PSM Makassar Vs PSS Sleman, Misi Elang Jawa Mengadang Buldoser Merah

Tim tamu ingin menjauh dari zona degradasi

Makassar, IDN Times - Meski dihelat tanpa penonton, pertandingan PSM Makassar dan PSS Sleman di Stadion Gelora BH Jabibie Parepare pada Sabtu sore (14/1/2023) tetap menyajikan tensi tinggi.

Tim tuan rumah memburu tiga poin demi menjauh dari kejaran tim-tim terdekat. Bali United, Madura United dan Persija hanya berjarak satu poin dari si pemuncak klasemen sementara.

PSS sendiri melawat dengan misi memutus tren inkonsistensi. Sepanjang Desember 2022, mereka hanya sekali merengkuh poin penuh. Selebihnya adalah tiga kali kalah ditambah satu hasil imbang. Anak-anak Sleman pun hanya berjarak satu poin dari zona degradasi.

Baca Juga: Pertandingan PSM vs PSS di Parepare Digelar Tanpa Penonton

1. PSM turun tanpa dua pilar penting di lini belakang

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Misi Elang Jawa Mengadang Buldoser MerahPara pemain PSM Makassar berpose sebelum laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat sore (13/1/2022), keberhasilan sang lawan menekuk Bali United pada pekan ke-17 membuat PSS tak boleh dipandang sepele. Bahkan, pelatih kepala PSM Bernardo Tavares menyebut Super Elja bermain cukup bagus meski kena bekuk Persija pada Minggu lalu (8/1/2023).

"Tentu di laga besok kita harus menampilkan performa yang bagus, dan PSS tidak bisa diremehkan karena di catatan statistik pertemuan di musim-musim sebelumnya kita saling membalas," kata Tavares.

"Jadi kita harus kerja keras dan berusaha maksimal dipertandingan ini," lanjut juru taktik asal Portugal itu.

Meski begitu, lini belakang Juku Eja dipastikan pincang. Yuran Fernandes absen akibat akumulasi kartu kuning, kemudian Agung Mannan kena sanksi dari kartu merah yang ia dapat di pekan ke-17.

2. PSS melawat ke Parepare dengan misi memetik poin

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Misi Elang Jawa Mengadang Buldoser MerahPemain PSS Sleman saat merayakan kemenangan atas Bali United di laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, 20 Desember 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Juru taktik PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, menganggap absennya dua pilar penting tim lawan bukanlah sebuah keuntungan. Ia mewanti-wanti anak asuhnya bahwa PSM bak buldoser yang siap melindas apapun yang coba menghambat lajunya.

"Sudah sejak awal saya bilang, bahwa tim PSM Makassar memiliki kekompakan tim yang luar biasa. Kehilangan satu atau dua pemain tidak berpengaruh karena mereka punya kedalaman skuat yang cukup bagus. Siapa pun penggantinya memiliki kualitas yang sama," kata Seto di kesempatan terpisah.

Lebih jauh, misi menjauh dari ancaman degradasi diharap bisa menjadi pelecut semangat Kim Kurniawan dkk untuk merebut poin penuh di Parepare.

"Tidak ada yang tidak mungkin. Kami bisa memberi perlawanan dan bisa mengambil poin di stadion Gelora Baharudin Jusuf Habibie ini," tegasnya dengan percaya diri.

3. Catatan pertemuan kedua tim cenderung berimbang

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Misi Elang Jawa Mengadang Buldoser MerahPemain PSM Makassar Yakob Sayuri (kiri) berusaha melewati hadangan pemain PSS Sleman Derry Rachman (kedua kiri) pada Pertandingan perebutan tempat ke tiga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Dallen Doke, Erwin Gutawa, Safrudin Tahar; Rizky Eka Pratama, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Wiljan Pluim, Yance Sayuri; Kenzo Nambu, Everton Nascimento

PSS Sleman (4-3-3)

Muhammad Ridwan (GK); Bagus Nirwanto, Nur Diansyah, Dedi Gusmawan, Derry Rachman; Kim Jeffrey Kurniawan, Jihad Ayoub, Ifan Nanda Pratama; Rifky Suryawan, Saddam Gaffar, Ricky Cawor

Catatan lima pertemuan terakhir :

23/07/2022 PSS 1-2 PSM (Liga 1)

01/03/2022 PSS 0-0 PSM (Liga 1)

18/11/2021 PSM 2-2 PSS (Liga 1)

24/04/2021 PSM 1-2 PSS (Piala Menpora)

01/03/2020 PSM 2-1 PSS (Liga 1)

Siapakah yang berhasil mengantongi poin penuh? Saksikan pertandingan PSM Makassar Vs PSS Sleman yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu sore ini (14/1/2023) pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Kapolres Parepare Ungkap Alasan PSM Vs PSS tanpa Penonton

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya