PSM Makassar Pastikan Ikut Piala Presiden 2024, Segrup dengan Persib?

Turnamen pramusim dipastikan dihelat pada 19 Juli mendatang

Makassar, IDN Times - Setelah hanya sebatas rumor selama sepekan terakhir, status Piala Presiden sudah menemui titik terang. Turnamen pramusim tersebut dipastikan akan berlangsung mulai 19 Juli 2024. PSM Makassar juga akan berpartisipasi dalam ajang yang sudah masuk edisi keenam.

"PSM sudah menerima undangannya. Tadi malam undangannya masuk ke email klub," ungkap Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, dalam pesan pendek yang diterima IDN Times pada Jumat pagi (12/7/2024).

Baca Juga: PSM Makassar Pastikan Pakai Jasa 8 Pemain Asing Musim Ini

1. Kepastian nasib Piala Presiden 2024 diumumkan oleh Ketum PSSI Erick Thohir

PSM Makassar Pastikan Ikut Piala Presiden 2024, Segrup dengan Persib?Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Kepastian Piala Presiden 2024 diumumkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu malam (10/7/2024). Dalam pertemuan tersebut, ia turut didampingi oleh Maruarar Sirait selaku Ketua Panitia Piala Presiden.

"Insyaallah pembukaannya itu nanti tanggal 19 di Jawa Barat, di Bandung. Bapak Presiden akan hadir dan mudah-mudahan ini memperbaiki animo masyarakat yang hari ini juga menunggu-nunggu perbaikan yang ada di liga, tentu kita trial secara penuh di turnamen Piala Presiden ini," ujar Erick dilansir Antara.

2. Piala Presiden 2024 jadi ajang uji coba sejumlah aturan baru untuk Liga 1

PSM Makassar Pastikan Ikut Piala Presiden 2024, Segrup dengan Persib?IDN Times/Debbie Sutrisno

Beberapa regulasi baru untuk Liga 1 2024/2025 juga akan diujicoba terlebih dulu di Piala Presiden 2024. Mulai dari penggunaan sistem video assistant referee (VAR) secara penuh dan penambahan kuota pemain asing menjadi delapan orang.

"Ditambah lagi kewajiban memainkan seluruh pemain tim nasional yang ada di klub masing-masing, dan ditambah lagi juga kita harapkan adanya beberapa wasit asing yang akan memimpin pertandingan," ungkap Erick terkait beberapa peraturan tambahan.

3. Menurut draft yang beredar, Juku Eja akan berjumpa Persib Bandung di fase grup

PSM Makassar Pastikan Ikut Piala Presiden 2024, Segrup dengan Persib?Para pemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Rabu 10 Juli 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Sebelumnya, draft yang disebut sebagai jadwal Piala Presiden 2024 sudah beredar luas di media sosial pekan lalu. Delapan tim peserta yang tercantum yakni Persis Solo, Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, PSM Makassar, Bali United, Arema FC Malang, Persija Jakarta dan Madura United. Menurut draft itu, anak asuh Bernardo Tavares tersebut akan satu grup dengan Pangeran Biru.

Digelar hingga 4 Agustus 2024, fase grup ajang tersebut diadakan di dua tempat yakni Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar. Sedangkan semifinal, play off peringkat tiga dan final berlangsung di Stadion Manahan.

Baca Juga: Ikut Kejuaraan Antarklub ASEAN, PSM Bisa Panen Pundi-Pundi Uang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya