gatra (tengah) dan Asnawi Mangkualam dalam pertandingan uji coba yang berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan PSM, di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Tugas berat agaknya telah menunggu PT LIB. Selain jadwal, mereka harus merumuskan dengan matang aturan-aturan terkait penjamin kesehatan seluruh unsur yang terlibat. Mulai dari pemain, pelatih, ofisial hingga wasit.

"Semua harus mengikuti protokoler yang ada. Bagaimana pun, saat ini situasinya belum normal. Semua harus diantisipasi dengan detail dan bijaksana," tutur Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan pada Kamis 9 Juli kemarin, seperti dikutip dari laman resmi PT LIB.

Sebelumnya, Juku Eja juga telah menerima jadwal baru AFC Cup 2020 setelah ditangguhkan sejak 18 Maret. Seluruh tiga laga sisa Zona ASEAN dihelat pada 23-29 September mendatang, dan dipusatkan pada satu tempat. Rinciannya, PSM bertemu Kaya FC-Iloilo di matchday keempat (23/9/2020), kontra Tampines Rovers FC (26/9/2020) lalu menantang Shan United (29/9/2020) di laga pamungkas Grup H.

Baca Juga: Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya