Comscore Tracker

Piala Presiden: PSM dan Persik Berebut Tiket 8 Besar Sore Ini

Seluruh kontestan Grup D sama-sama baru mengemas 3 poin

Makassar, IDN Times - Penentuan siapa penghuni Grup D yang berhak melaju ke babak gugur Piala Presiden 2022 berlangsung di pertandingan terakhir. Empat tim mengemas 3 poin yang sama, sehingga selisih gol dan satu poin akan sangat berarti. Jadwal pertandingan PSM Makassar Vs Persik Kediri pada hari Minggu sore (19/6/2022) akan menjadi laga penentu.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares tetap memandang turnamen tersebut sebagai ajang pramusim. Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Sabtu kemarin (18/6/2022) di Kantor Arema FC, ia sudah menyiapkan rencana rotasi pemain.

"Di laga selanjutnya kita akan mencoba melihat skuat, siapa yang paling siap untuk diturunkan. Karena beberapa pemain kita mungkin kelelahan setelah bertanding di dua laga sebelumnya. Kita lihat saja nanti," ujarnya.

1. Bernardo Tavares masih menunggu gol dari penyerang PSM

Piala Presiden: PSM dan Persik Berebut Tiket 8 Besar Sore IniPelatih kepala PSM Makassar Bernardo Tavares (kanan) dan penerjemah Roy Wanson dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan Piala Presiden 2022 antara PSM Makassar versus Persik Kediri, Sabtu 18 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Saat berbicara tentang efektivitas lini depan, Bernardo setuju bahwa hal tersebut masih butuh proses. Beberapa pihak menyoroti performa para penyerang yang belum juga mencetak gol. Tapi, pelatih asal Portugal tersebut menegaskan bahwa membangun mentalitas masih jadi hal utama.

"Inilah sepak bola. Meski kita menunggu seharian, kalau bola tak mau masuk ya takkan masuk. Ini berkaitan dengan mentalitas yang harus kita bangun dan perbaiki. Tapi saya percaya ini menunggu momen saja," katanya.

"Gol pertama akan tercipta entah dari finishing yang bagus, crossing yang bagus. Dan kemudian menunggu gol-gol berikutnya. Apa yang bisa kita lakukan dari segi teknis adalah mempertajam hal-hal tersebut di dalam latihan," sambung Bernardo.

2. Javier Roca, arsitek Persik, menaruh fokusnya pada gelandang Wiljan Pluim

Piala Presiden: PSM dan Persik Berebut Tiket 8 Besar Sore IniPelatih Persik Kediri, Javier Roca. IDN Times/ istimewa

Dari kubu lawan, Javier Roca selaku pelatih kepala Persik Kediri tetap yakin dengan kans timnya melaju ke babak 8 besar. Ia bahkan siap menurunkan susunan sebelas utama terbaik saat berhadapan dengan Pasukan Ramang.

Meski demikian, sosok berpaspor Chili itu tak menutup kemungkinan akan memberi menit bermain pada para pemain yang sebelumnya duduk manis di bangku cadangan. Poin penuh memang penting, tapi bukan berarti ia harus menguras tenaga para pilar andalan. Di sisi lain, playmaker PSM Wiljan Pluim ternyata jadi fokusnya.

"PSM sendiri adalah lawan yang sangat tangguh. Sosok Pluim yang menjadi motor pemainan PSM akan kami coba agar tidak bisa bermain secara nyaman nantinya. Tapi kekuatan mereka bukan hanya di Pluim saja, sayapnya juga sangat cepat dan akan coba kami redam," paparnya pada kesempatan terpisah, Sabtu kemarin (19/6/2022).

Baca Juga: Piala Presiden: PSM Makassar Siapkan Tiga Pemain Timnas U-19

3. Poin penuh dan head to head jadi penentu lolos tidaknya Juku Eja atau Macan Putih

Piala Presiden: PSM dan Persik Berebut Tiket 8 Besar Sore IniPemain PSM Makassar M. Rafli Asrul (kiri) berebut bola dengan pemain Persik Kediri Risna Prahalabenta (kanan) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Selasa (18/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pesan bernada waspada juga datang dari pemain anyar Persik, Renan Silva. "PSM lawan yang tidak mudah, mereka juga ada pemain asing baru yang mesti kami waspadai. Tetapi saya yakin dengan kemampuan tim Persik, saya harap laga berlangsung seru dan menarik," ungkap gelandang asal Brasil tersebut.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (4-4-2)

Reza Arya Pratama (GK); Dallen Doke, Erwin Gutawa, Ganjar Mukti, Edgard Amping; Rizky Eka Pratama, Rasyid Bakri, Muhammad Rafli Asrul, Kanzo Nambu; Ramadhan Sananta, Muhammad Dzaky Asraf

Persik Kediri (4-3-3)

Kartika Ajie (GK); Muhammad Rifaldi, Arthur Felix, Mochammad Sabillah, Samsul Arifin; Muhammad Taufiq, Rohit Chand, Renan Silva; Faris Aditama, Joanderson, Muhamad Ridwan

Siapa yang bisa melaju ke perempat final Piala Presiden 2022? Saksikan duel PSM Makassar Vs Persik Kediri, Minggu sore ini (19/6/2022), pukul 17.00 WITA.

Baca Juga: Siapkan Kocek, Ini Harga Tiket Laga PSM di AFC Cup

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya