PSM Vs Persib, Tidak Boleh Takut di Hadapan Maung!

Berlangsung di Balikpapan, diperkirakan berjalan sengit

Makassar, IDN Times - Duel klasik alumnus Perserikatan tersaji di pekan ke-4 BRI Liga 1 2024/25. PSM Makassar akan menjamu sang juara bertahan Persib Bandung di Stadion Batakan Balikpapan pada Rabu sore ini (11/9/2024). Laga ini diyakini akan berjalan sengit sarat gengsi, meski kedua tim sedang terpaut jauh di papan klasemen sementara.

PSM saat ini duduk di peringkat pertama dengan 9 poin, berkat keberhasilan menyapu bersih tiga laga pertama. Meski merombak susunan tim utama, para pemain anyar justru bisa langsung nyetel dan membuat Juku Eja kembali berbahaya. Mereka pun diharapkan melanjutkan tren positif.

Di sisi lain, grafik permainan Persib yang sedang naik turun membuat mereka tercecer di posisi 8. Ini lantaran mereka baru menikmati satu kemenangan dari tiga laga terakhir. Dua pilar utama Maung Bandung pun absen, yakni David da Silva dan Dimas Drajad.

Baca Juga: Pelatih PSM Utamakan Rendah Hati Jelang Duel Kontra Persib

1. PSM Makassar menyambut duel klasik ini dengan sikap rendah hati

PSM Vs Persib, Tidak Boleh Takut di Hadapan Maung!Bek PSM Makassar, Aloisio Soares Neto (paling kanan), merayakan gol yang ia cetak ke gawang Dewa United dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2024/25 yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan pada 26 Agustus 2024. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Meski begitu, pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares tetap yakin bahwa tim tamu tetap berbahaya. Ia memilih tetap bersikap rendah hati, sembari kembali mengungkit fakta bahwa anggaran belanja Persib jauh lebih tinggi. Tak lupa, Tavares pun memuji para rekrutan baru sang lawan.

"Persib adalah tim kuat dan memiliki anggaran belanja pemain paling besar di liga. Mereka menyandang status juara bertahan, tidak kehilangan pemain-pemain kunci dan justru mendatangkan rekrutan bagus di masa bursa transfer," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Selasa sore (10/9/2024).

"Makanya saya minta suporter datang langsung sebab para pemain layak mendapatkannya. Apalagi kita akan melawan tim kuat yang bahkan kualitas pemain lapis keduanya sama bagusnya dengan tim utama," sambung pelatih asal Portugal tersebut.

Pasukan Ramang sendiri agaknya akan kembali menurunkan seluruh pemain andalan. Sebut saja duo Yuran Fernandes - Aloisio Soares, gelandang Latyr Fall serta striker Nermin Haljeta. Tito Okello harus absen usai memperkuat Timnas Sudan Selatan.

2. Persib Bandung berambisi membawa pulang poin penuh dari Balikpapan

PSM Vs Persib, Tidak Boleh Takut di Hadapan Maung!Pesepak bola Persib Bandung merayakan kemenangan seusai mencetak gol saat melawan PSBS Biak pada pertandingan BRI Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/8/2024). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Persib berambisi memutus catatan buruk tak pernah menang atas PSM di Liga 1 sejak musim 2022/23. Tapi misi tersebut diusung saat banyak pemain penting harus absen. David da Silva masih jalani pemulihan cedera, sedangkan Dimas Drajad baru saja menunaikan tugas bersama Timnas Indonesia.

Meski begitu, Bojan Hodak selaku pelatih kepala Pangeran Biru menegaskan timnya tetap akan bekerja keras demi bertahan di jalur kemenangan. Ia pun memprediksi duel ini akan berlangsung ketat sepanjang 90 menit.

"Sebagai tim, saat dua striker terbaik tidak bisa hadir, itu akan berdampak. Tapi kami akan berusaha untuk mendapat hasil yang terbaik. Kami siap menghadapi PSM dan berharap di laga besok meraih tiga poin," ungkap Hodak di kesempatan terpisah.

"Setiap laga lawan PSM itu selalu ketat. Kami memprediksi itu akan terjadi lagi besok. PSM bermain lebih mengandalkan fisik, mereka melakukan pressing dan banyak berlari. Jadi kami menduga ini akan sengit," kata pelatih asal Kroasia tersebut.

3. Juku Eja menelan kekalahan 2-0 saat berjumpa Pangeran Biru di ajang pramusim

PSM Vs Persib, Tidak Boleh Takut di Hadapan Maung!Pesepak bola PSM Makassar Nermin Haljeta (kanan) berusaha merebut bola dari pesepak bola Persib Bandung Mateo Kocijan (kiri) saat pertandingan Group A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/YU

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-4-3)

Hilmansyah (GK); Syahrul Lasinari, Yuran Fernandes, Aloisio Soares; Ananda Raehan Alief, Akbar Tanjung, Latyr Fall, Victor Luiz; Adilson da Silva, Nermin Haljeta, Ricky Pratama

Persib Bandung (4-4-2)

Kevin Ray Mendoza (GK); Kakang Rudianto, Nick Kuipers, Gustavo Franca, Edo Febriansah; Adam Alis, Dedi Kusnandar, Marc Klok, Tyronne del Pino; Mailson Lima, Ciro Alves

Catatan lima pertemuan terakhir :

19/07/2024 Persib 2-0 PSM (Piala Presiden)

04/12/2023 Persib 0-0 PSM (Liga 1)

22/07/2023 PSM 4-2 Persib (Liga 1)

14/02/2023 Persib 1-2 PSM (Liga 1)

29/08/2022 PSM 5-1 Persib (Liga 1)

Apakah Juku Eja kembali mampu mengantongi poin penuh dalam duel klasik di Balikpapan ini? Saksikan laga pekan keempat BRI Liga 1 2024/25 antara PSM Makassar versus Persib Bandung pada Rabu sore ini (11/9/2024), pukul 16.30 Wita.

Baca Juga: Vs PSM Makassar, Persib Bertekad Putus Tren Negatif

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya