Persita Vs PSM, Menguji Stamina Para Pemain Juku Eja

Sama-sama dihadapkan pada minimnya masa recovery

Makassar, IDN Times - PSM Makassar melanjutkan tur Jabodetabek dengan menyambangi markas Persita Tangerang, Indomlik Arena, dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2022-23, Senin sore ini (13/3/2023).

Menempati puncak klasemen, Juku Eja berniat kembali mengincar poin penuh untuk menjaga jarak dengan para pesaing terdekat. Terlebih mereka melawat dengan modal meyakinkan, yakni 9 kemenangan beruntun.

Di sisi lain, tuan rumah pun tak bisa dipandang sebelah mata. Pendekar Cisadane sedang menikmati catatan delapan laga tak terkalahkan. Perlahan tapi pasti, Persita menaiki tangga klasemen dari papan tengah.

1. PSM sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan

Persita Vs PSM, Menguji Stamina Para Pemain Juku EjaSalah satu momen pertandingan pekan ke-29 BRI Liga 1 2022-23 antara Persikabo 1973 versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong Kab. Bogor, Kamis 9 Maret 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, menilai laga ini akan berjalan sulit. Ia menyebut Persita sudah banyak berbenah di bursa transfer tengah musim. Tapi, ia sedikit dipusingkan dengan masalah kelelahan yang sudah mulai mendera anak asuhnya. Tak heran jika Tavares menyebut kemenangan 0-1 atas Persikabo 1973 pekan lalu sebagai penampilan terburuk sejauh ini.

"Sebelumnya kita tidak bermain bagus. Tapi mereka (pemain PSM) adalah manusia, berarti mereka bisa juga lelah dan mereka bukan mesin atau robot, sehingga kita melakukan kesalahan passing di pertandingan sebelumnya," jelasnya dalam jumpa pers pra-pertandingan pada Minggu sore (12/3/2023).

"Kalau kita mau hasil bagus besok, berarti kita harus menunjukkan kemauan bahwa kita bisa lebih maksimal dan mendapatkan hasil yang lebih baik ketimbang tim lawan," imbuhnya.

Menyoal materi pemain, Erwin Gutawa serta Yuran Fernandes bisa kembali diturunkan setelah absen akibat akumulasi kartu kuning. Meski begitu, Pasukan Ramang juga kemungkinan merotasi sejumlah gelandang untuk menjaga level kebugaran.

2. Luis Duran, pelatih Persita, tak ingin kalah di rumah sendiri

Persita Vs PSM, Menguji Stamina Para Pemain Juku EjaPelatih kepala Persita Tangerang, Luis Edmundo Duran. (Dok. Ofisial Persita Tangerang)

Luis Edmundo Duran selaku juru latih Persita juga sepakat bahwa duel ini akan berlangsung sengit. Ia menyinggung fakta status PSM sebagai penghuni papan atas, dan jarak keduanya adalah 28 poin. Meski begitu, ia mengaku sudah mempersiapkan para pemainnya untuk laga ini. Pendekar Cisadane diminta bermain spartan, apalagi mereka tampil di rumah sendiri.

"Persiapan buat pertandingan ini sangat bagus, dari pertama saat kita mulai kita sudah berdiskusi semua apa yang kita akan lakukan di pertandingan besok," ujar pria asal Chili tersebut dalam kesempatan terpisah.

"(Taktik dan strategi) sudah kita rencanakan semua. Semoga yang kita kerjakan dalam latihan bisa kita bawa sebagai tim dengan organisasi permainan dan semoga pemain bisa tampil maksimal," tandas Luis.

Gelandang Bae Sin-young tak bisa tampil akibat akumulasi kartu kuning. Tapi, kemungkinan besar Fahreza Sudin atau Nelson Alom akan ditunjuk untuk mengisi pos pemain berpaspor Korea Selatan tersebut.

Baca Juga: Bertandang ke Persita, Pelatih PSM Khawatir Fisik Timnya Terkuras

3. Juku Eja baru dua kali menang dalam lima pertemuan terakhir

Persita Vs PSM, Menguji Stamina Para Pemain Juku EjaSalah satu momen dalam laga uji coba Persita Tangerang kontra PSM Makassar di Indomilk Arena, Rabu 1 Juni 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Berikut perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persita Tangerang (4-3-3)

Adhitya Harlan (GK); Muhammad Toha, Charisma Fathoni, Javlob Guseynov, Arif Setiawan; Rifky Dwi Septiawan, Paulo Sitanggang, Ezequiel Vidal; Irsyad Maulana, Ramiro Fergonzi, Heri Susanto

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Everton Nascimento, Wiljan Pluim

Catatan lima pertemuan terakhir :

08/12/2022 PSM 3-1 Persita (Liga 1)

01/06/2022 PSM 1-1 Persita (Uji Coba)

19/02/2022 PSM 0-2 Persita (Liga 1)

01/11/2021 Persita 0-3 PSM (Liga 1)

06/03/2020 Persita 1-1 PSM (Liga 1)

Baca Juga: Antarlini Persita Vs PSM, Adu Gesit Dua Winger Lincah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya