PSM Vs PSIS, Juku Eja Wajib Menang demi Hindari Degradasi

Tim tamu mengincar poin penuh agar finis di empat besar

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menjamu tim papan atas PSIS Semarang dalam lanjutan pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Batakan Balikpapan, Selasa (16/4/2024) malam ini. Kedua tim sama-sama mengusung misi menang demi mendaki papan klasemen sementara.

Juku Eja, yang saat ini berada di posisi ke-12 dengan koleksi 38 poin, mengincar poin penuh demi menjauhi potensi degradasi. Mereka masih belum nyaman lantaran hanya terpaut 7 angka dari Arema FC yang saat ini berada di tepi zona merah.

Sementara itu, PSIS masih memiliki kans besar finis di 4 besar, sekaligus mengamankan satu tempat di babak Championship Series. Alhasil, Laskar Mahesa Jenar tak ingin terpeleset sepanjang empat laga terakhir Regular Series.

1. PSM Makassar akan menurunkan seluruh pemain andalan, termasuk Yuran Fernandes

PSM Vs PSIS, Juku Eja Wajib Menang demi Hindari DegradasiPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan resmi yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Senin 15 April 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, yakin timnya bisa meraih kemenangan. Meski masa persiapan sangat mepet akibat libur lebaran, ia yakin anak asuhnya akan membayar hasil imbang lawan Borneo FC di pekan ke-30. Penyelesaian akhir jadi fokus evaluasi selama sesi latihan jelang duel versus PSIS.

"Untuk posisi yang saat ini kita berada, di pertandingan sebelumnya harusnya kita lebih baik sebab kita memiliki banyak peluang tapi kita tidak bisa menang. Untuk pertandingan besok, kita akan memberikan performa dan penampilan yang bagus," ungkap Bernardo dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Senin (15/4/2024) kemarin.

Pasukan Ramang berpotensi akan menurunkan para pemain andalannya. Termasuk duo bek Daffa Salman dan Yuran Fernandes yang absen di pekan ke-30 lantaran hukuman akumulasi kartu kuning.

2. PSIS Semarang mewaspadai skema bola mati yang jadi andalan tim tuan rumah

PSM Vs PSIS, Juku Eja Wajib Menang demi Hindari DegradasiPara pemain PSIS Semarang dalam sesi latihan resmi yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Senin 15 April 2024. (Instagram.com/psisfcofficial)

Sementara itu, Gilbert Agius selaku juru taktik PSIS juga mengakui timnya dipengaruhi kurangnya masa persiapan. Meski begitu, masa persiapan Septian David dan kawan-kawan difokuskan pada situasi bola mati yang dianggapnya sebagai kekuatan utama PSM.

"Kita tahu persiapan mepet, karena kemarin kompetisi disetop. Kita kasih kesempatan pemain libur ada hari raya Idul Fitri juga. Tapi, kami siap dan akan (tampil) maksimal," ungkap gilbert dalam kesempatan terpisah.

"PSM berbeda dengan cara main kita. Yang pasti, mereka unggul dalam bola-bola set piece," jelas pelatih asal Malta tersebut.

Laskar Mahesa Jenar sendiri dipastikan tanpa dua pemain intinya. Mereka adalah kiper Adi Satryo yang memperkuat Timnas U-23, serta bek serba bisa Alfeandra Dewangga yang masih dalam tahap recovery cedera.

3. Pada lima pertemuan terakhir dengan Juku Eja, Laskar Mahesa Jenar berhasil menang tiga kali

PSM Vs PSIS, Juku Eja Wajib Menang demi Hindari DegradasiSalah satu momen pertandingan pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/24 antara PSIS Semarang versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Jatidiri Semarang, 30 September 2023. (Instagram.com/psisfcofficial)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Victor Mansaray, Adilson da Silva

PSIS Semarang (4-3-1-2)

Rizky Darmawan (GK); Fredyan Wahyu, Lucao, Wahyu Prasetyo, Barnabas Sobor; Tri Setiawan, Evan Dimas, Boubakary Diarra; Septian David Maulana; Taisei Marukawa, Paulo Gali

Catatan lima pertemuan terakhir :

30/09/2023 PSIS 2-1 PSM (Liga 1)

06/04/2023 PSIS 4-0 PSM (Liga 1)

19/12/2022 PSM 2-0 PSIS (Liga 1)

28/05/2022 PSIS 2-1 PSM (Uji Coba)

06/03/2022 PSM 2-1 PSIS (Liga 1)

Siapa yang bisa mewujudkan misi memetik poin penuh di Batakan? Saksikan pertandingan pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus PSIS Semarang pada Selasa (16/4/2024) malam ini, pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Diikuti PSM Musim Depan, Ini Riwayat Singkat ASEAN Club Championship

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya