PSM Vs RANS Nusantara, Misi Happy Ending Juku Eja

Tim tamu juga ingin menang agar keluar dari zona degradasi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menutup kisah jatuh-bangun mereka musim ini dengan menjamu RANS Nusantara FC di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa sore (30/4/2024). Tiga poin dibidik untuk memberi suporter kado berkesan pada pertandingan terakhir musim ini.

Juku Eja sendiri memang sudah dipastikan bertahan di Liga 1. Tapi, itu disebut bukan jadi alasan untuk bersantai. Poin penuh juga akan menjadi hadiah perpisahan terbaik dengan sejumlah pemain yang kemungkinan besar akan hengkang.

Di sisi lain, tim tamu menganggap laga ini sebagai final. Berada di posisi 16 klasemen sementara dengan poin 35, mereka mau tak mau harus menang demi tetap bertahan di kasta kompetisi tertinggi. Magenta Force juga harus bersaing dengan Persita Tangerang, PSS Sleman dan Arema FC.

Baca Juga: Lawan RANS FC, PSM Usung Misi Menang di Laga Terakhir Musim Ini

1. PSM Makassar membidik kemenangan sebagai kado untuk suporter sebelum libur kompetisi

PSM Vs RANS Nusantara, Misi Happy Ending Juku EjaPara pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu 20 April 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, berpesan agar anak asuhnya mengerahkan segala daya upaya di partai terakhir musim ini. Kemenangan disebut pantas mengakhiri perjuangan keras Muhammad Arfan dan kawan-kawan, sebelum jalani masa pemulihan hingga kompetisi 2024/25 diputar.

"Kami harus masuk ke lapangan dengan energi dan usaha 200 persen, apalagi ini adalah pertandingan terakhir kami (musim ini). Biasanya, pertandingan terakhir akan menjadi memori untuk dikenang, tentang bagaimana sebuah klub menyelesaikan kompetisi," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Senin (29/4/2024).

PSM kemungkinan besar akan kembali melakukan rotasi pemain. Beberapa penggawa muda akan diberikan menit bermain seperti Dzaky Asraf, Ananda Raehan Alief, Mufli Hidayat, Andy Harjito hingga Victor Dethan.

2. RANS Nusantara FC datang ke Balikpapan dengan misi kelua dari zona degradasi

PSM Vs RANS Nusantara, Misi Happy Ending Juku EjaPara pemain RANS Nusantara FC dalam sesi latihan di Yogyakarta pada April 2024. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Di sisi lawan, Alfredo Vera selaku juru taktik RANS Nusantara FC datang ke Balikpapan dengan misi krusial : menjauh dari zona degradasi. Meski duel ini dipastikan berlangsung sulit, mereka yakin masih punya kans. Menang jadi satu-satunya pilihan, sebab Magenta Force tak ingin bergantung pada hasil pertandingan lain.

"Kita siap untuk pertandingan besok, pertandingan final buat kita untuk mendapat tiga poin. Kami semua bersemangat, dan sekarang kami punya persiapan terakhir dan sekarang kami harus benahi mental untuk laga besok supaya kita bisa maksimal," kata pelatih asal Argentina tersebut dalam kesempatan terpisah.

RANS Nusantara sendiri diperkirakan tak banyak mengubah susunan pemain. Hamka Hamzah dan Kiko masih akan berduet di lini belakang. Mitsuru Maruoka tetap didapuk sebagai motot serangan. Kemudian Evandro Brandao sebagai juru gedor.

3. Juku Eja tak pernah kalah dari Magenta Force sejak musim lalu

PSM Vs RANS Nusantara, Misi Happy Ending Juku EjaSalah satu momen pertandingan pekan ke-17 BRI Liga 1 2023-24 antara RANS Nusantara FC versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Senin 30 Oktober 2023. (Instagram.com/rans.nusantara)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Rizky Eka Pratama, Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Dzaky Asraf; Adilson da Silva, Victor Mansaray

RANS Nusantara FC (4-3-3)

Hilman Syah (GK); Marckho Sandy, Hamka Hamzah, Kiko, Samsul Arifin; Ilhamsyah, Paulo Sitanggang, Mitsuru Maruoka; Tavinho, Evandro Brandao, Abdul Rahman

Catatan tiga pertemuan terakhir :

30/10/2023 RANS Nusantara 1-1 PSM (Liga 1)

30/01/2023 PSM 3-1 RANS Nusantara (Liga 1)

15/08/2022 RANS Nusantara 1-2 PSM (Liga 1)

Siapa sang sanggup memetik poin penuh? Saksikan pertandingan pekan ke-34 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus RANS Nusantara FC pada Selasa (30/4/2024) sore ini, pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Ada Peran Pesawat Carter di Balik Sukses PSM Menekuk PSIS 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya