Comscore Tracker

PSM Makassar Tidak Kaget Liga 1 Pakai Format Series

Manajemen PSM batal mencari markas sementara

Makassar, IDN Times - Kongres Biasa PSSI 2021 pada Sabtu, 29 Mei 2021, menelurkan keputusan tentang Liga 1 2021/22. Selain mempertahankan degradasi dan promosi, musim baru direncanakan dihelat secara bubble-to-bubble dengan format series layaknya kompetisi Indonesian Basketball League (IBL).

Pada kongres di Hotel Raffles, Jakarta, PSM Makassar diwakili dua delegasi, yakni Direktur Utama Munafri Arifuddin dan Asisten Manajer untuk Piala Menpora Syahrir Nawir.

Baca Juga: Menanti PSM Lunasi Kewajiban kepada Para Pemainnya

1. Pihak PSM Makassar menerima penerapan format series di Liga 1 2021/22

PSM Makassar Tidak Kaget Liga 1 Pakai Format SeriesDelegasi PSM Makassar pada Kongres Biasa PSSI di Hotel Raffles Jakarta, Sabtu 29 Mei 2021, yakni Direktur Utama Munafri Arifuddin (kiri) dan Asisten Manajer Syahrir Nawir (kanan). (Dok. MO PSM Makassar)

Sebagai respons atas penerapannya format series untuk musim baru, kubu Juku Eja mengulang sikap yakni siap dengan apa pun keputusan dari pihak federasi. Di sisi lain, mereka menyebut format itu sesuai dengan prediksi.

"Intinya, manajemen ikut saja apa yang jadi format liga. Kalau sistem begini, PSM tidak kaget. Kemarin di Piala Menpora kan begitu juga modelnya," jelas Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim pada IDN Times, Minggu (30/5/2021).

2. Liga 1 musim baru dihelat dalam enam series dan berlangsung di tiga klaster

PSM Makassar Tidak Kaget Liga 1 Pakai Format SeriesPemain PSS Sleman Irfan Jaya (kiri) berusaha melewati hadangan pemain PSM Makassar M. Rifky (kanan) pada Pertandingan perebutan tempat ke tiga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (24/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Dikutip dari ANTARA, Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menjelaskan bahwa Liga 1 2022/21 berlangsung dalam format enam series di tiga klaster lokasi bertanding. Klaster pertama adalah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat (seri satu dan enam).

Klaster kedua di Jawa Tengah serta DI Yogyakarta (seri dua dan lima). Sementara Jawa Timur menjad tuan rumah seri tiga dan empat secara beruntun. Satu seri berlangsung dalam waktu satu setengah bulan, dengan waktu jeda beberapa pekan.

Sempat diproyeksikan pada awal Juli, Iwan mengonfirmasi bahwa jadwal kick-off kembali molor menjadi 10 Juli 2021. Tetapi Liga 1 musim baru ditargetkan tetap rampung pada Maret 2022, sesuai rencana semula.

3. Rencana kubu Juku Eja mencari markas sementara dipastikan batal

PSM Makassar Tidak Kaget Liga 1 Pakai Format SeriesPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan persiapan semifinal Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa 13 April 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Kendati belum jelas kota mana saja yang ditunjuk sebagai venue di masing-masing klaster, rencana Pasukan Ramang untuk mencari homebase sementara pun batal. Seluruh peserta akan menempati hotel-hotel di tempat pertandingan, dengan biaya ditanggung oleh PT. Liga Indonesia Baru (LIB).

Seperti di Piala Menpora, tujuannya tak lain demi memantau pelaksanaan protokol kesehatan dan pencegahan menularnya virus SARS-CoV-2.

Hingga saat ini, belum ada kabar lebih jauh perihal kapan Zulkifli Syukur dkk akan kembali berlatih. Tetapi, manajemen dikonfirmasi sudah bergerak mencari amunisi baru jelang Liga 1 2021/22.

Baca Juga: PSM Sambut Baik Keputusan PSSI Helat Liga 1 Terpusat di Pulau Jawa

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya