PSM Makassar Kurangi Waktu dan Porsi Latihan Selama Ramadan

Skuat Juku Eja tetap latihan rutin di Stadion Kalegowa

Intinya Sih...

  • PSM Makassar tetap latihan rutin di Stadion Kalegowa Gowa menjelang pertandingan lawan Barito Putera.
  • Waktu dan intensitas latihan dikurangi sebagai penyesuaian terhadap bulan ramadan, dengan pemain yang berpuasa mendapat porsi berbeda.
  • Pelatih Bernardo Tavares memberikan latihan tambahan kepada pemain yang tidak berpuasa, namun PSM tidak bisa mengubah waktu latihan menjadi malam karena keterbatasan fasilitas pencahayaan di stadion.

Makassar, IDN Times - Ada yang berbeda dalam persiapan PSM Makassar jelang menjajal Barito Putera pada Jumat (15/3/2024) malam ini. Muhammad Arfan dan kawan-kawan memang tetap menggelar latihan rutin setiap sore di Stadion Kalegowa Gowa.

Namun, waktu dan intensitas latihannya dikurangi. Ini dilakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap aktivitas tim sepanjang bulan ramadan. Porsi untuk pemain yang berpuasa pun berbeda dengan yang tidak menjalankannya.

1. Bernardo Tavares mengurangi porsi latihan sore untuk pemain-pemain yang berpuasa

PSM Makassar Kurangi Waktu dan Porsi Latihan Selama RamadanPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin sesi latihan di Stadion Sultan Agung Bantul pada 14 Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

"Waktu latihan untuk seluruh tim dimundurkan, dan mereka (pemain-pemain yang berpuasa, red.) lebih cepat selesai latihan," ungkap pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis kemarin (14/3/2024).

"Sedangkan kepada pemain-pemain lain yang tidak berpuasa, saya berikan latihan tambahan kepada mereka," sambungnya.

Ini bukan pengalaman pertama Tavares menyesuaikan program dengan bulan ramadan. Ia sudah pernah melakukannya saat menangani klub Maladewa, New Radiant, pada tahun 2017.

2. Tidak ada latihan malam di Kalegowa karena fasilitas pencahayaan yang belum memadai

PSM Makassar Kurangi Waktu dan Porsi Latihan Selama RamadanPara pemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Stadion UNY Yogyakarta pada 14 Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

"Biasanya latihan di bulan ramadan intensitasnya lebih sedikit, dan agar mereka bisa langsung berbuka puasa setelah latihan," jelas Tavares terkait porsi latihan sore para pemain.

Sayangnya, PSM tidak bisa mengubah waktu latihan menjadi setiap malam hari. Ini lantaran Stadion Kalegowa belum memiliki fasilitas pencahayaan yang memadai.

Penyesuaian program latihan sendiri menjadi hal yang lumrah di Liga 1. Terlebih pihak operator kompetisi mengubah jam sepak mula seluruh pertandingan selama bulan puasa menjadi pukul 20.30 waktu setempat.

3. Pasukan Ramang akan menghadapi Barito Putera pada Jumat (15/3/2024) malam ini

PSM Makassar Kurangi Waktu dan Porsi Latihan Selama RamadanPara pemain PSM Makassar saat melakukan official training di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 14 Maret 2024. (Instagram.com/psm_makassar)

Praktis, Pasukan Ramang hanya melakukan satu kali latihan malam jelang berjumpa Barito Putera. Yakni pada sesi official training di Stadion Sultan Agung Bantul pada Kamis malam (14/3/2024).

PSM Makassar akan menjajal anak asuh Rahmad Darmawan tersebut di hari Jumat (15/3/2024) malam ini. Kedua kubu sama-sama mengincar kemenangan demi menjauh dari zona degradasi.

Baca Juga: Antar Lini Barito Putera Vs PSM, Sengit di Lini Tengah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya