PSM Makassar Vs PSS Sleman, Juku Eja Melawan Rasa Nestapa

Kemenangan bisa jadi pelipur lara di masa sulit

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menjamu PSS Sleman dalam lanjutan pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/24 yang berlangsung pada Jumat sore ini (8/3/2024). Tapi, laga yang berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan ini tak ubahnya duel dua tim papan bawah sarat rasa nestapa.

PSM kembali dirundung masalah finansial. Sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, baru saja membeberkan bahwa para pemainnya tidak menerima gaji selama dua hingga tiga bulan. Ini kemudian berimbas ke performa Juku Eja yang kurang menggigit dalam tiga pertandingan terakhir.

Sedangkan PSS hanya berjarak satu anak tangga dari zona degradasi. Masuknya Risto Vidakovic memang memperbaiki kualitas permainan dan hasil akhir. Tapi, mereka masih menghadapi momok bernama turun kasta yang bisa saja dialami kubu Laskar Sembada.

Baca Juga: Prediksi Laga PSS Vs PSM, Kedua Tim Butuh Kemenangan

1. Pemain-pemain PSM Makassar diminta bermain lebih tenang dan fokus

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Juku Eja Melawan Rasa NestapaPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Stadion UNS Solo pada Kamis 29 Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut banyak hal yang menjadi evaluasi. Ia mewanti-wanti anak asuhnya untuk bermain lebih tenang, termasuk lebih fokus dalam penyelesaian akhir. Duel kontra Persis Solo pekan lalu jadi bukti sahih tentang hal tersebut.

"Kita tidak mencetak satu gol pun (dalam tiga laga terakhir). Pada saat kita membuang-buang peluang, kita akan lebih dekat dengan kekalahan," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis kemarin (7/3/2024).

"Di pertandingan terakhir, saya pikir terjadi kesalahan individual yang mana kemudian menjadi kesalahan kolektif. Selalu saya sampaikan bahwa kita menang dan kalah bersama-sama," imbuh pelatih asal Portugal tersebut.

Menilik susunan pemain, Juku Eja kemungkinan besar tidak mengubah susunan tim yang diturunkan. Seperti Daffa Salman, Yakob dan Yance Sayuri, Muhammad Arfan, serta duo penyerang Adilson da Silva dan Victor Mansaray.

2. PSS Sleman bertekad membawa pulang poin penuh dari lawatan ke Batakan

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Juku Eja Melawan Rasa NestapaPara pemain PSS Sleman dalam sesi official training di Stadion Batakan Balikpapan pada Kamis 7 Maret 2024. (Instagram.com/pssleman)

Sementara itu, Risto Vidakovic selaku juru taktik PSS Sleman bertekad meraih poin penuh di Batakan. Mereka ingin memanfaatkan tren negatif yang sedang dialami tuan rumah untuk menjauh dari zona degradasi.

"Ini adalah pertandingan yang berat untuk kedua tim baik PSS Sleman sebagai tim tamu dan PSM Makassar sebagai tuan rumah. Kita sama-sama berjuang untuk menjauh dari zona degradasi. Tapi PSS Sleman datang kesini dengan tekad yang kuat," ujarnya dalam kesempatan terpisah.

"Para pemain telah berkomitmen siap bertarung dan berjuang. Mereka sudah bersiap untuk merebut poin penuh atau kemenangan di pertandingan besok," imbuh pelatih asal Montenegro itu.

Laskar Sembada sendiri tak diperkuat sejumlah pemain yang absen akibat cedera dan akumulasi kartu kuning. Meski begitu, masih ada sejumlah penggawa siap diturunkan. Seebut saja Thales Lira, Nurdiansyah, Elvis Kamsoba serta striker muda Hokky Caraka.

3. Laskar Sembada tak pernah menang atas Juku Eja di lima pertemuan terakhir

PSM Makassar Vs PSS Sleman, Juku Eja Melawan Rasa NestapaSalah satu momen pertandingan pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/24 antara PSS Sleman versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, 3 September 2023. (Instagram.com/pssleman)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Muhammad Ardiansyah (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yance Sayuri, Ananda Raehan Alief, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Adilson da Silva, Victor Mansaray

PSS Sleman (4-4-2)

Anthony Pinthus (GK); Ibrahim Sanjaya, Thales Lira, Nurdiansyah, Kevin Gomes; Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Wahyudi Hamisi, Elvis Kamsoba; Ajak Riak, Hokky Caraka

Catatan lima pertemuan terakhir :

03/09/2023 PSS 1-1 PSM (Liga 1)

14/01/2023 PSM 4-0 PSS (Liga 1)

23/07/2022 PSS 1-2 PSM (Liga 1)

01/03/2022 PSS 0-0 PSM (Liga 1)

18/11/2021 PSM 2-2 PSS (Liga 1)

Sanggupkah Juku Eja memutus rentetan tren negatif? Saksikan pertandingan pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/24 antara PSM Makassar versus PSS Sleman pada Jumat sore ini (8/3/2024), pukul 16.00 WITA.

Baca Juga: Antar Lini PSM Vs PSS, Parade Para Pemain Asing Jempolan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya