Comscore Tracker

PSM Makassar vs Persipura Jayapura, Duel yang Berat Sebelah?

Juku Eja diminta mewaspadai tren positif sang tamu

Senin 18 November 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 19.30 WITA

Makassar, IDN Times - Duel wilayah Indonesia Timur bakal tersaji di Stadion Mattoanging pada Senin (18/11) malam. Bertindak sebagai tuan rumah, PSM mengusung misi meraih poin penuh dalam partai tunda pekan ke-4 Shopee Liga 1 2019. Nihil poin sepanjang dua laga terakhir membuat mereka wajib bangkit di rumah sendiri. Namun, duel kali ini berpotensi berat sebelah.

Persipura sedang menikmati tren positif. Saat Luciano Leandro dipecat, Boaz Solossa beserta kolega terdampar di tepi zona degradasi. Keadaan berbalik 180 derajat begitu Jacksen F Tiago mengisi jabatan pelatih kepala sejak pertengahan Juli. Tujuh kemenangan yang diraih --dalam sebelas laga terakhir-- lesatkan Persipura ke peringkat kedua klasemen sementara.

1. Dua laga beruntun tanpa poin, Ferdinand Sinaga cs wajib bangkit di rumah sendiri

PSM Makassar vs Persipura Jayapura, Duel yang Berat Sebelah?Liga-Indonesia.id

Darije Kalezic selaku pelatih kepala PSM berharap anak asuhnya kembali menampilkan performa maksimal. Soal strategi, ia telah mewanti-wanti Ferdinand Sinaga beserta kolega agar waspada dengan barisan penyerang Persipura yang dipenuhi pemain-pemain gesit.

"Penyerang mereka punya kecepatan dan bisa mencetak gol dari situasi apapun. Para pemain sudah tahu mereka cukup baik. Tapi saya tetap berharap agar para pemain bermain dengan disiplin tinggi dan bisa tampil di level bermain yang biasa mereka tunjukkan," tutur pelatih asal Swiss tersebut, Minggu (17/11).

Daftar penggawa Pasukan Ramang yang absen masih berisi enam orang. Akan tetapi kabar terbaru datang dari Wiljan Pluim. Sang kapten sekaligus playmaker dipastikan mengakhiri musim lebih cepat akibat cedera engkel. Gelandang jangkung itu pun sudah kembali ke Belanda untuk jalami proses pemulihan.

Baca Juga: Siap Menjamu Persipura, Pelatih PSM Waspadai Tren Positif Sang Tamu

2. Persipura datang melawat dengan status sebagai runner-up klasemen sementara

PSM Makassar vs Persipura Jayapura, Duel yang Berat Sebelah?ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Dari kubu Persipura, sang kepala dapur taktik, yakni Jacksen F Tiago menatap duel ini dengan rasa percaya diri. Eks pelatih Barito Putera tersebut memang mengeluhkan jadwal padat yang harus dijalani tim Mutiara Hitam. Kendati demikian, mereka siap menjajal atmosfer Mattoanging dengan segala kekurangan.

Lebih jauh, coach JFT menganggap PSM adalah tim terbaik di Indonesia dengan tolak ukur pencapaian di AFC Cup. Untuk laga esok, ia pun meminta barisan beknya untuk menjaga fokus sepanjang 90 menit. "Sebisa mungkin kesalahan di lini pertahanan diperkecil karena PSM punya penyerang bagus," ungkap pelatih asal Brasil tersebut.

Persipura datang ke Makassar dengan komposisi skuad yang relatif lengkap, minus Boaz Solossa yang harus jalani hukuman akumulasi kartu. Akan tetapi, skema trisula tetap diisi penyerang lincah seperti Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, Ronaldo Wanma, Prisca Womsiwor hingga Titus Bonai.

3. Siapa berhak atas tiga poin di Mattoanging, Pasukan Ramang atau Mutiara Hitam?

PSM Makassar vs Persipura Jayapura, Duel yang Berat Sebelah?ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Berikut prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM Makassar (4-3-3)

Rivky Mokodompit (GK); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Hasyim Kipuw, Taufik Hidayat; Rasyid Bakri, Marc Klok, Rizky Pellu; M. Rizky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, Ezra Walian

Persipura Jayapura (4-3-3)

Dede Sulaiman (GK); Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro dos Santos, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae; Muhammad Tahir, Ian Louis Kabes, Ibrahim Conteh; Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferre, Titus Bonai

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya