PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya, Sama-Sama Susah Menang

Tiga poin sangat berharga untuk mendaki papan klasemen

Makassar, IDN Times - Pekan ke-26 BRI Liga 1 2023/24 akan mempertemukan dua klub dengan nasib nyaris sama, yakni PSM Makassar dan Persebaya Surabaya. Berlangsung di Stadion Batakan Balikpapan, Rabu malam (28/2/2024), kedua kubu sama-sama masih dipusingkan dengan masalah susah menang.

PSM terpaksa bermain imbang saat menjamu Bali United pada Sabtu pekan lalu (24/2/2024). Alhasil, Juku Eja cuma bisa naik satu anak tangga, tepatnya posisi ke-9 klasemen sementara dengan perolehan 33 poin.

Persebaya pun demikian. Mereka baru sekali menang sejak putaran kedua kompetisi dimulai, dan bahkan lebih akrab dengan hasil imbang yang mencapai enam kali. Padahal, posisi mereka sangat dekat dari zona degradasi, hanya terpaut 4 poin saja.

Baca Juga: Preview PSM vs Persebaya, Kompak Punya Rekor Tak Terkalahkan

1. PSM Makassar sedang dilanda badai cedera

PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya, Sama-Sama Susah MenangDua pemain PSM Makassar, Ricky Pratama (kiri) dan Dzaky Asraf (kanan), dalam sesi latihan di Lapangan Mini Soccer Anfield Borneo Balikpapan pada Senin 26 Februari 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, menyebut catatan 7 pertandingan Liga 1 tanpa kekalahan tim asuhannya bukan indikator yang terlalu mencolok. Terlebih Muhamamd Arfan dan kawan-kawan baru dua kali menang. Alhasil, target poin penuh kembali dipatok untuk laga ini.

"Sejauh ini yang saya harapkan dari tim ini adalah tetap membumi, rendah hati. Kita sedang berada di posisi yang tidak terlalu bagus. Kita tidak bisa mengatakan kami nyaman di posisi tersebut. Ada Arema dengan 27 poin, sedangkan kita cuma 33," ujarnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Selasa malam (27/2/2024).

Pasukan Ramang sendiri kemungkinan tak mengubah susunan tim. Tapi, Tavares harus memutar otak lantaran cederanya empat pemain. Ini membuat opsi rotasi menjadi menipis, terlebih saat jadwal sedang padat-padatnya.

2. Persebaya Surabaya ingin menjauh dari papan bawah

PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya, Sama-Sama Susah MenangPemain Persebaya Surabaya, Bruno Moreira (kiri), dalam sesi latihan di Lapangan ABC Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada 9 Februari 2024. (Dok. Ofisial Persebaya Surabaya)

Di sisi lain, Persebaya juga tak ingin kembali menelan hasil pahit. Jarak yang tidak terlalu jauh dari zona degradasi membuat kubu Bajol Ijo harus mengerahkan segala daya upaya untuk menang. Tidak mudah mengingat persaingan di papan bawah juga cukup sengit, tapi motivasi tim sedang tinggi-tingginya.

"Kami sangat menantikan pertandingan ini. Kami sangat antusias dan termotivasi, karena kita tahu PSM Makassar adalah tim yang bagus," ujar pelatih kepala Persebaya, Paul Munster, dalam kesempatan terpisah.

Persebaya sendiri kemungkinan menurunkan seluruh pemain andalan mereka. Mulai dari duo palang pintu Yan Victor dan Dusan Stefanovic, serta trio Brasil di lini depan yakni Robson Duarte - Paulo Henrique - Bruno Moreira.

3. Bajol Ijo memenangi dua dari lima pertemuan terakhir dengan Juku Eja

PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya, Sama-Sama Susah MenangSalah satu momen pertandingan pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/24 antara Persebaya Surabaya versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 18 Agustus 2023. (Dok. Ofisial Persebaya Surabaya)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar, Yance Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yakob Sayuri; Joao Pedro, Victor Mansaray

Persebaya Surabaya (4-2-3-1)

Andhika Ramadhani (GK); Arief Catur, Yan Victor, Dusan Stefanovic, Mikael Tata; Muhammad Hidayat, Andre Oktaviansyah; Robson Duarte, Muhammad Iqbal, Bruno Moreira; Paulo Henrique

Catatan lima pertemuan terakhir :

18/08/2023 Persebaya 1-0 PSM (Liga 1)

24/02/2023 Persebaya 0-1 PSM (Liga 1)

10/09/2022 PSM 3-0 Persebaya (Liga 1)

14/02/2022 Persebaya 2-1 PSM (Liga 1)

18/09/2021 PSM 3-1 Persebaya (Liga 1)

Siapa yang berhasil memetik poin penuh di Batakan? Saksikan duel pekan ke-26 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar melawan Persebaya Surabaya pada Rabu malam (28/2/2024), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: PSM Makassar Terancam Tampil Pincang Lawan Persebaya Surabaya

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya