PSM Berpotensi Jalani Laga AFC Cup dan Pramusim Sekaligus

AFC Cup tetap jadi agenda utama Rasyid Bakri dkk

Makassar, IDN Times - AFC Cup bukan satu-satunya agenda terdekat PSM Makassar. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana memutar turnamen pramusim sebelum Liga 1 musim 2022/23 resmi digulirkan.

Hal ini diungkapkan dalam pertemuan antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dengan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita di Jakarta, Rabu silam (24/5/2022).

Meski begitu, belum ada rincian terkait nama ajang pemanasan tersebut. Apakah tetap Piala Menpora seperti tahun lalu, atau kembali ke Piala Presiden yang pernah menjadi helatan tahunan.

1. Potensi ikut dua ajang bersamaan masih terbuka lebar

PSM Berpotensi Jalani Laga AFC Cup dan Pramusim SekaligusPemain Persija Jakarta Osvaldo Haay (kanan) berebut bola dengan pemain PSM Makassar Erwin Gutawa (kiri) pada Pertandingan Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (18/4/2021). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Meski masih dalam tahap penggodokan, pertengahan bulan Juni ditetapkan PSSI sebagai kick off pramusim. Alhasil, jadwal Rasyid Bakri dkk bakal lebih padat lantaran harus ikut dua ajang dalam waktu berdekatan.

Asisten Manajer PSM, Syahrir Nawir Nur, menyebut AFC Cup masih jadi fokus teratas anak asuh Bernardo Tavares. Meski tak menutup kemungkinan mereka tetap turun ke ajang pemanasan.

"AFC Cup memang menjadi agenda utama tim dan pelatih. Tapi tidak menutup kemungkinan PSM juga akan ikut berpartisipasi di pramusim. Soal teknisnya mungkin pelatih yang lebih tahu," ujarnya saat dihubungi IDN Times pada Kamis pagi (26/5/2022).

2. Bernardo Tavares masih menunggu rincian turnamen pramusim PSSI

PSM Berpotensi Jalani Laga AFC Cup dan Pramusim SekaligusPelatih kepala PSM Makassar saat memimpin sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center, Kamis 12 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Apakah PSM akan ikut AFC Cup dan turnamen pramusim PSSI sekaligus? Syahrir enggan merinci lebih jauh. Yang jelas, manajemen akan berdiskusi lebih jauh dengan Bernardo Tavares dan staf pelatih lainnya.

"Kita masih menunggu jadwal dan undangan resminya untuk kemudian didiskusikan dengan tim kepelatihan dan manajemen," kata pria yang biasa disapa Riri tersebut.

Babak penyisihan Grup H AFC Cup 2022 berlangsung dari 24 hingga 30 Juni, dengan format setengah kompetisi. Kuala Lumpur ditunjuk sebagai tuan rumah. PSM cuma bertanding dua kali setelah Shan United menyatakan mundur pada Januari lalu.

3. Hal serupa dialami Juku Eja pada awal musim 2019

PSM Berpotensi Jalani Laga AFC Cup dan Pramusim SekaligusGelandang PSM Marc Klok (kanan) berusaha menahan laju penyerang Persipura yakni Gunansar Mandowen (kiri) dalam lanjutan Grup C Piala Presiden 2019 di Stadion Moch. Soebroto Magelang pada Minggu (10/3/2019) sore. (PSSI.org)

Pasukan Ramang sendiri pernah menghadapi situasi serupa. Pada tahun 2019, mereka terjun ke AFC Cup (saat itu masih berformat home-away) dan Piala Presiden. Pelatih kepala saat itu, Darije Kalezic, membagi tim menjadi dua.

Tim utama dikirim ke Stadion Pakansari Cibinong, Bogor. Wiljan Pluim dkk menjamu Lao Toyota dalam laga matchday kedua Grup H. PSM menang dengan skor telak 7-3.

Para pemain pelapis dan yang sedang skorsing di AFC Cup tetap tinggal di Magelang, tuan rumah Grup C Piala Presiden. Mereka diberi kesempatan unjuk gigi di dua partai sisa melawan Persipura dan PSIS.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya