PSM Makassar Vs Borneo FC, Wajib Menang Sempurnakan Pesta Juara!

Kemenangan dibidik Juku Eja untuk lengkapi selebrasi trofi

Makassar, IDN Times - PSM Makassar mengincar poin penuh saat menjamu Borneo FC pada laga pamungkas BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Gelora BJ Habibie (GBJH) Parepare, Minggu malam (16/4/2023). Tak cuma untuk melengkapi pesta juara, tapi juga memutus catatan buruk tiap berjumpa Pesut Etam sejak 2019.

Di sisi lain, anak-anak Samarinda juga sedang dalam motivasi tinggi. Diego Michiels dkk belum kalah dalam tiga pertandingan terakhir. Mereka berpeluang merusak selebrasi angkat trofi tuan rumah. Terlebih senjata andalan Borneo FC yakni Matheus Pato dalam motivasi tinggi usai dipastikan menjadi top skorer musim ini.

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, membenahi mental pemainnya jelang laga ini

PSM Makassar Vs Borneo FC, Wajib Menang Sempurnakan Pesta Juara!Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022-23 kontra Persija Jakarta. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memuji Borneo FC sebagai tim yang meningkat pesat ketimbang saat putaran pertama. Sejumlah pemain lawan disebutnya sebagai kunci performa musim ini seperti Matheus Pato, Jonathan Bustos, Stefano Lilipaly, Adam Alis serta Terens Puhiri.

Di sisi lain, ia mengaku tak puas dengan kekalahan 4-0 dari PSIS Semarang yang diderita PSM pekan lalu. Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh anak asuhnya pekan lalu. Alhasil, salah satu fokus selama latihan jelang laga ini adalah pembenahan mental bermain.

"Kalau kita ingin hasil bagus di pertandingan besok, kita harus lebih kuat dan di pertandingan-pertandingan sebelumnya. Kita harus berhasil menunjukkan performa yang kita menginginkan atau punya hasrat lebih daripada tim-tim lawan. Dan oleh karena itu kita harus menunjukkan hal tersebut," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu malam (15/4/2023).

2. Borneo FC melawat ke Parepare dengan modal tren positif

PSM Makassar Vs Borneo FC, Wajib Menang Sempurnakan Pesta Juara!Para pemain Borneo FC sedang merayakan gol ke gawang RANS Nusantara FC dalam laga pekan ke-33 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Segiri Samarinda, 9 April 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, Peter Huistra selaku juru taktik Borneo FC mengaku sudah banyak menganalisis pertandingan PSM. Salah satunya saat sang lawan kena bekuk empat gol tanpa balas oleh PSIS pekan lalu. Di sisi lain, ia menyebut persiapan timnya jelang laga ini sama sekali tak terganggu.

Pesut Etam berambisi membawa pulang poin penuh dari Parepare untuk menutup musim dengan happy ending. Terlebih sudah ada modal mumpuni yakni keberhasilan meraih kemenangan dua kali beruntun. Target kemenangan dengan berani dibidik, meski GBJH dikenal angker untuk tim-tim tamu.

"Besok kami ingin melanjutkannya (tren positif, red.). Kami ingin membawanya ke musim depan tentu saja dengan sebaik mungkin. Akan menjadi ujian bagus untuk melihat apa yang bisa kami lakukan saat melawan tim juara yakni PSM. Jadi ini selalu menjadi ujian yang bagus," ungkap pria berpaspor Belanda tersebut dalam kesempatan terpisah.

3. Juku Eja tak pernah menang atas Pesut Etam sejak tahun 2019

PSM Makassar Vs Borneo FC, Wajib Menang Sempurnakan Pesta Juara!Salah satu momen laga pekan ke-17 BRI Liga 1 2022-23 antara Borneo FC Vs PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 23 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Borneo FC Samarinda (4-3-3)

Daffa Fasya Sumawijaya (GK); Diego Michiels, Agung Prasetyo, Julio Cesar, Abdul Rachman; Jonathan Bustos, Wahyudi Hamisi, Adam Alis; Terens Puhiri, Matheus Pato, Stefano Lilipaly

Catatan lima pertemuan terakhir :

23/12/2022 Borneo FC 1-1 PSM (Liga 1)

03/07/2022 Borneo FC 2-1 PSM (Piala Presiden)

11/02/2022 PSM 0-1 Borneo FC (Liga 1)

22/10/2021 Borneo FC 2-1 PSM (Liga 1)

11/12/2019 PSM 2-2 Borneo FC (Liga 1)

Apakah Wiljan Pluim dkk bisa memutus rekor buruk sejak 2019? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Borneo FC Samarinda pada Minggu malam ini (16/4/2023), pukul 20.30 WITA.

Baca Juga: Pelatih PSM Ingin Berpesta dengan Suporter di Laga Terakhir

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya