Comscore Tracker

PSM Vs Persebaya, No Pluim No Problem!

Laga klasik di Parepare bakal berlangsung sengit

Makassar, IDN Times - Laga klasik tersaji di pekan ke-9 BRI Liga 1 2022-23. PSM Makassar menjamu rivalnya sejak era Perserikatan, Persebaya Surabaya, di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare malam ini, Sabtu (10/9/2022).

Jelang pertandingan, kedua tim sama-sama picang. Tuan rumah tanpa Wiljan Pluim dan Everton Nascimento. Sang kapten tim absen satu laga akibat kartu merah yang ia terima saat melawan Persik pekan lalu. Sedangkan Everton nyaris dua pekan tak ikut latihan akibat cedera.

Di sisi tim tamu, mereka tak diperkuat dua motor serangan yakni Higor Vidal serta Marselino Ferdinan. Gelandang asal Brasil itu menepi demi jalani pemulihan. Ferdinan sendiri dipanggil ke Timnas U-19. Ada juga dua pemain lain yakni Brylian Aldama (cedera) dan Ahmad Nufiandani (kebugaran).

Baca Juga: Persebaya Tanpa Marselino dan Vidal, PSM Pincang Tak Ada Pluim

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, tak risau dengan absennya Wiljan Pluim

PSM Vs Persebaya, No Pluim No Problem!Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Selasa 2 Agustus 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, mengaku tak risau dengan absennya Pluim dan Everton. Ia yakin anak asuhya tetap tampil all out di hadapan publik sendiri. Anak asuhnya bahkan sudah diwanti-wanti untuk tampil menekan sejak menit pertama.

"Tim ini selalu bekerja keras dan mereka membawa intesitas dalam pertandingan dan agresif dan petarung hingga menit-menit terakhir," katanya dalan sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat petang kemarin (9/9/2022).

Juku Eja masih memancang misi pertahankan tren tak terkalahkan. Poin penuh sangat penting agar mereka bertahan di persaingan papan atas klasemen sementara.

Pos Pluim kemungkinan besar akan diisi oleh Rasyid Bakri atau Victor Dethan yang bertipikal playmaker. Sedangkan Ramadhan Sananta masih dipercaya menjadi juru gedor, didampingi Kenzo Nambu atau Donald Bissa.

2. Persebaya datang ke Parepare dengan misi menebus kekalahan pekan lalu

PSM Vs Persebaya, No Pluim No Problem!Pemain Persebaya Surabaya saat merayakan kemenangan atas PSS Sleman, 29 Agustus 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Persebaya sendiri datang ke Parepare dengan misi panen tiga poin. Mereka rupanya ingin menebus hasil pahit pekan lalu, saat mereka kena bekuk 0-1 oleh Bali United di kandang sendiri. Tanpa Vidal dan Marselino, ditambah reputasi GBJH sebagai "neraka" lawan, juru latih Aji Santoso yakin timnya bisa mengatasi ujian ini.

"Semua sudah tahu, PSM tim kuat apalagi di kandang. Mereka juga tim dengan kebobolan paling sedikit. Tapi kita tidak boleh takut, tidak boleh kalah sebelum bertanding," katanya, seperti dilansir situs resmi Persebaya.

"Maka dari itu, fighting spirit kita tidak boleh kalah. Harus berjuang untuk tiga poin sampai peluit panjang dibunyikan," imbuh legenda Arema itu. Persebaya sendiri sedang tercecer di peringkat 10, lantaran baru mengantongi 10 poin. 

3. Juku Eja selalu menang atas Bajul Ijo di partai kandang sejak musim 2018

PSM Vs Persebaya, No Pluim No Problem!Pemain Persebaya Surabaya Arsenio Valpoort (kanan) dihadang bek PSM Makassar Adam Mitter (tengah) dan kiper Hilman Syah (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Ananda Raehan Alif, Rasyid Bakri, Rizky Eka Pratama; Kenzo Nambu, Ramadhan Sananta

Persebaya Surabaya (4-5-1)

Satria Tama (GK); Koko Ari Araya, Leo Lelis, Rizky Ridho, Arief Catur; Andre Oktaviansyah, M. Alwi Slamat, Muhammad Supriadi, Januar Eka Ramadhan, Sho Yamamoto; Silvio Junior

Catatan lima pertemuan terakhir :

14/01/2022 Persebaya 2-1 PSM (Liga 1)

18/09/2021 PSM 3-1 Persebaya (Liga 1)

14/11/2019 Persebaya 3-2 PSM (Liga 1)

17/07/2019 PSM 2-1 Persebaya (Liga 1)

10/11/2019 Persebaya 3-0 PSM (Liga 1)

Siapa yang bisa wujudkan misi tiga poin? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Persebaya Surabaya pada Sabtu malam ini (10/9/2022) pukul 21.00 WITA.

Baca Juga: Jelang Jajal Persebaya, Pelatih PSM Lega Masa Recovery Lebih Lama

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya