Pesepak Bola Makassar Nurhidayat Haji Haris Digaet Klub Filipina

Rekrutan terbaru klub kasta teratas, United City FC

Makassar, IDN Times - Setelah resmi berpisah dengan Persiraja Banda Aceh, Nurhidayat Haji Haris rupanya langsung berlabuh ke klub baru. Ia diumumkan menjadi rekrutan baru klub sepak bola asal Filipina, yakni United City FC.

Mereka mengonfirmasi perekrutan bek kelahiran Makassar tersebut melalui akun media sosial Instagram resmi klub pada Minggu kemarin (24/3/2024). Tim yang sebelumnya bernama Ceres-Negros tersebut memang sedang mengumumkan para penggawa mereka untuk Philippines Football League (PFL) musim 2024 secara bertahap.

Baca Juga: PSM Makassar Kurangi Waktu dan Porsi Latihan Selama Ramadan

1. Nurhidayat punya memori manis di Filipina bersama Timnas U-23

Pesepak Bola Makassar Nurhidayat Haji Haris Digaet Klub FilipinaNurhidayat Haji Haris (belakang, dua dari kiri) bersama skuat Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2019 di Manila. (Instagram.com/nurhidayatnh32)

Akhirnya berkarier ke luar negeri untuk pertama kali, Nurhidayat mengaku punya memori di Filipina. Ia masih ingat betul perjuangannya bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games Manila tahun 2019.

"Pada tahun 2019, saat terakhir mengunjungi Filipina, saya mengalami salah satu momen terindah dalam hidup. Saya mendapat medali perak di (cabang olahraga sepak bola putra) SEA Games di Rizal Memorial Stadium," ungkap jebolan PSM U-18 tersebut dalam unggahan di akun Instagram @unitedcityfootballclub.

Saat itu, Timnas U-23 asuhan Indra Sjafri tersebut melaju ke final sebagai runner-up Grup B. Sayangnya mereka dibekuk tiga gol tanpa balas oleh Vietnam pada partai puncak yang berlangsung di arena berkapasitas hampir 13 ribu penonton tersebut.

2. Punya ambisi memenangkan trofi bersama United City FC

Pesepak Bola Makassar Nurhidayat Haji Haris Digaet Klub FilipinaNurhidayat Haji Haris dalam sesi latihan Persiraja Banda Aceh di Stadion Mini Carlos Lhokngha, 9 Januari 2024. (Instagram.com/persiraja_official)

Berbicara soal perantauannya ke Filipina, bek berusia 24 tahun tersebut mengaku siap menghadapi tantangan baru. Terlebih ini merupakan kali pertamanya merumput di luar Indonesia, menambah jumlah pemain yang memilih abroad.

"Sekarang, saya telah kembali ke 'Mutiara Laut dari Timur' (julukan Filipina, red.) untuk memulai babak baru dalam hidup saya. Dalam tantangan baru ini, saya ingin memberikan yang terbaik untuk tim dengan memenangkan piala sebanyak mungkin," ujar Nurhidayat.

Dengan perekrutan ini, Nurhidayat mencatat sejarah sebagai pemain sepak bola profesional pertama asal Indonesia yang merumput di Liga Filipina. Selain itu, ia masih menjadi satu-satunya pemain ASEAN di kompetisi PFL 2024.

3. United City FC menjadi klub keenam dalam karier profesionalnya

Pesepak Bola Makassar Nurhidayat Haji Haris Digaet Klub FilipinaNurhidayat Haji Haris dalam sesi latihan PSG AHHA Pati pada November 2021. (Instagram.com/nurhidayatnh23)

Sebelumnya, pemilik postur 1,73 meter tersebut sudah mengikuti trial yang digelar oleh United City FC di Manila pada awal Februari silam. Setelah trial selesai, Nurhidayat kembali ke Persiraja untuk jalani babak semifinal dan play-off peringkat tiga Liga 2 2023/24.

Tim berjuluk The Golden Boys tersebut menjadi klub keenam dalam karier Nurhidayat. Sebelumnya ia pernah memperkuat PSM Makassar (2017 dan 2021), Bhayangkara FC (2018-2021 dan musim 2022/23), PSG Pati (2021), PSIM Yogyakarta (2021/22) dan Persiraja Banda Aceh (2023/24).

Warna Indonesia dalam tim United City FC juga sangat kental. Mereka merekrut Esti Puji Lestari, mantan Presiden Klub Persijap Jepara, untuk menjabat posisi chairman. Eks pelatih PSS Sleman di putaran pertama Liga 1 2023/24, Marian Mihail, juga dikontrak sebagai pelatih kepala.

Baca Juga: Belum Aman, PSM Makassar Janji Kerja Keras di 5 Laga Terakhir

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya