Profil Thom Haye, Gelandang Baru Timnas Berdarah Sulawesi Utara

Sempat juarai Piala Eropa U-17 bersama Sandy Walsh

Makassar, IDN Times - Pesepakbola asal klub SC Heerenveen, Belanda, Thom Haye segera menjadi Warga Negara Indonesia. Ia akan jalani pengambilan sumpah bersama dua pemainn naturalisasi lainnya, Ragnar Oratmangoen dan kiper Maarten Paes pada Rabu pekan depan (13/4/2023).

Thom Haye sudah masuk skuad Timnas Indonesia untuk pertandingan terdekat melawan Vietnam, pada kualifikasi Piala Dunia 2026, akhir Maret mendatang. Thom sendiri yakin pengalamannya di Liga Belanda bisa membawa dampak positif.

Berikut ini profil singkat Thom Haye yang memiliki darah Indonesia, tepatnya Sulawesi Utara, dari neneknya.

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Baru Masuk Timnas, Ada Lagi Gak Ya?

1. Thom Haye mengawali karier profesionalnya bersama AZ Alkmaar

Profil Thom Haye, Gelandang Baru Timnas Berdarah Sulawesi UtaraThom Haye saat memperkuat NAC Breda dalam sebuah pertandingan Eerste Divisie musim 2021/22. (Instagram.com/thomhaye)

Pemilik nama lengkap Thom Jan Marinus Haye tersebut lahir di ibu kota Belanda, Amsterdam, pada 9 Februari 1995. Mulai menimba ilmu sepak bola di Amsterdamsche FC hingga tahun 2006, ia memutuskan masuk akademi sepak bola AZ Alkmaar, klub yang jaraknya dari Amsterdam hanya setengah jam perjalanan.

AZ Almaar pula yang menjadi tempat Thom jalani debut sebagai pemain profesional. Ini terjadi pada musim 2013/14. Tiga musim bersama De Kaasboeren, ia mencatatkan 73 penampilan dan 2 gol, termasuk 9 pertandingan di ajang UEFA Europa League 2015/16.

2. Sempat dua musim di Italia, sebelum kembali ke Belanda memperkuat sejumlah klub

Profil Thom Haye, Gelandang Baru Timnas Berdarah Sulawesi UtaraThom Haye dalam sebuat pertandingan SC Heerenveen di Eredivisie musim 2022/23. (Instagram.com/thomhaye)

Selanjutnya, Thom memperkuat Willem II Tilburg selama dua musim sebelum direkrut oleh Lecce pada Mei 2018 dengan durasi kontrak dua tahun. Tapi, ia hengkang pada September 2019 lantaran tidak diberi menit bermain di pentas Serie A. Padahal, Thom ikut mengantar klub berjuluk I Giallorossi tersebut promosi dari Serie B.

Sepulang dari Italia, pemilik postur 1,87 meter tersebut lebih banyak beredar di Eredivisie dan Eerste Divisie. Dari ADO Den Haag (putaran pertama musim 2019/20) ia kemudia hijrah ke NAC Breda (2020-2022). Saat ini Thom memperkuat SC Heerenveen, dengan torehan 76 penampilan plus 6 gol.

3. Thom mendapat darah Sulawesi Utara dari nenek pihak ayahnya

Profil Thom Haye, Gelandang Baru Timnas Berdarah Sulawesi UtaraThom Haye saat mengunjungi Jakarta untuk mengurus status Warga Negara Indonesia pada 28 Desember 2023. (Dok. PSSI.org)

Thom sendiri punya pengalaman tampil memperkuat Timnas Belanda kelompok umur mulai dari U-16 hingga U-21. Ia ikut berjasa mengantar Belanda juara Piala Eropa U-17 2012. Saat itu Thom satu tim dengan Sandy Walsh, Nathan Ake serta Tonny Vilhena. Trofi dari ajang tersebut jadi satu-satunya gelar dalam kariernya sejauh ini.

Sosok yang memulai karier sebagai gelandang serang tersebut mendapat darah Indonesia dari kakek-nenek pihak ayahnya. Sang kakek lahir di Surakarta (Jawa Tengah), sedang nenek berasal dari Sulawesi Utara.

Baca Juga: Yakob-Yance Masuk Skuad Timnas Kualifikasi Piala Dunia 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya